Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SELASA, 1 AGUSTUS 2023
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> PENDIDIKAN PANCASILA : Pancasila
Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
> B. INDONESIA : Menyimak
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
> MATEMATIKA : Bilangan
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
> SENI TARI : Berpikir dan bekerja artistik (Thinking and working artistically)
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik dapat memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila
> IPAS :
1. Peserta didik dapat memahami kebutuhan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis serta hasil dari fotosintesis.
> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat melihat hubungan dari bilangan hasil 10.000 kali lipat.
> SENI TARI :
1. Peserta didik dapat menuangkan imajinasi mereka dengan gerak tentang flora dan fauna sesuai dengan habitatnya. Didasari oleh pengalaman nyata yang dialami oleh peserta didik. .
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
>IPAS :
1. Menjelaskan proses fotosintesis pada tumbuhan.
> B. INDONESIA :
1. Peserta didik menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik melihat hubungan antara bilangan 10 kali lipat, 100 kali lipat, dan 1/10 bagian.
2. Peserta didik melihat hubungan dari bilangan hasil 10.000 kali lipat.
> SENI TARI :
1. Peserta didik memperagakan gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup di sekitar lingkungannya secara individu maupun kelompok
MATERI :
> PENDIDIKAN PANCASILA
Berikut adalah contoh penerapan nilai pancasila :
A. Penerapan Pancasila di Lingkungan Rumah
> IPAS
Fotosintesis
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dengan menggunakan cahaya matahari, air, dan karbon dioksida. Fotosintesis terjadi di daun.
> B. INDONESIA
Ayo bacalah cerita di bawah ini!
Apa yang dapat kalian lakukan jika teman kalian mengalami gejala
fobia?
1. Bantulah agar dia bisa tenang, misalnya dengan
2. memeluknya;
3. mengajaknya menjauh dari benda yang membuatnya takut, atau
4. mengalihkan perhatiannya ke hal lain
> MATEMATIKA
> SENI TARI
Perhatikan gerakan hewan pada video di bawah ini!
Video diatas memperlihatkan berbagai gerakan tari yang berasal dari gerakan hewan. Berikut ini adalah tutorial gerakan tari merak yang terinspirasi dari gerakan burung merak.
PR : PENDIDIKAN PANCASILA HAL. 27-29 (No. 1-15) dikumpul pada Kamis, 3 Agustus 2023.
Kesimpulan pembelajaran hari ini :
B. INDONESIA
Fobia berbeda dengan takut. Fobia adalah ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya.
IPAS
Proses fotosintesis pada tumbuhan memerlukan karbondiosida, air, dan sinar matahari. Dari proses fotosintesis tersebut menghasilkan glukosa dan oksigen.
Matematika
Mengalikan bilangan dengan 10 akan meningkatkan nilai tempatnya ke satu tingkat kebih besar. mengalikan bilangan dengan 1/10 yaitu sama dengan membaginya dengan 10, akan menurunkan nilai tenoatnya ke satu tingkat lebih kecil.
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar