Langsung ke konten utama

MATEMATIKA (SIFAT DAN LUAS BANGUN RUANG KERUCUT), Rabu/26 Januari 2022

   

MUATAN MATEMATIKA
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^


MUATAN MATEMATIKA

Tujuan pembelajaran hari ini adalah : 

1. Peserta didik dapat memahami sifat-sifat dari bangun ruang kerucut

2. Peserta didik dapat menghitung luas permukaan bangun kerucut


A.     BANGUN RUANG KERUCUT dan SIFAT-SIFATNYA 


Apa itu kerucut ? kalian sudah tau, Kerucut yaitu sebuah bangun ruang yang sisi lengkung yang menyerupai limas segi-n beraturan yang bidang alasnya berbentuk lingkaran, kerucut juga berarti gulungan meruncing dari kertas atau daun.

 

 Sifat- Sifat Bangun Ruang Kerucut

  1. Kerucut memiliki  dua sisi yaitu 1 sisi alas berbentuk lingkaran dan 1 sisi berbentuk bidang lengkung     (selimut kerucut).
  2. Kerucut memiliki 1 rusuk lengkung.
  3. Kerucut memiliki 1 titik sudut.
  4. Kerucut memiliki 1 titik puncak
  5. Jaring-jaring kerucut terdiri dari lingkaran dan segitiga

  

B.     LUAS KERUCUT

  



Contoh Soal 1: 

Ada Sebuah kerucut yang memiliki jari – jari=10 cm dan panjang garis pelukisnya yaitu=26 cm. cari dan hitunglah luas kerucut tersebut !

Penyelesaian :

Diketahui :

r= 10 cm

s= 26 cm

Ditanya : luas =…?

Jawab :

L= πr (r + s)

L=3,14 x 10 (10 + 26)

L = 3,14 x 10 x 36

L= 1.130,4 cm2

Jadi, luas Kerucut tersebut adalah = 1.130,4 cm2


Contoh Soal 2:

Ada Sebuah kerucut yang memiliki jari – jari = 28 m dan panjang garis pelukisnya yaitu = 40 m. cari dan hitunglah luas kerucut tersebut !

Penyelesaian :

Diketahui :

r= 28 m

s= 40 m

Ditanya : luas =…?

Jawab :

L= πr (r + s)

L= 22/7 x 28 (28 + 40)

L = 22/7 x 28 x 68

L= 5.984 m2

Jadi, luas Kerucut tersebut adalah = 5.984 m2


LATIHAN SOAL

  1. Diketahui sebuah kerucut yang memiliki jari – jari = 20 cm dan panjang garis pelukisnya yaitu = 33 cm. cari dan hitunglah luas kerucut tersebut!
  2. Diketahui sebuah kerucut yang memiliki jari – jari = 21 cm dan panjang garis pelukisnya yaitu = 34 cm. cari dan hitunglah luas kerucut tersebut !
NOTE: untuk tugas matematika ibu guru tunggu sampai jam 11.00 WIB ya Nak!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...