Langsung ke konten utama

MATEMATIKA (VOLUME BANGUN RUANG GABUNGAN), Rabu/9 Februari 2022

    

MUATAN MATEMATIKA VI. C
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat memahami dan menggambar bangun ruang gabungan
  2. Siswa dapat menentukan volume bangun ruang gabungan
  3. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan volume bangun ruang gabungan.


Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas menganai Luas Permukaan Bangun Ruang Prisma, Limas, Tabung, Kerucut, dan Bola.
Dalam pertemuan ini, kita akan melanjutkan materi tersebut, yakni mengenai Luas Permukaan Bangun Ruang Gabungan
Masih ingatkah kalian, rumus mencari volume limas dan tabung?
(tentunya kalian pasti tau ya Nak 😊)
Silakan simak materi berikut ini terkait Luas Permukaan bangun ruang Gabungan 👇🏻😊 


VOLUME PERMUKAAN BANGUN RUANG GABUNGAN

 

Volume bangun ruang adalah hasil kali dari luas alas dengan tinggi bangun ruang tersebut. Volume  bangun gabungan merupakan jumlah dari volume bangun-bangun pembentuknya. 

Untuk dapat menentukan volume gabungan dua buah bangun ruang atau lebih tentunya harus menghitung volume bangun-bangun yang menyusun bangun gabungan tersebut. 

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mencari volume gabungan bangun ruang adalah ukuran dari masing-masing unsur bangun tersebut. Biasanya ukuran unsur bangun ruang tersebut tidak disebutkan, sehingga harus mencari terlebih dahulu dengan cara melihat unsir-unsur bangun yang lainnya.

Rumus volume bangun ruang :

No.

Bangun Ruang

Volume Bangun

1.

Prisma

V = Lalas x t

2.

Tabung

V = π × r² × t

3.

Limas

V =

1

x L alas x t

3

4.

Kerucut

V =

1

x π × r² × t

3

5.

Bola

V =

4

x π × r³

3

6.

Kubus

V = s x s x s = s³

7.

Balok

V = p x l x t

Contoh :

1. 

1.              


Bangun diatas merupakan gabungan bangun kerucut, tabung dan setengah bola.
1. Volume kerucut
Diketahui :
s = 13 cm
r = 10 : 2 = 5 cm
Tentukan terlebih dahulu tinggi kerucut menggunakan dalil phitagoras
t² = s² - r²
t² = 13² - 5²
t² = 169 - 25
t² = 144
t  = √144
t  = 12 cm
V.kerucut  = ⅓ × π × r² × t
           = ⅓ × 3,14 × 5² × 12
           = ⅓ × 3,14 × 25 × 12
     V       = 314 cm³


2. Volume tabung
Diketahui :
Diameter = 10 cm sehingga r = 10 : 2 = 5 cm
Tinggi tabung = 12 cm
V.tabung  = π × r² × t
          = 3,14 × 5² × 12
          = 942 cm³

3. Volume setengah bola
Diketahui :
Diameter bola = 10 cm sehingga r = 10 : 2 = 5 cm
V. ½ bola  = ½ × 4/3 × π × r x r x r
          = ½ × 4/3 × 3,14 × 5 x 5 x 5
          = 261,67 cm³
Jadi volume gabungan = 314 + 942 + 261,67 = 1.517,67 cm³.


2. Perhatikan bentuk mainan kue tart berikut.

Diameter paling atas pada mainan tersebut adalah 14 cm. tiap diameter di bawah selisihnya 7cm. Berapakah cm³ volume mainan tersebut?


Diketahui :
Pada kue tersebut ada 3 kue berbentuk tabung tersusun.
Diameter kue 1 = 14 cm maka r = 7 cm
Diameter kue 2 = 21 cm maka r = 10,5 cm
Diameter kue 3 = 28 cm maka r = 14 cm
Tinggi seluruh kue adalah: 45 cm. Sehingga 45 cm : 3 = 15 cm. Jadi,masing-masing tinggi tabung kue adalah 15 cm
Ditanyakan : Volume gabungan bangun ruang.
Jawab :

a. Volume Tabung 1 (paling atas)

V1 = 22/7 x 7 x 7 x 15


 V1 = 154 × 15
 V1 = 2.310 cm³

      b. Volume Tabung 2 (tengah)

V2 =

22/7 x 10,5 x 10,5 x 15

 V2 = 346,5 × 15
  V2 = 5.197,5 cm³

 

c. Volume Tabung 3 (paling bawah)

       V= 22/7 x 14 x 14 x 15

             V3 = 616 × 15
             V3 = 9.240 cm³
             V Total =2.310 cm + 5.197,5 + 9.240 = 16.747,5 cm³
             Jadi,volume mainan kue tersebut adalah 16.747,5 cm³


3.  


      Diketahui : tinggi limas = 25cm-10cm  =  15cm

a. Volume balok = p x l x t = 25 x 8 x 10 = 2.000 cm³

b. Volume Limas = 1/3 x Luas Alas x Tinggi

                            = 1/3 x 25 x 8 x 15

                             = 1/3 x 3.000 = 1.000 cm³                                                


           Jadi volume gabungan adalah 2.000 + 1.000 = 3.000cm³

   

4. 




LATIHAN SOAL!

1. Tentukan volume bangun ruang dibawah ini!

2. Tentukan volume bangun ruang dibawah ini!
jari-jari alas tabung = 10 cm

NOTE: untuk tugas matematika ibu guru tunggu sampai jam 10.00 WIB ya Nak!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...