Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu memahami langkah-langkah mendeklamasikan puisi
- Peserta didik mampu membuat karya seni kolase
- Peserta didik mampu memahami upaya pelestarian makhluk hidup
- Peserta didik mampu menyebutkan pesebaran sumber daya alam di Indonesia
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 6 subtema 3 pembelajaran 2 dan 3.^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
>B. INDONESIA (KD 3.6 dan 4.6)
Langkah-langkah Mendeklamasikan Puisi
Saat mendeklamasikan puisi, kita tentu menginginkan agar pendengar dapat memahami isi puisi dengan baik.
Mendeklamasikan puisi berarti membacakan puisi yang disertai dengan gerak dan mimik yang sesuai.
>SBdP (KD 3.4 dan 4.4)
Karya Seni Kolase
Kolase adalah seni menempelkan potongan kertas atau bahan alam sesuai pola. Ada beberapa barang bekas yang memiliki nilai jual, jika diolah menjadi karya seni. Misalnya kalender, majalah dan koran bekas. Bahan alami juga memiliki nilai jual jika kita memanfaatkannya dengan baik. Contohnya daun dan ranting kering, biji-bijian atau bunga kering. Kita dapat memanfaatkan semua bahan tersebut menjadi bahan kolase.
>IPA (KD 3.2 dan 4.2)
Upaya Pelestarian Makhluk Hidup
Populasi beberapa jenis hewan dan tumbuhan menjadi semakin langka.
Beberapa penyebab kelangkaan hewan dan tumbuhan yang ada di Indonesia antara lain sebagai berikut :
Beberapa upaya pelestarian yang dapat dilakukan :
1. Penegakan hukum terhadap perburuan hewan langka dan penebangan hutan
2. Penangkaran dan hewan dan tumbuhan langka
3. Pelestarian secara in situ dan ex situ
>PPKn (KD 3.3 dan 4.3)
Keragaman Agama dan Tempat Ibadah
Tempat ibadah umat Islam adalah masjid.
Tempat ibadah umat Kristen adalah gereja.
Tempat ibadah umat Katolik adalah gereja.
Tempat ibadah umat Hindu adalah pura.
Tempat ibadah umat Buddha adalah wihara.
Tempat ibadah umat Konghucu adalah klenteng.
Perilaku yang dapat dilakukan agar persatuan dan kesatuan antar umat beragama tetap terjaga.
1. Menghormati teman yang sedang beribadah sesuai agamanya.
2. Bermain tanpa melihat perbedaan agama.
3. Tidak memaksakan agama kepada orang lain.
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Terimakasi bu materinya
BalasHapusSabila Ramadhani