Langsung ke konten utama

PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA, Rabu/9 Maret 2022

  

MUATAN MATEMATIKA VI. C
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^


Pengolahan Data

Penyajian data menentukan mean, median, modus

Penyajian data menentukan mean, median dan modus untuk data tunggal. Sebelum kita mencari “mean, median dan modus” kita harus memahami artinya. Mean adalah nilai rata-rata dari suatu kelompok data. Median adalah nilai yang ada di tengah pada suatu kelompok data. Modus adalah nilai yang sering muncul atau paling banyak frekuensinya pada suatu kelompok data.

Mencari mean untuk penyajian data

Untuk mencari mean atau rata-rata dalam suatu kelompok data kita cukup melakukan beberapa langkah berikut;

Menjumlah semua data yang ada. Misalnya ada 20 data nilai hasil ulangan, maka kita harus menjumlahkan terlebih dahulu nilai-nilai tersebut.

Setelah selesai menjumlahkan nilai semua hasil ulangan, maka jumlah seluruh dibagi dengan jumlah data.


Contoh

Berikut ini hasil ulangan siswa kelas 6,

40   50   60   50   40 = 240

70   60   80   70   60 = 340

90   70   80   60   90 = 390

100  80   60   60   50 = 350

Langkah penyelesaian pengolahan data 

Jumlahkan semua nilai pada data

40 + 50 + 60 + 50 + 40 + 70 + 60 + 80 + 70 + 60 + 90 + 70 + 80 + 60 + 90 + 100 + 80 + 60 + 60 + 50 = 1.320

Jumlah nilai dibagi jumlah data

1.320 : 20 = 66

Maka mean dari data tersebut adalah 66

Mencari median untuk penyajian data

Mencari median untuk penyajian data kita harus mengetahui ap itu median. Median adalah nilai data yang ada ditengah kelompok data setelah diurutkan. Terdapat dua cata untuk menentuka median, yaitu media dengan angka genap dan median dengan angka ganjil.



Perhatikan contoh soal berikut!

Berikut ini adalah 10 data hasil nilai ulang siswa kelas 6

8, 6, 7, 8, 9, 10, 6, 8, 7, 8

Langkah-langkah penyelesaian

Urutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar. 6, 6, 7, 7, 8, 8, 8, 8, 9, 10.

Hitung jumlah datanya. Data pertama dari kiri 1, 2, 3, dan seterusnya hingga 10.

Jika data genap seperti ini kita harus menjumlah data ke 5 dan data ke 6 lalu dibagi dua. Data ke 5 adalah 8 dan data ke 6 adalah 8.

8 + 8 = 16 : 2 = 8. Maka median data tersebut adalah 8.

Perhatikan contoh soal berikut! (contoh dua)

8, 6, 7, 8, 9, 10, 6, 8, 7

Langkah-langkah penyelesaian

Urutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar. 6, 6, 7, 7, 8, 8, 8, 8, 9.

Hitung jumlah datanya. Data pertama dari kiri 1, 2, 3, dan seterusnya hingga 9.

Karena data ada ganjil maka kita langsung ambil nilai yang berada di tengah ( dari 1 sampai 9, data yang ada di tengah adalah 5. Maka kita ambil data kelima)

Data kelima adalah 8. Maka medianya adalah 8.

Mencari modus untuk penyajian data

Modus adalah angka atau nilai yang sering muncul dalam sebuah kelompok data. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh pengerjaan berikut ini.


Perhatikan contoh soal berikut!

8, 6, 7, 8, 9, 10, 6, 8, 7

Langkah pengerjaan.

Kita bisa menggunakan kolom untuk mencari frekuensi tertinggi. Atau cukup memberikan tanda. Misalnya

6 ada 2.

7 ada 2.

8 ada 3.

9 ada 1.

10 ada 1.

Maka modus dari data tersebut adalah 8.

TUGASMU!

1. Suhu suatu kota dalam 7 hari sebagai berikut. 26,3°27,2°25,6°28,8°26°29°27,5°C. Rata-rata suhu di kota tersebut adalah....

2. Berikut ini data panjang 16 potongan kayu dalam cm.

Panjang Potongan Kayu (cm)

Banyak

68

2

70

3

72

2

74

3

75

2

80

3

82

1


Rata-rata panjang potongan kayu adalah....cm

3. Data pengunjung warung makan Sedap Taliwang disajikan dalam diagram batang berikut.



Rata-rata banyak pengunjung dalam sehari adalah..... orang

4. Berikut ini data tinggi (dalam cm) bibit tanaman mangga. 45 48 46 54 39 51 52 44 48 42 52. Median data tersebut adalah....cm

5. Ternak ayam Pak Chaniago selama 14 hari menghasilkan telur sebagai berikut. 20 25 21 20 20 21 20 21 26 26 25 21 26 21. Modus data tersebut adalah....

Note : Ibu tunggu jawaban kalian sampai pukul 11.15, kerjakan menggunakan cara ya nak ^^

SEMANGAT ANAK-ANAK  HEBAT!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se