TEMA 9. Menjelajah Angkasa Luar
SUBTEMA 1. Keteraturan yang Menakjubkan
PB 3-4
MATA PELAJARAN YANG MUNCUL : PPKn dan IPS
PPKn KD 3.4 dan 4.4
IPS KD 3.2 dan 4.2
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Dengan mendiskusikan alat penemuan zaman dahulu dan sekarang, peserta didik dapat melihat persamaan dan perbedaan cara hidup masyarakat dengan saksama.
2. Melalui bacaan, peserta didik dapat mendiskusikan ciri-ciri masyarakat modern dengan saksama.
3. Dengan mewawancarai narasumber, peserta didik dapat mengetahui cara hidup mereka dan membuat kesimpulan dengan akurat.
4. Melalui bacaan tentang persatuan dan kesatuan, peserta didik dapat menjelaskan maknanya dengan penuh percaya diri.
5. Dengan menggunakan teks fiksi, peserta didik dapat mengasosiasikan makna persatuan dan kesatuan dengan saksama.
PPKn
Persatuan dan kesatuan berasal dari kata "satu" yang memiliki arti utuh atau tidak terpecah-pecah. Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia dapat diartikan sebagai persatuan bangsa atau negara yang menduduki wilayah Indonesia.
IPS
MODERNISASI
Modernisasi banyak membawa dampak bagi kehidupan sosial masyarakat. Salah satunya adalah usaha manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi kehidupan masyarakat, kemajuan ilmu pengetahuan teknologi sebagai bagian dari modernisasi dapat pula menyebabkan kesenjangan dalam masyarakat. Masyarakat yang sudah paham dan mampu memanfaatkan teknologi da semakin maju. sedangkan masyarakat yang belum mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan akan semakin tertinggal.
Agar kamu lebih memahami tentang modernisasi maka bacalah dan pahami teks pada bukumu tema 9 halaman 27 dan tentang dampak sosial modernisasi halaman 41 !
TUGASMU !
Lakukan wawancara terhadap orang tua atau kakek/nenek kalian tentang cara hidup mereka ketika mereka seusia kamu. Catatlah hasil wawancaramu dengan menggunakan tabel berikut, kemudian bandingkan dengan kegiatan yang sama yang kamu lakukan saat ini. Perhatikan contoh !
Catatan : kalian sebagai pewawancara, orang tua/kakek/nenek sebagai narasumber.
KEGIATAN | NARASUMBER | PEWAWANCARA |
Cara belajar di rumah | Belajar di ruang yang sama bersama saudara yang lain, karena hanya ada satu lampu yang terang. Belajar ditemani Ayah dan ibu diruang yang sama. | Belajar di kamar masing-masing |
Cara belajar di sekolah | ||
Cara menuju sekolah | ||
Kegiatan setelah pulang sekolah atau saat libur | ||
Mainan atau permainan favorit |
Buatlah kesimpulan dari wawancara yang telah kamu lakukan tersebut diatas !
Kerjakanlah tugas-tugasmu dengan baik dan serius. karena pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang baik. Dan tak lupa selalu berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan agar diberikan kelancaran segala kegiatannya oleh Allah SWT...... Aamiin.
Note : Jawaban ibu guru tunggu sampai pukul 11.00 ya nak
SEMANGAT SELALU UNTUK IBADAH dan BELAJARNYA !
Komentar
Posting Komentar