Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : RABU, 20 OKTOBER 2023
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
> MATEMATIKA : Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda
konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengankelipatan dan faktor.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya, 1/2, 1/3, 1/4) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2/8, 4/8, 7/8). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan decimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
>B.INDONESIA : Membaca
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
> IPAS :
1. Peserta didik dapat memahami konsep dasar gaya dan pengaruhnya terhadap benda.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat menjelaskan prosedur perhitungan bersusun dengan menghubungan cara menghitung operasi pembagian dan pembagian bersusun.
> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan menyimak teks “Dikenal karena Menari”, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi dengan benar
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> IPAS :
1. Peserta didik memahami konsep dasar gaya dan pengaruhnya terhadap benda.
> MATEMATIKA
1. Peserta didik menjelaskan prosedur perhitungan bersusun dengan menghubungan cara menghitung operasi pembagian dan pembagian bersusun.
> BAHASA INDONESIA
1. Peserta didik mengingat dan menjelaskan kembali informasi yang didapat dari teks yang dibacakan.
MATERI :
> IPAS
Gaya Otot dan Gaya Gesek
Gaya adalah interaksi pada benda dalam bentuk tarikan atau dorongan. Interaksi ini akan menggerakan benda bebas. Akibatnya benda diam bisa menjadi bergerak. Saat Aga dan Dara mendorong dan menarik benda, mereka menggunakan gaya otot. Gaya otot adalah gaya yang dikeluarkan dari manusia atau hewan menggunakan otot pada tubuh mereka.
Saat kontainer diberikan gaya dorong atau tarik, maka akan terjadi
gesekan antara kontainer dan permukaan lantai. Hal ini menyebabkan
terjadinya gaya gesek. Arah gaya gesek berlawanan dengan arah
gerak benda. Semakin lebar dan luas permukaan benda yang
bergesekan maka gaya gesek akan semakin besar. Artinya benda
akan semakin susah bergerak dan terasa lebih berat ketika didorong.
Salah satu cara untuk memperkecil luas permukaan adalah dengan memberi roda atau kaki-kaki kecil. Cara ini membuat gaya gesek semakin kecil sehingga benda akan terasa lebih ringan saat diberikan gaya dorong atau tarik.
> MATEMATIKA
Pembagian Bersusun
KESIMPULAN :
Alhamdulillah peserta didik dapat memahami materi yang diajarkan dan aktif bertanya ataupun menjawab perihal materi yang diajarkan. Berikut ini dokumentasi pembelajaran :
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar