Langsung ke konten utama

KELAS 4B : (PEND. PANCASILA, IPAS, MATEMATIKA, B.INDONESIA, SENI TARI), SELASA/10 OKTOBER 2023

                                                                     


Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SELASA, 10 OKTOBER 2023

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> PENDIDIKAN PANCASILA : Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan  di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar  tempat tinggal serta melaksanakannya dengan  bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik  mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil  identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota  keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik  melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota  keluarga dan sebagai warga sekolah.

> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

> MATEMATIKA  : Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda 
konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengankelipatan dan faktor.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya, 1/2, 1/3, 1/4) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2/8, 4/8, 7/8). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan decimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

>B.INDONESIA : Membaca
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

> SENI TARI : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik dapat mengenal dan mendalami keragaman budaya di lingkungan sekitar.

> IPAS :
1. Peserta didik dapat mengenal gaya magnet dan sifatnya.

> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat memahami hubungan antara besaran dari soal cerita dan gambar, menentukan apakah masuk ke perhitungan pembagian atau perkalian, kemudian menggambarkannya dan membuat kalimat matematika).

> B. INDONESIA :
1. Melalui membaca teks “Kuat untuk Melindungi”, peserta didik dapat memahami isi Laporan Hasil Wawancara dengan baik.

> SENI TARI :
1. Peserta didik dapat menyimak nilai positif dan negatif yang termuat dalam gerak bermakna dari gerak sehari-hari

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya.

> IPAS :
1. Peserta didik mengenal gaya magnet dan sifatnya.

> MATEMATIKA :
1. Peserta didik memahami hubungan antara besaran dari soal cerita dan gambar, menentukan apakah masuk ke perhitungan pembagian atau perkalian, kemudian menggambarkannya dan membuat kalimat matematika).

> B. INDONESIA :
1. Peserta didik mengembangkan kategori yang lebih terperinci berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar dalam teks informasi.

> SENI TARI :
1. Peserta didik menyimak nilai positif dan negatif yang termuat dalam gerak bermakna dari gerak sehari-hari
 
MATERI :

> PENDIDIKAN PANCASILA :

Keberagaman Indonesia



Berbeda-beda, tetapi tetap satu jua. Itulah semboyan yang dipegang kuat oleh bangsa Indonesia. Semboyan itu menggambarkan bahwa meskipun bangsa Indonesia memiliki beragam budaya, suku bangsa, ras, bahasa, dan agama, tetapi bangsa ini tetap memegang erat prinsip persatuan dan kesatuan.

Kita sebagai masyarakat Indonesia pastinya tahu bahwa negara ini memiliki segudang keragaman budaya dengan berbagai ciri khas dan karakteristik masing-masing, bahkan keragaman budaya Indonesia ini di antaranya banyak diketahui oleh masyarakat asing.

Macam-Macam Keragaman Budaya Indonesia
1. Upacara Adat
Upacara adat adalah salah satu bentuk adat istiadat atau kebiasaan masyarakat tradisional yang diduga masih mempunyai nilai-nilai relevan bagi kehidupan dan kebutuhan masyarakat sekitarnya. Hal itu dirasa sebagai bentuk upaya manusia agar dapat berhubungan dengan arwah atau roh para leluhur dan bentuk kesanggupan masyarakat sekitar untuk menyelaraskan diri akan alam dan lingkungan luas.

2. Pakaian Adat
Pakaian adat adalah salah satu ciri suku tertentu di Indonesia. Umumnya, pakaian adat dipakai saat berlangsungnya proses upacara adat, misalnya, pernikahan yang memang menerapkan adat istiadat dari daerah tersebut.

3. Rumah Adat Tradisional
Rumah adat tradisional adalah sebuah bangunan atau konstruksi yang sengaja dibangun dan dibuat sama persis dari tiap-tiap generasinya, tanpa adanya modifikasi. Rumah adat masih dipertahankan, baik segi kegunaan, fungsi sosial, dan budaya di balik corak atau desain bangunan tersebut.

4. Alat Musik Tradisional
Alat musik tradisional Indonesia merupakan alat musik yang sudah turun-temurun dari generasi ke generasi dan berkembang di daerah-daerah tertentu. Dengan begitu, hal itu menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki aset yang beragam.

5. Tarian Adat Tradisional
Tarian adat tradisional adalah tarian yang berkembang dan tentunya dilestarikan oleh daerah tertentu dari generasi ke generasi berikutnya. Tarian adat tradisional lazimnya memiliki karakteristik yang memperlihatkan budaya dan kearifan daerah setempat.

6. Senjata Tradisional
Senjata tradisional adalah hasil budaya yang sangat berkaitan dengan suatu masyarakat daerah tertentu. Senjata tradisional berfungsi guna berlindung dari serangan musuh, kemudian aktivitas berburu dan berladang. Seiring berjalannya waktu, senjata tradisional menjadi jati diri suatu bangsa sebagai bentuk aset kebudayaan bangsa Indonesia.

7. Lagu Daerah
Lagu daerah adalah semacam lantunan yang dinyanyikan oleh masyarakat suatu daerah. Bisa dikatakan, lagu daerah menyerupai lagu kebangsaan yang sifatnya ‘kedaerahan’.
Karena Indonesia adalah negara dengan beragam suku bangsa juga budaya, hal itu menjadikan lagu-lagu daerah di Indonesia sangat banyak dan pastinya di tiap daerah memiliki lagunya masing-masing. Lazimnya, lagu daerah menggunakan bahasa daerah setempat.

8. Makanan Khas
Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa keragaman ras dan suku bangsa Indonesia melahirkan berbagai bentuk keragaman budaya, salah satunya makanan khas daerah.
Sebagai negara kepulauan dengan tanahnya yang subur serta dapat menumbuhkan berbagai jenis tanaman, menjadikan Indonesia kaya akan rempah-rempah.
Dari situlah, Indonesia mampu menciptakan makanan khas dengan cita rasa rempah-rempah yang melekat di setiap hidangannya. Dengan demikian, Indonesia mampu menjadi salah satu negara dengan wisata kuliner yang diapresiasi oleh mancanegara.

> IPAS
Gaya Magnet


Gaya adalah segala bentuk interaksi yang dapat mempengaruhi kondisi dari suatu benda. Gaya dapat memberikan pengaruh yang beragam terhadap gerak dan bentuk benda.

Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh magnet yang bisa menarik atau menolak benda-benda tertentu. Gaya magnet merupakan bagian dari gaya elektromagnetik yang disebabkan oleh gerakan muatan listrik. Benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet disebut benda magnetis, sedangkan yang tidak bisa ditarik disebut benda diamagnetik. Benda magnetis dibagi menjadi ferromagnetik yang ditarik kuat oleh magnet dan paramagnetik yang ditarik lemah oleh magnet.

> MATEMATIKA
PEMBAGIAN BERSUSUN


Pembagian merupakan salah satu materi yang ada dalam pelajaran matematika. Materi pembagian ini merupakan kebalikan dari perkalian. Prasyarat untuk mempelajari materi ini adalah harus sudah menguasai materi perkalian. Minimal pelajaran pengurangan bilangan.

Perlu kita ketahui bahwa pembagian merupakan bentuk pengurangan yang berulang. Sebagai contoh yang mudah.

Contoh 1

8 : 2 = …..

8 – 2 = 6

6 – 2 = 4

4 – 2 = 2

2 – 2 = 0

Hasil dari pengerjaan 8 : 2 = jumlah pengurangan yang terjadi. Karena pengurangan yang terjadi 4 kali maka hasil dari 8 : 2 = 4.

Contoh 2

15 : 3 = ….

15 – 3 = 12

12 – 3 = 9

9 – 3 = 6

6 – 3 = 3

3 – 3 = 0

Karena bentuk pengurangan yang terjadi sebanyak 5 kali maka hasil dari 15 : 3 = 5.

Pembagian secara bersusun
Untuk menyelesaikan pembagian bersusun ini dibedakan menjadi 2 macam, yaitu pembagian bersusun panjang dan pembagian bersusun pendek. Mari kita bahas satu persatu untuk lebih jelas. Perhatikan contoh di bawah ini !

Pembagian bersusun panjang
Selesaikan pembagian di bawah ini dengan bersusun panjang. Berikut ini contoh soal pembagian bersusun panjang.

a. 45 : 3 = …..

b. 44 : 4 = …..

Pembahasan:

Pembagian Bersusun Pendek
Setelah kita mempelajari tentang pembagian dengan bersusun panjang dan kita sudah benar benar memahaminya. Maka kita bisa melanjutkan pada pembahasan selanjutnya. Apabila adik adik merasa belum menguasai tahapan yang tadi, maka kami sarankan untuk mengulangi lagi dan mencoba lagi. Inilah contoh cara menyelesaikan pembagian bersusun pendek.

Contoh soal:

Selesaikan pembagian di bawah ini dengan cara bersusun pendek!

a. 48 : 3 = ….

b. 56 : 4 = …..

Jawab:
Untuk pembahasan bisa melihat di bawah ini !

Pembagian bersusun pendek 3 angka
Setelah kita mahir dalam menyelesaikan pembagian bersusun pendek, kita bisa tingkatkan latihan kita dengan mencoba menyelesaikan soal matematika sd tentang pembagian bersusun pendek 3 angka. Pembagian seperti ini sering disebut juga soal pembagian bersusun ratusan. Berikut ini contohnya soal pembagian porogapit ratusan.

Selesaikan pembagian di bawah ini dengan cara bersusun pendek !

Contoh:

a. 245 : 5 = …..

b. 392 : 7 = ……

Berikut ini pembahasannya,

>B.INDONESIA :
Memahami Isi Laporan Wawancara

Untuk memahami isi laporan wawancara, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:
1. Baca laporan wawancara secara keseluruhan dan perhatikan informasi penting yang terkait dengan topik yang dibahas.
2. Buat catatan tentang poin-poin penting yang disampaikan oleh narasumber.
3. Identifikasi tema utama yang muncul dalam laporan wawancara.
4. Jika ada istilah atau konsep yang tidak Anda kenal, cari tahu artinya melalui sumber-sumber terpercaya seperti kamus atau ensiklopedia.

> SENI TARI
Manfaat Permainan Egrang
Permainan egrang adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan cara melompat menggunakan alat yang terbuat dari kayu dan tali. Beberapa manfaat dari permainan egrang di antaranya:
1. Mendekatkan anak dengan alam sekitar.
2. Melatih anak untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan anak-anak lainnya.
3. Melatih dan mengembangkan kemampuan otak kanan dan kiri anak.
4. Melatih konsentrasi anak karena perlu hati-hati dalam menapaki medan yang dijalani dengan egrang.
5. Membuat anak lebih kreatif karena permainan ini menimbulkan efek keceriaan dan kebersamaan.

Kesimpulan :
Alhamdulillah peserta didik telah memahami materi yang disampaikan dan juga aktuf dalam diskusi yang dilaksanakan. Berikut dokumentasi kegiatan :

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...