Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : RABU, 2 AGUSTUS 2023
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
> B. INDONESIA : Menulis
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
> MATEMATIKA : Bilangan
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
> IPAS :
1. Peserta didik dapat memahami dampak proses fotosintesis dan mengaitkannya dengan pentingnya menjaga tumbuhan di Bumi.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat meengetahui satuan nilai tempat bilangan yang lebih besar dari triliun.
> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik dapat menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia..
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
>IPAS :
1. Peserta didik mempresentasikan tentang pentingnya proses fotosintesis pada tumbuhan.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik memikirkan tentang bagaimana merepresentasikan bilangan besar pada
garis bilangan.
2. Peserta didik melihat cara membandingkan angka besar.
3. Peserta didik mengetahui satuan nilai tempat bilangan yang lebih besar dari triliun
> B. INDONESIA :
1. Peserta didik menuliskan kalimat dengan unsur subjek, predikat, objek, dan keterangan, mengggunakan kombinasi kata benda dan kata sifat yang sesuai dengan konteks topik bahasan
MATERI :
> IPAS
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dengan menggunakan cahaya matahari, air, dan karbon dioksida. Fotosintesis terjadi di daun.
Berikut adalah manfaat Fotosintesis :
a. Tumbuhan sebagai Sumber Makanan
Kelebihan karbohidrat hasil fotosintesis akan disimpan di berbagai bagian tumbuhan dalam bentuk zat tepung (amilum).
> B. INDONESIA
Contoh 1: Kata yang dicari: panik
1. Bukalah kamus pada bagian huruf P.
2. Huruf kedua adalah /a/, carilah daftar kata yang dimulai dengan suku kata /pa/.
3. Telusuri daftar kata /pa/ yang diikuti dengan huruf /n/ menjadi /pan/ dan seterusnya sampai kalian menemukan kata “panik”.
4. Dapatkan artinya.
5. Lihatlah huruf sebelum arti kata “panik”.
6. Huruf /a/ ini menunjukkan bahwa kata “panik’ termasuk kelas adjektif (kata sifat).
Bentuk kalimat SPOK :
1. Subjek – Predikat (S-P)
Kalimat yang mengandung subjek dan predikat merupakan bentuk kalimat yang sangatl sederhana. Berikut contoh kalimat dengan unsur subjek-predikat.
contoh :
Lia (S) + minum (P) — Lia minum
Ari (S) + makan (P) — Ari tertidur
2. Subjek – Predikat – Objek (S-P-O)
Pada struktur kalimat ini ada penambahan unsur objek (O). Unsur objek biasanya diisi dengan kata benda (nomina), frasa nominal, atau klausa. Objek ini berfungsi untuk memperjelas atau melengkapi predikat (P). Berikut contoh kalimat dengan struktur subjek-predikat-objek.
contoh :
Ayah (S) + mencuci (P) + motor (O) — Ayah mencuci motor.
Rara (S) + sedang bermain (P) + boneka (O) — Rara sedang bermain boneka.
3. Subjek – Predikat – Objek – Keterangan (S-P-O-K)
Seperti subjudulnya, kalimat ini tersusun atas subjek, predikat, objek, dan keterangan. Strukur kalimat ini merupakan jenis kalimat lengkap. Berikut contoh kalimatnya.
Contoh :
Samanta (S) + berbelanja (P) + di mall (O) + bersama suaminya (K) — Samanta berbelanja di mall Bersama suaminya.
Riana (S) + menyelesaikan (P) + rangkaian bunganya (O) + dengan hati-hati (K) — Riana menyelesaikan rangkaian bunganya dengan hati-hati.
Coba buatlah kalimat SPOK dari kata sulit yang kalian temukan dalam cerita "Suka Tidak Suka"!
Pembahasan PR IPAS :
1. Jika dilihat dari cara mendapatkan makanannya, apa perbedaan tumbuhan
dengan manusia dan hewan?
Manusia dan hewan mencari dan mendapatkan makanan dari hewan atau
tumbuhan. Untuk mendapatkan makanan mereka perlu bergerak, berburu, dan
mengolah/masak (khusus manusia). Tumbuhan menghasilkan makanannya
sendiri.
2. Apa yang dibutuhkan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis?
Cahaya matahari, air, karbondioksida, dan klorofil. Ajak peserta didik melihat
mana kebutuhan yang ada pada tumbuhan, mana yang berasal dari alam, dan
makhluk hidup lain.
3. Apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis?
Makanan (karbohidrat) dan oksigen.
4. Mengapa proses fotosintesis adalah proses yang sangat penting?
Karena dengan fotosintesis tumbuhan menghasilkan oksigen untuk makhluk
hidup bernapas. Tumbuhan juga menghasilkan makanan yang merupakan
sumber makanan dari manusia dan hewan.
5. Sikap apa yang perlu kita lakukan terhadap tumbuhan setelah kamu mempelajari
topik ini?
Bervariasi, utamanya adalah sikap untuk menjaga dan merawat tumbuhan
serta alam, termasuk menjaga ekosistem laut.
6. Apa yang terjadi jika tidak ada tumbuhan di muka Bumi?
Tidak ada sumber makanan dan tidak ada yang menghasilkan oksigen.
Kesimpulan Pembelajaran :
IPAS :
Fotosintesis memiliki beberapa manfaat, yaitu :
1. Menghasilkan oksigen yang diperlukan makhluk hidup bernapas.
2. Membantu mendaur ulang karbondioksida, hasil dari sistem pernapasan hingga membuat 3. polusi udara bisa berkurang.
4. Menghasilkan buah dan umbi sebagai cadangan makanan.
5. Memproduksi glukosa.
6. Menghilangkan racun.
B. INDONESIA :
Kalimat SPOK adalah rangkaian kata yang mengandung subjek (S), predikat (P), Objek (O), dan keterangan (K).
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar