Langsung ke konten utama

KELAS 4B : (SENI TARI, IPAS, PEND.PANCASILA) KAMIS/21 SEPTEMBER 2023

                                                                     


Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : KAMIS, 21 SEPTEMBER 2023

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> SENI TARI : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.

> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

> PENDIDIKAN PANCASILA : Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan  di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar  tempat tinggal serta melaksanakannya dengan  bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik  mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil  identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota  keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik  melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota  keluarga dan sebagai warga sekolah.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> SENI TARI :
1. Peserta didik dapat meyebutkan properti engrang

> IPAS :
1. Peserta didik dapat memahami konsep dasar gaya dan pengaruhnya terhadap benda.

> PEND. PANCASILA :
1. Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> SENI TARI :
1. Peserta didik meyebutkan properti engrang

> IPAS :
1. Peserta didik memahami konsep dasar gaya dan pengaruhnya terhadap benda.

> PEND. PANCASILA :
1. Peserta didik menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya.

MATERI :

> SENI TARI

Permainan Egrang

Egrang adalah sebuah permainan tradisional yang menggunakan sepasang bambu untuk berjalan. Bambu dibentuk seperti tongkat yang memiliki tumpuan kaki yang terbuat dari kayu. Egrang umumnya dimainkan oleh anak-anak. Egrang juga bisa digunakan dalam atraksi. Permainan egrang berguna dalam pelatihan pengendalian diri dengan menjaga keseimbangan, ke fokusan dan meningkatkan rasa percaya diri sekaligus hiburan untuk anak anak maupun dewasa

> IPAS
Gaya

Gaya adalah segala bentuk interaksi yang dapat mempengaruhi kondisi dari suatu benda. Gaya dapat memberikan pengaruh yang beragam terhadap gerak dan bentuk benda. Berikut adalah beberapa pengaruh gaya terhadap benda:
1. Gaya dapat membuat benda diam menjadi bergerak, atau sebaliknya.
2. Gaya dapat mengubah kecepatan benda, membuatnya lebih cepat atau lebih lambat.
3. Gaya dapat mengubah arah benda, misalnya dengan putaran setir atau pantulan tembok.
4. Gaya dapat mengubah bentuk benda, misalnya dengan menekan, menarik, atau menabrak.

Pengaruh gaya terhadap benda sangat penting dalam ilmu fisika dan memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Gaya dapat digunakan untuk menggerakkan benda, menghentikan gerakan benda, mengubah kecepatan dan arah gerakan benda, serta mengubah bentuk benda

>PEND. PANCASILA :
Musyawarah di Lingkungan Masyarakat

Musyawarah adalah salah satu cara untuk menyelesaikan masalah atau mengambil keputusan secara bersama-sama dengan menghormati dan menghargai pendapat setiap anggota. Musyawarah merupakan salah satu nilai budaya bangsa Indonesia yang juga termasuk dalam sila keempat Pancasila, yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Musyawarah juga sesuai dengan ajaran Islam yang menganjurkan umatnya untuk bermusyawarah dalam urusan mereka.
Contoh musyawarah yang dilakukan di lingkungan masyarakat yaitu:
1. Berpartisipasi dalam pemilihan ketua RT
2. Mengikuti pemilu
3. Ikut rapat RT untuk menggalang dana bagi tetangga yang sedang mengalami musibah

Kesimpulan :
Seni Tari
Egrang adalah sebuah permainan tradisional yang menggunakan sepasang bambu untuk berjalan. Bambu dibentuk seperti tongkat yang memiliki tumpuan kaki yang terbuat dari kayu. Egrang umumnya dimainkan oleh anak-anak.

IPAS
Gaya adalah segala bentuk interaksi yang dapat mempengaruhi kondisi dari suatu benda. Gaya dapat memberikan pengaruh yang beragam terhadap gerak dan bentuk benda.

Pendidikan Pancasila
Musyawarah adalah salah satu cara untuk menyelesaikan masalah atau mengambil keputusan secara bersama-sama dengan menghormati dan menghargai pendapat setiap anggota. Musyawarah merupakan salah satu nilai budaya bangsa Indonesia yang juga termasuk dalam sila keempat Pancasila, yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se