Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SELASA, 05 SEPTEMBER 2023
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> PENDIDIKAN PANCASILA : Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
> MATEMATIKA : Geometri
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.
>B.INDONESIA : Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
> SENI TARI : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi hak dan kewajibannya sebagai peserta didik
> IPAS :
1. Peserta didik dapat mempelajari karakteristik wujud zat/materi.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat menemukan cara untuk membandingkan ukuran sudut sebagai bukaan sisinya.
> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.
> SENI TARI :
1. Peserta didik mampu mengembangkan ide melalui unsur pendukung tari yaitu musik, properti, kostum, tata panggung, tata rias, tata busana.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi hak dan kewajibannya sebagai peserta didik
> IPAS :
1. Peserta didik mempelajari karakteristik wujud zat/materi.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik menemukan cara untuk membandingkan ukuran sudut sebagai bukaan sisinya.
> B. INDONESIA :
1. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan kata-kata baru pada teks dengan menggunakan petunjuk visual dan konteks kalimat yang mendukung
> SENI TARI :
1. Peserta didik mengembangkan ide melalui unsur pendukung tari yaitu musik, properti, kostum, tata panggung, tata rias, tata busana.
MATERI :
> PENDIDIKAN PANCASILA :
Hak dan Kewajiban Peserta didik
Berikut hak peserta didik :
1. Hak Untuk Belajar.
2. Berhak Untuk Memakai Fasilitas Yang Ada Di Sekolah.
3. Berhak Untuk Mendapatkan Bantuan Beasiswa.
4. Berhak untuk ikut berorganisasi.
5. Berhak Tidak Berangkat Sekolah Apabila Ada Kepentingan Mendadak.
6. Berhak Untuk Mengikuti Perlombaan
7. Berhak Mendapatkan Toleransi
8. Berhak Mendapatkan Perlakuan Yang Sama Di Sekolah.
9. Berhak Izin Pulang Bila Tiba-Tiba Sakit Saat Di Sekolah.
10. Berhak Memberikan Saran.
Berikut adalah kewajiban siswa :
1. Siswa Wajib Menjaga Nama Baik Sekolah.
2. Siswa Wajib Taat Pada Peraturan Yang Ada Di Sekolah.
3. Siswa Wajib Menghormati Kepala Sekolah, Guru, Dan Siswa Yang Lain.
4. Bertanggung Jawab Pada Pemeliharaan Sekolah.
5. Wajib Memberikan Keterangan Saat Tidak Berangkat Sekolah.
6. Berpenampilan Rapi.
7. Mengikuti Upacara Bendera.
8. Menjaga Sikap Saat Proses Belajar Berlangsung.
9. Wajib Ikut Kegiatan Belajar.
10. Wajib Mengerjakan Tugas Yang Sudah Diberikan Oleh Guru.
> IPAS
Karakteristik Wujud Zat/Materi.
Karakteristik zat terbagi menjadi tiga, yaitu zat padat, cair, dan gas. Ketigaya mempunyai karakteristik tersendiri yang dapat dibedakan dan ditemukan dalam kehidupan manusia.
Simak penjelasan mengenai jenis zat, karakteristik, dan perbedaannya berikut ini.
Mengenal Zat
Zat atau materi adalah sesuatu yang menempati suatu ruang dan mempunyai massa tersendiri. Segala sesuatu yang ada di alam semesta ini tersusun atas berbagai zat yang jumlahnya mencapai jutaan. Di jagat raya, macam-macam zat sangat beragam dan terdiri atas unsur air, udara, tanah, dan api. Seluruh zat tersebut memiliki sifat yang sama, yaitu menempati ruang dan mempunyai massa. Zat memerlukan ruang atau tempat untuk keberadaannya. Misalnya, air dalam gelas berarti zat cair tersebut menempati ruang bagian dalam gelas. Kemudian, zat mempunyai massa memiliki arti bahwa benda yang ditimbang dengan neraca akan menunjukkan nilai massa tertentu karena terdapat zat di dalamnya. Contohnya, balon yang berisi udara massanya akan lebih berat dibandingkan balon yang belum ditiup.
Macam-macam Zat Berdasarkan Karakteristiknya
1. Zat Padat
Zat padat adalah materi yang memiliki bentuk dan volume tertentu. Jarak antarpartikel di dalamnya sangat rapat dan partikel tersebut tidak dapat bergerak bebas. Contoh zat padat yaitu batu, meja, dan kursi.
2. Zat Cair
Zat cair juga sama seperti zat padat yang mempunyai volume tertentu. Tidak seperti zat padat, zat cair akan berbentuk seperti wadah yang ditempatinya. Zat cair digambarkan sebagai zalir. Istilah zalir sendiri adalah zat dengan molekul yang bergerak bebas saling melewati, sehingga zalir menyesuaikan bentuk wadahnya. Zat cair memiliki jarak antarpartikel yang lebih renggang dibandingkan zat padat. Pada zat cair, molekul-molekulnya tersusun dengan rapat. Meskipun demikian, partikel-partikel zat cair dapat bergerak bebas. Contoh zat cair adalah air minum, spirtus, dan alkohol.
3. Zat Gas
Zat gas yang mempunyai volume dan bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai dengan tempat (wadahnya). Karakteristik zat gas, yakni memiliki jarak antarpartikel yang sangat renggang. Partikel tersebut juga dapat bergerak sangat cepat. Contoh zat gas adalah balon, ban sepeda dan ban motor, gelas kosong, botol kosong, dan lain sebagainya.
> MATEMATIKA
Sudut
Ukuran ruang terbuka di antara dua garis yang membentuk sebuah sudut disebut ukuran
sudut.
>B.INDONESIA :
Perhatikan kata-kata yang disorot kuning pada cerita “Awas!” di atas. Tahukah kalian artinya? Agar kalian lebih paham, lengkapilah kalimat di bawah ini dengan kata-kata yang sesuai.
1. Rudi membunyikan bel sepedanya, Bang Tanto membunyikan …
sepeda motornya.
2. Nelayan mendayung sampan, Rudi …. sepeda.
3. Ayo, bergeraklah dengan …, jangan bermalas-malasan!
4. Rudi … sepedanya supaya berhenti.
5. … dipakai untuk melindungi kepala.
6. Jika … menyala merah, berarti kendaraan harus berhenti
> SENI TARI
Unsur Pendukung Tari
Unsur pendukung tari adalah hal-hal yang berperan memperkuat ekspresi jiwa, penekanan kualitas, dan pesan dari gerak tari yang dibawakan. Unsur pendukung tari yang dimaksudkan ada tata rias, tata busana, musik, pola lantai, dan properti. Unsur pendukung tari sangat penting dalam sebuah pergelaran tari, karena secara visual, hal pertama yang dilihat penonton adalah penampilan si penari.
Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Peserta didik sudah dapat menerima pembelajaran dengan baik, dan dapat mengerjakan submatif harian 2 matematika. Berikut pembahasan soal submatif harian 2 matematika :
Dokumentasi :
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar