Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SELASA, 3 OKTOBER 2023
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> PENDIDIKAN PANCASILA : Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
> MATEMATIKA : Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda
konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengankelipatan dan faktor.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya, 1/2, 1/3, 1/4) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2/8, 4/8, 7/8). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan decimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
>B.INDONESIA : Membaca
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
> SENI TARI : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya
> IPAS :
1. Peserta didik dapat memahami konsep dasar gaya dan pengaruhnya terhadap benda.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat memikirkan cara menghitung pembagian: (bilangan nilai tempat kedua) : (bilangan nilai tempat pertama) yang tidak ada bagian yang diturunkan dan menghitung pembagian: (bilangan nilai tempat kedua) : (bilangan nilai tempat pertama) yang terdapat bagian yang diturunkan.
> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan menyimak teks “Dikenal karena Menari”, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi dengan benar
> SENI TARI :
1. Peserta didik dapat mengenali makna gerak pada permainan Egrang
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya
> IPAS :
1. Peserta didik memahami konsep dasar gaya dan pengaruhnya terhadap benda.
> MATEMATIKA :
1. "1. Peserta didik memikirkan cara menghitung pembagian: (bilangan nilai tempat kedua) : (bilangan nilai tempat pertama) yang tidak ada bagian yang diturunkan.
2. Peserta didik mempertimbangkan cara menghitung pembagian: (bilangan nilai tempat kedua) : (bilangan nilai tempat pertama) yang terdapat bagian yang diturunkan."
> B. INDONESIA :
1. Peserta didik mengingat dan menjelaskan kembali informasi yang didapat dari teks yang dibacakan.
> SENI TARI :
1. Peserta didik mengenali makna gerak pada permainan Egrang
MATERI :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
Musyawarah di Lingkungan Masyarakat
Musyawarah adalah proses berdiskusi yang bertujuan untuk mencapai konsensus dalam menyelesaikan suatu masalah atau memutuskan suatu keputusan. Musyawarah dapat dilakukan di berbagai lingkungan, termasuk di lingkungan masyarakat. Contoh musyawarah yang dilakukan di lingkungan masyarakat antara lain:
1. Berpartisipasi dalam pemilihan ketua RT.
2. Mengikuti pemilu.
3. Ikut rapat RT untuk menggalang dana bagi tetangga yang sedang mengalami musibah.
Dalam musyawarah, setiap orang yang hadir umumnya diberi kesempatan untuk memberikan pendapatnya masing-masing, dimana nantinya pendapat tersebut bisa dipertimbangkan sebagai hasil keputusan akhir. Proses ini membutuhkan partisipasi aktif dari semua anggota masyarakat dan diskusi yang berlangsung secara berimbang.
Musyawarah dianggap sebagai cara terbaik guna menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Melalui musyawarah, maka setiap anggota akan terhindari dari berbagai kritik dan tanggapan yang salah dari orang lain. Hal ini karena proses dan hasil dari musyawarah tersebut merupakan hal yang sudah dibahas dan ditinjau secara bersama oleh semua anggota musyawarah.
> IPAS
Gaya
Gaya adalah segala bentuk interaksi yang dapat mempengaruhi kondisi dari suatu benda. Gaya dapat memberikan pengaruh yang beragam terhadap gerak dan bentuk benda. Berikut adalah beberapa pengaruh gaya terhadap benda:
1. Gaya dapat membuat benda diam menjadi bergerak, atau sebaliknya.
2. Gaya dapat mengubah kecepatan benda, membuatnya lebih cepat atau lebih lambat.
3. Gaya dapat mengubah arah benda, misalnya dengan putaran setir atau pantulan tembok.
4. Gaya dapat mengubah bentuk benda, misalnya dengan menekan, menarik, atau menabrak.
Pengaruh gaya terhadap benda sangat penting dalam ilmu fisika dan memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Gaya dapat digunakan untuk menggerakkan benda, menghentikan gerakan benda, mengubah kecepatan dan arah gerakan benda, serta mengubah bentuk benda
> MATEMATIKA
PEMBAGIAN BERSUSUN
>B.INDONESIA :
> SENI TARI
Makna Permainan Egrang
Egrang adalah permainan tradisional Indonesia yang menggunakan tongkat panjang terbuat dari bambu. Pemain berdiri di atasnya dan berjalan dalam jarak atau waktu tertentu. Egrang ini sebenarnya cukup unik dan menguras tenaga. Pemain harus terampil dalam menjaga keseimbangan tubuh dan berjalan dengan stabil di atas tongkat kayu panjang. Permainan ini berkembang dan cukup populer pada tahun 1900-an. Egrang juga dikenal dengan nama lain seperti Batungkau di Kalimantan, Jangkungan di Jawa Tengah, Ingkau di Bengkulu, dan Tengkak-tengkak di Sumatra Barat. Egrang juga ada di beberapa negara di Eropa dan Jepang.
Permainan Egrang memiliki makna yang sangat dalam. Selain melatih keseimbangan tubuh, permainan ini juga melatih keberanian, ketekunan, kesabaran, kekuatan fisik, dan sportifitas. Dalam permainan ini, pemain harus bertekad dan berkomitmen untuk menyelesaikannya tanpa ragu-ragu. Nilai-nilai seperti sportifitas, kerja keras, dan keuletan tercermin dalam nilai budaya pada permainan Egrang ini.
Permainan Egrang juga memiliki makna yang mendalam dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya dalam permainan ini, ketika kita sudah mengambil suatu keputusan, kita harus bertekad dan berkomitmen untuk menyelesaikannya tanpa ragu-ragu.
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar