Langsung ke konten utama

PH 2 MATEMATIKA & TEMA 8 SUBTEMA 3 PB 3-4, Senin/14 Februari 2022

      

MUATAN MATEMATIKA & TEMATIK VI. C
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^


PH 2 MATEMATIKA

Tujuan pembelajaran hari ini adalah : 

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sifat, luas dan volume kerucut
  2. Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sifat, luas dan volume bola
  3. Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sifat, luas dan volume bangun ruang gabungan

Untuk pertemuan kita hari ini, kita akan melaksanakan Penilaian Harian 2 Matematika ya Nak!

Dengan materi soal yaitu terkait sifat, luas dan volume bangun ruang (kerucut, bola dan bangun ruang gabungan)

Sebelum Memulai mengerjakan Soal PENILAIAN HARIAN ada beberapa hal yang harus anak-anak perhatikan: 
  1. Kerjakan setiap soal tepat waktu (Sesuai dengan jadwal Pelajaran), apabila sangat terpaksa tidak bisa mengerjakan soal sesuai jadwal silahkan konfirmasi kepada guru yan bersangkutan
  2. Dokumentasikan saat siswa mengerjakan soal (Foto siswa saat mengerjakan soal atau screenshoot setelah mengirim jawaban sebagai bukti bahwa siswa telah mengerjakan soal)
  3. Sebelum mengerjakan soal jangan lupa Berdo'a terlebih dahulu agar diberikan kemudahan dan kelancaran saat mengerjakan soal.

Berikut merupakan soal PENILAIAN HARIAN 2 MATEMATIKA

Kerjakan Soal dengan sebaik mungkin agar memperoleh nilai yang maksimal. Kerjakan dengan jujur dan teliti !!!

1. Berapakah jumlah titik sudut pada kerucut?
2. Apakah bentuk alas dari kerucut?
3. Berapakah jumlah rusuk dari bola?
4. Disebut apakah jarak antara dinding bola ke titik pusat boal?
5. Apakah rumus mencari luas bangun ruang kerucut?
6. Hitunglah luas permukaan bangun ruang dibawah ini!

7. Hitunglah luas permukaan bangun ruang dibawah ini!

8. Hitunglah volume bangun ruang dibawah ini!

9. Hitunglah volume bangun ruang dibawah ini!

10. Hitunglah volume bangun ruang gabungan di bawah ini!


Selamat Mengerjakan !!!

MUATAN TEMATIK

TEMA 8. BUMIKU
SUBTEMA 3. BUMI, MATAHARI, dan BULAN
PB 3&4

          

Mata Pelajaran uang Muncul :

Bahasa Indonesia KD 3.8 dan 4.8

PPKN KD 1.2; 2.2; 3.2; dan 4.2

IPS KD 3.1 dan 4.1

 

Tujuan Pembelajaran :

1.   Siswa mampu membuat peta pikiran yang disertai dengan gambar visual.

2.   Siswa mampu memberikan pendapat mengenai kewajiban masyarakat dalam menangani permasalahan.

3.   Siswa mampu menentukan persamaan dan perbedaan antara negara Laos dan Filipina.

  

Bahasa Indonesia

  
 

Labuan Bajo

 

Labuan Bajo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Labuan Bajo merupakan tempat yang sering dikunjungi wisatawan. Banyak tempat wisata di Labuan Bajo. Selain memiliki panorama yang indah, Labuan Bajo merupakan pintu gerbang bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi tempat-tempat wisata unggulan di Provinsi NTT. Tempat yang dimaksud antara lain pulau Komodo dan Rinca.

Labuan Bajo memang dipersiapkan sebagai pintu masuk wisatawan. Fasilitas dan akomodasi, infrastruktur utama seperti pelabuhan hingga bandara telah dibangun. Hotel berbintang dan losmen mudah ditemukan. Para wisatawan sering menjadikan Labuan Bajo sebagai (base camp) titik persinggahan ketika menyusuri berbagai objek wisata di lokasi lain.


 

PPKN

Salah satu faktor yang memengaruhi banyaknya wisatawan di Labuan Bajo adalah lingkungan yang bersih dan nyaman. Setiap wisatawan berhak untuk menikmati kenyamanan dan kebersihan tempat wisata yang dikunjunginya.

Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk hidup di lingkungan yang baik dan sehat. Apakah kamu tahu makna hak?

Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya bergantung pada kita sendiri.

Amati gambar berikut!

Tulis pendapatmu tentang kewajiban masyarakat dari gambar di atas di kolom komentar blogger bu guru yaa ^.^

 

IPS

Laos

Keadaan Alam

Laos merupakan satu-satunya negara di Kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan laut. Wilayah Laos bergunung-gunung. Sungai Mekong merupakan sungai utama. Daerah pertanian terpenting terletak di lembah Sungai Mekong. Laos diselimuti hutan lebat. Laos juga memiliki daratan tinggi dan beberapa dataran rendah.

Hasil Utama

Hasil tanaman pangan utama Laos adalah padi dan jagung. Hasil hutan utama berupa kayu jati. Barang ekspor utama Laos antara lain kopi, kapur barus, dan kulit binatang. Barang impornya terutama minyak bumi, mesin-mesin, dan beras.

 

Filipina

Keadaan Alam

Filipina merupakan negara kepulauan. Sebagian besar wilayah Filipina berupa pegunungan. Gunung api yang terdapat di Filipina antara lain Gunung Mayon, gunung Taal, dan Gunung Pinatubo. Sekira 40% wilayah Filipina berupa hutan. Hasil hutan yang menonjol antara lain kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni.

Hasil Utama

Sebagian besar penduduk Filipina bermata pencaharian sebagai petani. Hasil pertanian utama, antara lain pisang, jeruk, kelapa, kopi, tembakau, dan tebu. Tanaman pangan utama adalah padi dan jagung. Hasil ternak utama adalah sapi perah. Hasil tambangnya terutama emas, perak, dan tembaga. Hasil industri utamanya adalah tekstil, kertas, dan gula.

 

TUGASMU!

Dari informasi di atas, apakah ada persamaan yang kamu temukan mengenai keadaan perekonomian di Laos dan Filipina? Bagaimana dengan perbedaannya? Apakah ada perbedaan yang kamu temukan?

PERSAMAAN :

 1.

 2.

 3.

PERBEDAAN :

 1.

 2.

 3.

Kerjakan tugasmu dengan baik dan serius. Karena pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang baik. Dan selalu ingat berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan agar diberikan kelancaran segala kegiatannya oleh Allah SWT. Aamiin..

Note : Jawaban ibu tunggu sampai pukul 11.15 ya.. ^.^

Komentar

  1. Nama : Fadhil Degantara
    Kelas : 6C
    Ket : Hadir

    Jawaban :

    1. Kewajiban kita sebagai warga masyarakat terkait lingkungan / sungai yang tercemar sampah adalah tidak membuang sampah sembarangan di sungai, tidak mendirikan bangunan di bantaran sungai, mendaur ulang sampah dan membuang sampah pada tempatnya.

    2. Kewajiban kita sebagai warga masyarakat terkait polusi udara / udara yang tercemar adalah menanam pohon di sekitar lingkungan, tidak mencemari udara dengan asap kendaraan dengan cara menggunakan kendaraan yang layang jalan yang dibuktikan dengan surat keterangan lulus uji emisi.

    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Fhhhh


    Nama : Inokky Maulana Maarif
    Kelas : 6C
    No. Absen : 10
    Ket : Hadir

    Jawaban :

    1. Kewajiban kita sebagai warga masyarakat terkait lingkungan / sungai yang tercemar sampah adalah tidak membuang sampah sembarangan di sungai, tidak mendirikan bangunan di bantaran sungai, mendaur ulang sampah dan membuang sampah pada tempatnya.

    2. Kewajiban kita sebagai warga masyarakat terkait polusi udara / udara yang tercemar adalah menanam pohon di sekitar lingkungan, tidak mencemari udara dengan asap kendaraan dengan cara menggunakan kendaraan yang layang jalan yang dibuktikan dengan surat keterangan lulus uji emisi.

    Terimakasih

    BalasHapus

  3. Nama : Rakha azaria putra
    Kelas : 6c


    Jawaban :

    1. Kewajiban kita sebagai warga masyarakat terkait lingkungan / sungai yang tercemar sampah adalah tidak membuang sampah sembarangan di sungai, tidak mendirikan bangunan di bantaran sungai, mendaur ulang sampah dan membuang sampah pada tempatnya.

    2. Kewajiban kita sebagai warga masyarakat terkait polusi udara / udara yang tercemar adalah menanam pohon di sekitar lingkungan, tidak mencemari udara dengan asap kendaraan dengan cara menggunakan kendaraan yang layang jalan yang dibuktikan dengan surat keterangan lulus uji emisi.

    BalasHapus
  4. Nama : luthfi al kadafi
    Kelas : 6C
    Ket : Hadir

    Jawaban :

    1. Kewajiban kita sebagai warga masyarakat terkait lingkungan / sungai yang tercemar sampah adalah tidak membuang sampah sembarangan di sungai, tidak mendirikan bangunan di bantaran sungai, mendaur ulang sampah dan membuang sampah pada tempatnya.

    2. Kewajiban kita sebagai warga masyarakat terkait polusi udara / udara yang tercemar adalah menanam pohon di sekitar lingkungan, tidak mencemari udara dengan asap kendaraan dengan cara menggunakan kendaraan yang layang jalan yang dibuktikan dengan surat keterangan lulus uji emisi.

    Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...