Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : KAMIS, 14 SEPTEMBER 2023
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> SENI TARI : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
> PENDIDIKAN PANCASILA : Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
> SENI TARI :
1. Peserta didik dapat mengenali gerak pada permainan Egrang
> IPAS :
1. Peserta didik dapat mengindentifikasi perubahan wujud benda yang terjadi.
> PEND. PANCASILA :
1. Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> SENI TARI :
1. Peserta didik mengenali gerak pada permainan Egrang
> IPAS :
1. Peserta didik mengindentifikasi perubahan wujud benda yang terjadi.
> PEND. PANCASILA :
1. Peserta didik menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya.
MATERI :
> SENI TARI
Permainan Egrang
Egrang adalah permainan tradisional yang menggunakan tongkat bambu panjang dengan tempat pijakan kaki. Permainan ini mengajarkan anak-anak konsentrasi dan keseimbangan tubuh saat menaiki egrang dan berjalan. Egrang dimainkan dengan menaiki tongkat bambu dan berjalan dengan kaki egrang. Permainan ini juga bisa dimainkan sebagai adu kecepatan. Egrang berasal dari Bahasa Lampung yang berarti terompah pancung yang terbuat dari bambu bulat panjang. Permainan ini sulit untuk ditelusuri asal-usulnya, tetapi beberapa peneliti mengatakan permainan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan mendapat pengaruh dari budaya China.
> IPAS
Perubahan Wujud Benda
>PEND. PANCASILA :
Musyawarah di Lingkungan Masyarakat
Musyawarah adalah salah satu cara untuk menyelesaikan masalah atau mengambil keputusan secara bersama-sama dengan menghormati dan menghargai pendapat setiap anggota. Musyawarah merupakan salah satu nilai budaya bangsa Indonesia yang juga termasuk dalam sila keempat Pancasila, yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Musyawarah juga sesuai dengan ajaran Islam yang menganjurkan umatnya untuk bermusyawarah dalam urusan mereka.
Contoh musyawarah yang dilakukan di lingkungan masyarakat yaitu:
1. Berpartisipasi dalam pemilihan ketua RT
2. Mengikuti pemilu
3. Ikut rapat RT untuk menggalang dana bagi tetangga yang sedang mengalami musibah
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar