Langsung ke konten utama

KELAS 4B : TEMA 4 SUBTEMA 1 PB 6, SENIN/3 OKTOBER 2022

        

MUATAN TEMATIK IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik mampu Menilai unsur-unsur cerita
- Peserta didik mampu mampu menganalisis sikap tokoh-tokoh dalam cerita dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan tepat.

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah belajar berpendapat terhadap perilaku tokoh dari cerita yang dibaca. Apakah kalian masih ingat, langkah-langkah untuk memberikan pendapat terhadap perilaku tokoh?. Nah, hari ini kita akan mempelajari tema 4 subtema 1 pembelajaran 6 ^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)

Muatan B. INDONESIA (KD 3.5 dan 4.5)

Memberi Pendapat tentang Inti Cerita

Unsur cerita adalah unsur-unsur yang mempengaruhi terbentuknya sebuah cerita. Sebuah cerita jika dipahami secara mendalam maka akan dijumpai didalamnya terdapat unsur-unsur penting sebagai penyusun sebuah cerita. Unsur-unsur ini digolongkan menjadi dua yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Unsur Cerita (Intrinsik)
Unsur intrinsik cerita adalah unsur yang menyusun sebuah cerita dari dalam cerita tersebut. Unsur-unsur intrinsik ini meliputi:

a. Tema
Tema merupakan gagasan atau ide yang mendasari suatu cerita. Tema bisa dinyatakan secara eksplisit atau diungkapkan dalam cerita dapat pula yang dinyatakan secara implisit atau tidak tertulis dalam cerita tetapi harus dipahami.

b. Amanat
Amanat adalah pesan moral atau pesan positif yang ingin disampaikan pengarang melalui cerita. Seperti halnya tema, amanat juga dapat dinyatakan secara eksplisit yaitu dengan menyampaikan saran, seruan, nasehat, peringatan, anjuran, atau larangan yang berhubungan dengan gagasan utama cerita. Amanat juga dapat dinyatakan secara implisit yaitu dengan menyisipkan ajaran moral atau pesan dalam peristiwa yang terjadi pada tokoh dalam cerita.

c. Penokohan/Karakter
Tokoh adalah orang, binatang, atau benda yang diinsankan yang menjalani peristiwa dalam berbagai peristiwa cerita.
Digolongkan berdasarkan sifatnya, tokoh dibedakan menjadi tiga:
1. Tokoh protagonis, yaitu tokoh yang membawakan perwatakan positif dan menyampaikan nilai-nilai positif.
2. Tokoh antagonis, yaitu tokoh yang membawakan perwatakan negatif dan seringkali bertentangan dengan protagonis.
3. Tokoh tritagonis, yaitu tokoh penengah.

d. Latar/Setting
Latar atau setting adalah segala petunjuk, keterangan, acuan yang berkaitan dengan ruang, waktu, suasana, dan situasi sosial terjadinya peristiwa dalam cerita.

e. Alur/Plot
Alur merupakan rangkaian peristiwa dalam cerita yang tersusun dalam hubungan sebab akibat.

f. Sudut Pandang
Sudut pandang atau point of view, yaitu posisi pengarang dalam membawakan sebuah cerita.

Langkah-langkah memberikan pendapat dalam cerita :
1. Bacalah cerita dengan cermat.
2. Carilah paragraf yang memuat permasalahan.
3. Carilah penyebab awal munculnya permasalahan tersebut.
4. Carilah juga bagaimana permasalahan diselesaikan.

> Muatan PPKn (KD 3.1 dan 4.1)

Nilai-nilai Pancasila dalam Tokoh Cerita

Nilai-nilai pancasila adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan. Pancasila adalah pedoman hidup dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Pancasila sebagai way of life berarti nilai Pancasila sebagai pedoman hidup sehari-hari.

Bangsa Indonesia harus memiliki sikap sesuai nilai-nilai Pancasila. Misalnya, taat beribadah, bersyukur, toleransi, jujur, peduli, dan bertanggung jawab.

C. Kegiatan Penutup (10 menit)
 
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya ^^. selanjutnya ibu guru akan memberikan soal, agar ananda lebih memahami materi yang sudah ibu guru jelaskan sebelumnya.

Latihan soal : kerjakan soal pada buku bupena halaman 21.

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...