Langsung ke konten utama

KELAS 4B : (IPAS, MATEMATIKA, B.INDONESIA), RABU/20 SEPTEMBER 2023

                                                                    


Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : RABU, 20 SEPTEMBER 2023

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

> MATEMATIKA  : Geometri
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

>B.INDONESIA : Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam. 

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> IPAS :
1. Peserta didik dapat mendemonstrasi kan proses perubahan wujud zat dan mendeskripsikan energi yang terlibat dalam bentuk diagram sederhana.

> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat menyatakan adegan pembagian ke dalam rumus (kalimat matematika) dan memahami format pembagian bersusun sebagai metode kalkulasi.

> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan memberikan petunjuk cara mencapai suatu tempat, peserta didik dapat menyampaikan petunjuk arah dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> IPAS
1. Peserta didik mendemonstrasi kan proses perubahan wujud zat dan mendeskripsikan energi yang terlibat dalam bentuk diagram sederhana.

> MATEMATIKA
1. Peserta didik menyatakan adegan pembagian ke dalam rumus (kalimat matematika) dan memahami format  pembagian bersusun sebagai metode kalkulasi.

> BAHASA INDONESIA
1. Peserta didik menyampaikan sebuah topik dengan struktur prosedur sederhana untuk beragam konteks dan tujuan.

MATERI :

> IPAS
Perubahan Wujud Zat


Perubahan wujud benda dapat terjadi dalam beberapa cara yang berbeda. Berikut adalah beberapa contoh perubahan wujud benda:
1. Membeku: Membeku adalah proses perubahan wujud benda dari cair menjadi padat yang disebabkan oleh proses pendinginan.

2. Mencair: Mencair adalah proses perubahan wujud benda dari padat menjadi cair yang disebabkan oleh proses pemanasan.

3. Menguap: Menguap adalah peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas yang disebabkan oleh pemanasan.

4. Mengembun: Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi cair yang terjadi ketika uap air di udara mendingin dan berubah menjadi butiran air.

5. Deposisi: Deposisi adalah peristiwa perubahan wujud dari gas langsung menjadi padat tanpa melalui fase cair.

6. Menyublim: Menyublim adalah peristiwa perubahan wujud dari gas langsung menjadi padat tanpa melalui fase cair

> MATEMATIKA
Pembagian Bersusun

Kita ingin membagi 48 permen karamel sama rata terhadap 9 anak. Berapa permen yang akan diterima setiap anak dan berapa sisanya?
Pembagian bisa dilakukan dengan bersusun seperti halnya penjumlahan dan perkalian.

>B.INDONESIA :
Macam-macam Petunjuk Arah
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te