Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SENIN, 13 NOVEMBER 2023
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
>B.INDONESIA : Menulis
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
> MATEMATIKA : Bilangan
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahahn dengan pembilang satu (misalnya, 1/2 , 1/3 , 1/4) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2/8 , 4/8 , 7/8 ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
> B.INDONESIA :
1. Dengan menulis mengikuti panduan kata tanya, peserta didik dapat membuat tulisan dengan terstruktur dan sesuai kaidah Bahasa Indonesia.
>MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat menuliskan bentuk-bentuk pecahan
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
>B.INDONESIA :
1. Peserta didik menulis dengan menggunakan tanda baca sesuai kaidah Bahasa Indonesia dan memanfaatkan kata Tanya “ADiKSiMBa” dalam mengembangkan gagasan.
>MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat menuliskan bentuk-bentuk pecahan
MATERI :
Pengalaman Menonton Bulu Tangkis
Buatlah karangan sebanyak tiga paragraf tentang pengalaman menonton bulu tangkis. Tulislah di buku kalian. Jika kalian belum pernah menonton permainan bulu tangkis, kalian boleh menulis pengalaman menonton olahraga lain.
Untuk memandu kalian, jawablah pertanyaan dengan semua kata tanya: apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana.
Contohnya seperti di bawah ini.
1. Apa
Sebutkan kegiatan yang akan kalian ceritakan, yaitu pengalaman
menonton bulu tangkis.
2. Siapa
Kalian dapat menjelaskan siapa pemainnya, pemenangnya, atau dengan siapa kalian menontonnya.
3. Di mana
Jelaskan tempat pertandingan dan tempat kalian menonton, misalnya di sekolah, di lapangan, atau di televisi.
4. Kapan
Jelaskan waktu kalian menonton permainan bulu tangkis tersebut.
5. Mengapa
Jelaskan dalam rangka apa kegiatan tersebut, misalnya pertandingan antarsekolah, lomba 17-an, kejuaraan dunia, atau latihan saja.
6. Bagaimana
Kalian dapat menjelaskan jalannya permainan bulu tangkis tersebut, misalnya seru, menarik, atau malah menegangkan.
Kalian juga dapat menceritakan perasaan kalian saat itu. Ingatlah untuk memeriksa kalimat, ejaan, dan tanda baca dalam karangan sebelum kalian kumpulkan.
> MATEMATIKA :
BENTUK BENTUK PECAHAN
1.
Pecahan Biasa
Pecahan
biasa dapat berupa pecahan murni atau pecahan tidak murni. Jika nilai pembilang
lebih kecil daripada nilai penyebut (a < b), maka disebut pecahan murni.
Contohnya:
Sementara
itu, jika nilai pembilang lebih besar dari nilai penyebut (a > b), maka
disebut pecahan tidak murni. Contohnya:
2.
Pecahan Campuran
Pecahan
campuran adalah pecahan yang memuat campuran bilangan bulat dan pecahan murni.
Contohnya:
3.
Bentuk Desimal
Pecahan
desimal adalah pecahan dengan penyebut 10, 100, 1000, dan seterusnya. Bilangan
ditulis dengan tanda koma.
Contoh
:
4.
Persen
Pecahan
dengan penyebut 100 disebut dengan persen (disimbolkan dalam “%”).
Contoh
: 15%; 60%; 75% dst.
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar