Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SELASA, 12 SEPTEMBER 2023
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> PENDIDIKAN PANCASILA : Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
> MATEMATIKA : Geometri
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.
>B.INDONESIA : Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
> SENI TARI : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku positif apabila pendapatnya tidak diterima oleh orang lain.
> IPAS :
1. Peserta didik mengidentifikasi apakah suatu zat yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari merupakan zat padat, cair atau gas.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat menggambar sudut menggunakan busur derajat.
> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan mendiskusikan isi teks yang dibacakan, peserta didik dapat membandingkan objek dan ciricirinya dengan tepat.
> SENI TARI :
1. Peserta didik dapat memahami makna gerak dan nilai-nilai tari
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik menunjukkan sikap dan perilaku positif apabila pendapatnya tidak diterima oleh orang lain.
> IPAS :
1. Peserta didik mengidentifikasi apakah suatu zat yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari merupakan zat padat, cair atau gas.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik menggambar sudut menggunakan busur derajat.
> B. INDONESIA :
1. Peserta didik mendiskusikan kategori yang lebih terperinci (misalnya membandingkan objek dan ciri-cirinya) berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar dalam teks informasional.
> SENI TARI :
1. Peserta didik memahami makna gerak dan nilai-nilai tari
MATERI :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
Sikap dan Perilaku Positif Apabila Pendapat Tidak Diterima
Sikap dan perilaku positif apabila pendapatnya tidak diterima oleh orang lain adalah sebagai berikut:
1. Menerima dengan ikhlas dan berjiwa besar.
2. Berkata-kata yang sopan dan lembut.
3. Hargai pendapat orang lain.
4. Cobalah untuk berpikiran terbuka.
5. Cari solusi yang saling menguntungkan.
> IPAS
Zat Padat, Zat Cair dan Zat Gas
1. Zat Padat
Pengertian Zat Padat :
Zat padat adalah materi yang mempunyai bentuk dan volume (ruang yang ditempati zat padat, cair, atau gas) tertentu. Ada dua cara utama partikel-partikel padat bisa tersusun yakni dalam baris-baris teratur yang rapi atau dalam susunan yang tidak tentu. Zat padat yang partikel-partikelnya tersusun dalam baris-baris yang teratur rapi disebut kristal. Contoh umum kristal adalah sebagian besar logam, intan, es, dan kristal garam. Zat padat yang partikel-partikelnya tidak tersusun secara teratur disebut amorf.
Zat padat amorf biasanya bertekstur mengilat atau elastis. Contoh umum zat padat amorf adalah lilin, kaca, karet, dan plastik. Karena partikel-partikelnya tersusun berdekatan menyatu, zat padat tidak bisa dimampatkan dengan mudah—zat padat tidak bisa dikecilkan dengan menekannya.
Pada zat padat, partikel-partikel individu tidak bergerak cukup cepat untuk mengalahkan gaya tarik-menarik antar partikel. Partikel-partikel itu bergetar namun terikat rapat di tempatnya.
Ciri zat padat yaitu bentuk dan volumenya tetap. Contohnya kelereng yang berbentuknya bulat, dipindahkan ke gelas akan tetap berbentuk bulat.
Begitu pula dengan volumenya. Volume kelereng akan selalu tetap walaupun berpindah tempat ke dalam gelas. Hal ini disebabkan karena daya tarik antar partikel zat padat sangat kuat.
2. Zat Cair
Pengertian Zat cair
Seperti zat padat, zat cair mempunyai volume tertentu. Tidak seperti zat padat, zat cair akan berbentuk seperti wadah yang ditempatinya. Zat cair digambarkan sebagai zalir (fluida). Zalir adalah zat dengan molekul-molekul yang bergerak bebas saling melewati, sehingga zalir menyesuaikan bentuk wadahnya. Seperti zat padat, partikel-partikel dalam zat cair tersusun secara rapat. Zat cair juga sulit dimampatkan. Pada zat cair, molekul-molekul tersusun rapat. Meskipun demikian, partikel-partikel itu mempunyai cukup energi untuk mengatasi sebagian dari tarik-menariknya dengan molekul di dekatnya dan bergeser saling melewati.
Zat cair memiliki volume tetap tetapi bentuk berubah-ubah sesuai dengan yang ditempatinya. Apabila air dimasukkan ke dalam gelas, maka bentuknya seperti gelas, apabila dimasukkan ke dalam botol akan seperti botol. Tetapi volumenya selalu tetap. Hal ini disebabkan partikel-partikel penyusunnya agak berjauhan satu sama lain. Selain itu, partikelnya lebih bebas bergerak karena ikatan antar partikelnya lemah.
Partikel zat cair memiliki sifat seperti berikut:
1. Letaknya berdekatan.
2. Susunannya tidak teratur.
3. Gerakannya agak bebas, sehingga dapat bergeser dari tempatnya, tetapi tidak lepas dari kelompoknya.
Ciri-Ciri Zat Cair Lainnya :
1. Bentuknya berubah-ubah
2. Volumenya tetap
3. Mengikuti bentuk wadahnya
4. Pada Ikatan antar partikelnya lemah
5. Pada Susunan partikelnya kurang tetatur dan renggang
3. Zat Gas
Pengertian Zat Gas
Zat gas ialah suatu zat atau benda yang mempunyai volume dan bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai dengan tempat (wadahnya). Contohnya; balon, ban sepeda dan ban motor, gelas kosong, botol kosong, dan lain sebagainya.
Partikel zat gas memiliki sifat seperti berikut:
1. Letaknya sangat berjauhan.
2. Susunannya tidak teratur.
3. Gerakannya bebas bergerak, sehingga dapat bergeser dari tempatnya dan lepas dari kelompoknya, sehingga dapat memenuhi ruangan.
Ciri-Ciri Zat Gas :
1. Memiliki bentuk yang berubah-ubah
2. Memiliki volume yang beruba-ubah
3. Pada Susunan partikel zat padat letaknya tidak teratur dan berjauhan
4. Pada Ikatan partikel zat padat sangat lemah
5. Mengikuti bentuk tempatnya
> MATEMATIKA
Menggambar Sudut
Cara menggambar sudut dengan busur derajat adalah sebagai berikut :
1. Gambarlah sebuah garis lurus sebagai garis acuan dan kaki pertama dari sudut yang hendak digambar.
2. Posisikan pangkal busur derajat pada salah satu ujung garis.
3. Carilah nilai derajat untuk sudut yang ingin digambar pada skala busur derajat yang tepat.
4. Gambarlah kaki kedua untuk menyelesaikan sudut tersebut.
5. Ukuran ruang terbuka di antara dua garis yang membentuk sebuah sudut disebut ukuran
sudut.
>B.INDONESIA :
Untuk kegiatan berikut ini, kalian perlu membentuk kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 orang. Setiap kelompok memilih satu moda transportasi di antara empat yang disediakan. Satu moda transportasi hanya boleh dipilih oleh satu kelompok.
• Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya.
Misalnya, Kelompok Darat memilih mobil, Kelompok Laut memilih perahu cepat, Kelompok Udara memilih pesawat terbang, dan Kelompok Hewan memilih unta. Tentu saja kalian boleh mengusulkan kendaraan lain di kelompok kalian.
• Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Seberapa cepat kendaraannya itu bisa berjalan? Apa keuntungan menggunakan kendaraan tersebut? Apa kekurangannya?
• Tuliskan hasil diskusi tersebut!
• Presentasikan ke depan kelas secara bergiliran!
> SENI TARI
Makna Gerak Tari
Gerak tari adalah gerak tubuh yang selaras dan berirama sehingga menghasilkan karya seni yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu. Gerak tari menjadi unsur utama dalam seni tari karena gerak tari tidak bisa lepas dari unsur anggota badan manusia. Gerak tari dibagi menjadi gerak stilatif dan distortif, dimana gerak stilatif adalah gerak yang telah mengalami proses pengolahan yang mengarah kepada bentuk tari yang indah. Gerak dasar tari terbagi menjadi 4 gerak dasar, yaitu teknik gerak kepala, teknik gerak tangan, teknik gerak badan, dan teknik gerak kaki.
Kesimpulan :
Alhamdulillah peserta didik dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan lancar. berikut ini dokumentasi pembelajaran :
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar