Langsung ke konten utama

KELAS 4B : (IPAS, MATEMATIKA, B.INDONESIA), RABU/13 SEPTEMBER 2023

                                                                   


Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : RABU, 13 SEPTEMBER 2023

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

> MATEMATIKA  : Geometri
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

>B.INDONESIA : Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam. 

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> IPAS :
1. Peserta didik dapat membedakan karakteristik wujud zat padat, cair dan gas.

> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat memikirkan tentang cara mengukur beragam sudut yang dapat dilakukan dengan menggabungkan penggaris segitiga.

> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan berdiskusi memilih kendaraan, peserta didik dapat mempresentasikan topik dengan antusias dan intonasi yang menarik.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :

> IPAS
1. Peserta didik membedakan karakteristik wujud zat padat, cair dan gas. 

> MATEMATIKA
1. Peserta didik memikirkan tentang cara mengukur beragam sudut yang dapat dilakukan dengan menggabungkan penggaris segitiga.
2. Peserta didik memperdalam pemahaman peserta didik tentang apa yang telah dipelajari.

> BAHASA INDONESIA
1. Peserta didik menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri dalam mempresentasikan sebuah topik yang diminati dengan memperhatikan intonasi untuk menarik minat pendengar.

MATERI :

> IPAS
Karakteristik Wujud Zat


Karakteristik wujud zat padat, cair, dan gas adalah sebagai berikut :
1. Zat padat memiliki susunan partikel yang sangat rapat dan tidak teratur. Gaya tarik menarik antar partikel sangat lemah. Pergerakan antar partikel sangat terbatas. Bentuknya selalu tetap dan disesuaikan dengan bentuk wadahnya. Mempunyai volume yang tetap.

2. Zat cair memiliki volume tertentu dan bentuk yang bisa berubah-ubah menyesuaikan tempat. Jarak antar partikel di dalamnya lebih renggang daripada zat padat. Partikel-partikel tersebut masih saling berdekatan dan tidak dapat bergerak bebas.

3. Zat gas memiliki susunan partikel yang sangat renggang dan tidak teratur. Gaya tarik menarik antar partikel sangat lemah. Pergerakan antar partikel sangat bebas. Bentuknya selalu berubah-ubah, disesuaikan dengan bentuk wadahnya. Mempunyai bentuk volume yang selalu berubah dan juga tidak tetap.

Pemanasan dan pendinginan dapat mengakibatkan benda mengalami perubahan wujud.

> MATEMATIKA
Mengukur Sudut
Untuk mengukur beragam sudut yang dapat dilakukan dengan menggabungkan penggaris segitiga, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Tentukan besar sudut yang ingin diukur. Misalnya, ingin mengukur sudut 75°.
Cari sudut-sudut pada penggaris segitiga yang dapat digunakan untuk membentuk sudut tersebut. Misalnya, kalian dapat menggunakan sudut 90° dan sudut 15° pada penggaris segitiga.

2. Tempatkan penggaris segitiga di atas kertas dan gambar garis lurus yang sejajar dengan salah satu sisi penggaris segitiga. Misalnya, kalian dapat menggambar garis lurus sejajar dengan sisi terpanjang penggaris segitiga.

3. Putar penggaris segitiga sehingga salah satu sudut yang kalian pilih berada di ujung garis lurus yang telah digambar. Misalnya, kalian dapat memutar penggaris segitiga sehingga sudut 90° berada di ujung garis lurus.

4. Gambar garis lurus lain yang sejajar dengan sisi penggaris segitiga yang lain. Misalnya, kalian dapat menggambar garis lurus sejajar dengan sisi terpendek penggaris segitiga.

5. Putar penggaris segitiga lagi sehingga sudut lain yang kalian pilih berada di ujung garis lurus yang baru digambar. Misalnya, kalian dapat memutar penggaris segitiga sehingga sudut 15° berada di ujung garis lurus.

6. Gambar garis lurus lain yang sejajar dengan sisi penggaris segitiga yang tersisa. Misalnya, kalian dapat menggambar garis lurus sejajar dengan sisi miring penggaris segitiga.

7. Sudut yang terbentuk oleh dua garis lurus terakhir adalah sudut yang kalian inginkan. Misalnya, sudut yang terbentuk oleh dua garis lurus terakhir adalah sudut 75°.

>B.INDONESIA :

Untuk kegiatan berikut ini, kalian perlu membentuk kelompok yang  terdiri atas 4 sampai 5 orang. Setiap kelompok memilih satu moda transportasi di antara empat yang disediakan. Satu moda transportasi  hanya boleh dipilih oleh satu kelompok.
• Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. 
Misalnya, Kelompok Darat memilih mobil, Kelompok Laut memilih perahu cepat, Kelompok Udara memilih pesawat terbang, dan Kelompok Hewan memilih unta. Tentu saja kalian boleh mengusulkan kendaraan lain di kelompok kalian.
• Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Seberapa cepat kendaraannya itu bisa berjalan? Apa keuntungan menggunakan kendaraan tersebut? Apa kekurangannya? 
• Tuliskan hasil diskusi tersebut! 
• Presentasikan ke depan kelas secara bergiliran!

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...