Langsung ke konten utama

KELAS 4B : (IPAS, MATEMATIKA, B.INDONESIA), RABU/11 OKTOBER 2023

                                                                      


Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : RABU, 11 OKTOBER 2023

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

> MATEMATIKA  : Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda 
konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengankelipatan dan faktor.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya, 1/2, 1/3, 1/4) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2/8, 4/8, 7/8). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan decimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

>B.INDONESIA : Membaca
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> IPAS :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi tipe gaya yang dihasilkan dari benda magnetis.

> MATEMATIKA :
1. Peserta dapat dapat memperdalam pemahaman tentang pembagian yang telah dipelajari.

> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan mendiskusikan teks “Kuat untuk Melindungi”, peserta didik dapat berlatih untuk berpartisipasi dalam diskusi dengan aktif.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> IPAS :
1. Peserta didik mengidentifikasi tipe gaya yang dihasilkan dari benda magnetis.

> MATEMATIKA
1. Peserta dapat memperdalam pemahaman tentang pembagian yang telah dipelajari.

> BAHASA INDONESIA
1. Peserta didik berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan menanggapi pernyataan teman diskusi, menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik bahasan diskusi.

MATERI :

> IPAS
Tipe Gaya Benda Magnetis
Terdapat tiga jenis benda magnetis, yaitu:
Ferromagnetik atau Bahan Magnetik Ferromagnetik, yaitu bahan yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Contoh bahan ferromagnetik, yaitu baja, besi, nikel, dan kobalt.

Paramagnetik, yaitu bahan yang masih dapat ditarik oleh magnet, tetapi gaya tarik yang diberikan magnet pada bahan tersebut sangat lemah. Contoh bahan paramagnetik, yaitu alumunium, tembaga, dan platina.

Diamagnetik, yaitu bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Contoh bahan diamagnetik, yaitu air, emas, dan perak.

Gaya magnet pada benda magnetis:
Magnet dengan jenis kutub yang berbeda, jika didekatkan maka akan terjadi gaya tarik menarik.
Magnet dengan jenis kutub yang sama, jika didekatkan akan terjadi gaya tolak menolak.

> MATEMATIKA
PEMBAGIAN BERSUSUN


Pembagian merupakan salah satu materi yang ada dalam pelajaran matematika. Materi pembagian ini merupakan kebalikan dari perkalian. Prasyarat untuk mempelajari materi ini adalah harus sudah menguasai materi perkalian. Minimal pelajaran pengurangan bilangan.

Perlu kita ketahui bahwa pembagian merupakan bentuk pengurangan yang berulang. Sebagai contoh yang mudah.

Contoh 1

8 : 2 = …..

8 – 2 = 6

6 – 2 = 4

4 – 2 = 2

2 – 2 = 0

Hasil dari pengerjaan 8 : 2 = jumlah pengurangan yang terjadi. Karena pengurangan yang terjadi 4 kali maka hasil dari 8 : 2 = 4.

Contoh 2

15 : 3 = ….

15 – 3 = 12

12 – 3 = 9

9 – 3 = 6

6 – 3 = 3

3 – 3 = 0

Karena bentuk pengurangan yang terjadi sebanyak 5 kali maka hasil dari 15 : 3 = 5.

Pembagian secara bersusun
Untuk menyelesaikan pembagian bersusun ini dibedakan menjadi 2 macam, yaitu pembagian bersusun panjang dan pembagian bersusun pendek. Mari kita bahas satu persatu untuk lebih jelas. Perhatikan contoh di bawah ini !

Pembagian bersusun panjang
Selesaikan pembagian di bawah ini dengan bersusun panjang. Berikut ini contoh soal pembagian bersusun panjang.

a. 45 : 3 = …..

b. 44 : 4 = …..

Pembahasan:

Pembagian Bersusun Pendek
Setelah kita mempelajari tentang pembagian dengan bersusun panjang dan kita sudah benar benar memahaminya. Maka kita bisa melanjutkan pada pembahasan selanjutnya. Apabila adik adik merasa belum menguasai tahapan yang tadi, maka kami sarankan untuk mengulangi lagi dan mencoba lagi. Inilah contoh cara menyelesaikan pembagian bersusun pendek.

Contoh soal:

Selesaikan pembagian di bawah ini dengan cara bersusun pendek!

a. 48 : 3 = ….

b. 56 : 4 = …..

Jawab:
Untuk pembahasan bisa melihat di bawah ini !

Pembagian bersusun pendek 3 angka
Setelah kita mahir dalam menyelesaikan pembagian bersusun pendek, kita bisa tingkatkan latihan kita dengan mencoba menyelesaikan soal matematika sd tentang pembagian bersusun pendek 3 angka. Pembagian seperti ini sering disebut juga soal pembagian bersusun ratusan. Berikut ini contohnya soal pembagian porogapit ratusan.

Selesaikan pembagian di bawah ini dengan cara bersusun pendek !

Contoh:

a. 245 : 5 = …..

b. 392 : 7 = ……

Berikut ini pembahasannya,

>B.INDONESIA :
Kuat untuk Melindungi

Kak Puspita adalah seorang pesilat tangguh. Dia telah banyak meraih gelar juara di pertandingan tingkat nasional maupun provinsi. Berikut ini hasil wawancara saya dengannya.

Sewaktu Kak Puspita masih kecil, awalnya dia tidak tertarik ilmu bela diri. Suatu saat dia diganggu beberapa anak yang lebih besar. Dia berusaha melawan, tetapi tidak bisa karena masih kecil. Dia malah ditertawakan. Sejak itu dia memikirkan cara supaya bisa membela 
dirinya sendiri. 

Ketika masuk SMP, ada ekstrakurikuler pencak silat. Dia segera mendaftar. Ternyata belajar silat itu asyik dan seru. Kak Puspita kemudian bergabung di sebuah perguruan silat.

Awalnya Kak Puspita ingin menguasai silat supaya bisa melawan pengganggunya. Dia terpikir untuk suatu saat membalas perbuatan para pengganggunya. Namun, setelah mendalami silat, Kak Puspita jadi mengerti bahwa silat harusnya bukan untuk balas dendam. Silat 
justru untuk berteman dan melindungi. 

Kata Kak Puspita, di dalam gerakan pencak silat terkandung banyak nilai luhur. Misalnya, dalam sikap pasang. Ada beberapa sikap pasang, biasanya dilakukan dengan tangan dalam keadaan terbuka, bukan mengepal. Artinya, silat itu bukan untuk berkelahi atau menyakiti. Kalau ada yang menyerang, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah menghindar dan menangkis. Kalau dia masih menyerang, barulah kita patahkan gerakannya tanpa melukai.

Manfaat yang dirasakan Kak Puspita setelah menekuni pencak silat antara lain: tubuhnya menjadi lebih sehat dan bugar, lebih mudah berkonsentrasi, dapat banyak teman, serta menjadi orang yang lebih baik.
Kak Puspita menjelaskan bahwa keberhasilannya dalam pertandingan-pertandingan adalah berkat disiplin dalam latihan. Kak Puspita mengatakan bahwa ini tidak hanya berlaku pada silat. Apapun yang kita lakukan, kalau kita lakukan dengan tekun dan sungguhsungguh, pasti akan memberikan hasil yang baik. 

Selanjutnya, Kak Puspita berharap bahwa anak-anak seusia saya belajar ilmu bela diri, terutama silat. Pencak silat adalah seni bela diri asli negara kita. Jadi, di samping mendapatkan banyak manfaat untuk diri sendiri, sekaligus juga melestarikan budaya bangsa Indonesia.
 
Kesimpulan :
Alhamdulillah peserta didik dapat memahi materi yang diberikan oleh guru dengan baik dan dapat aktif bertanya ataupun menjawab pertanyaan guru. 

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...