Langsung ke konten utama

KELAS 4B : (SENI TARI, IPAS, PEND.PANCASILA) KAMIS/24 AGUSTUS 2023

                                                                  


Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : KAMIS, 24 AGUSTUS 2023

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> SENI TARI : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.

> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

> PENDIDIKAN PANCASILA : Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan  di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar  tempat tinggal serta melaksanakannya dengan  bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik  mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil  identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota  keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik  melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota  keluarga dan sebagai warga sekolah.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> SENI TARI :
1. Pesertadidik dapat menirukan gerak aktivitas keseharian petani.

> IPAS :
1. Peserta didik dapat mengenali materi dan karakteristiknya.

> PEND. PANCASILA :
1. Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> SENI TARI :
1. Peserta didik menirukan gerak aktivitas keseharian petani.

> IPAS :
1. Peserta didik mengenali materi dan karakteristiknya.

> PEND. PANCASILA :
1. Peserta didik memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya.

MATERI :

> SENI TARI

Simak video tari di bawah dan Sebutkan gerak aktivitas petani apa saja yang ada di dalamnya!


> IPAS
Wujud Zat dan Perubahannya

Pernahkah es yang kalian makan mencair seperti yang dialami Banu? Jika kalian perhatikan, semua benda yang ada di sekeliling kalian mengalami perubahan. Es krim yang semula padat kemudian menjadi cair. Cokelat yang semula padat setelah kalian masukkan ke mulut 
akan meleleh. Apa yang membuat semua itu berubah?
Alam semesta tempat kita tinggal terdiri atas banyak materi. Materi adalah segala sesuatu punya massa dan menempati ruang. Materi ada yang berupa makhluk hidup seperti kita (manusia), hewan-hewan, tumbuhan, jamur dan bakteri. Ada juga yang berupa makhluk 
tak hidup atau yang sering kita sebut dengan benda, seperti buku, papan tulis, awan, langit, tanah dan sebagainya.

Apa itu massa?
Untuk mengetahui apa itu massa, bisa dilakukan dengan percobaan pada timbangan. Pelajari cara berikut dan cobalah sendiri untuk membuktikannya. Ketika di atas timbangan tidak diletakkan apa pun, kedua timbangan akan seimbang. Namun, ketika di salah satu timbangan diletakkan benda seperti kerikil, maka timbangan akan miring ke salah satu bagian. Hal ini menunjukkan bahwa kerikil atau benda yang diletakkan di atas timbangan itu memiliki massa. Seperti pada gambar berikut:

Timbangan akan miring ke arah benda yang lebih berat. Itu artinya benda yang ada di kanan lebih berat dibandingkan benda yang ada di kiri.
Ini menunjukkan bahwa massa batu lebih besar dibandingkan massa kerikil.

>PEND. PANCASILA :

Contoh Sikap Melaksanakan Norma di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat.
Norma adalah sebuah aturan yang harus kita patuhi dalam menjalankan kehidupan. Karena itu norma harus diterapkan di lingkungan kita berada. Banyak orang yang menganggap norma dan peraturan adalah hal yang sama, padahal keduannya berbeda. Norma biasanya lebih mengutamakan dan mengatur tentang hubungan antarmanusia. Sebab manusia memiliki sifat, keinginan, dan kepentingan yang berbeda-beda. Karena itulah norma harus ada untuk mengatur hubungan sesama manusia agar bisa saling membantu dan bekerja sama. Bentuk norma yang berlaku di masyarakat ada empat, yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum.

Contoh Sikap Melaksanakan Norma di Lingkungan Keluarga
1. Menjaga kebersihan rumah.
2. Melaksanakan ibadah sesuai agama yang dianut.
3. Menyiapkan keperluan sekolah sendiri.
4. Selalu berpamitan pada orang tua dan anggota keluarga saat keluar rumah.
5. Izin jika ingin menggunakan barang anggota keluarga.
6. Mengetuk pintu rumah dan mengucapkan salam saat pulang ke rumah.
7. Merapikan kamar tidur sendiri.
8. Saling menjaga antar sesama anggota keluarga.

Contoh Sikap Melaksanakan Norma di Lingkungan Sekolah
1. Datang tepat waktu.
2. Menyapa guru, teman, dan warga sekolah yang lainnya.
3. Menyimak penjelasan guru di kelas.
4. Memakai seragam sekolah sesuai dengan jadwalnya.
5. Tidak mencontek saat mengerjakan tugas atau ujian.
6. Selalu izin saat berhalangan hadir ke sekolah (tidak bolos).
7. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
8. Tidak mengganggu teman.
9. Bersikap rukun antar teman: saling membantu, tidak membeda-bedakan, dan tidak bertengkar.

Contoh Sikap Melaksanakan Norma di Lingkungan Masyarakat
1. Menjaga keamanan lingkungan sekitar.
2. Membiasakan diri untuk tertib.
3. Saling menghormati pada tetangga di sekitar.
4. Bersikap hormat pada orang yang lebih tua.
5. Saling menyayangi dan melindungi antarmasyarakat di lingkungan.
6. Menjaga kebersihan lingkungan.
7. Turut serta dalam kegiatan positif yang diadakan oleh lingkungan sekitar.

Kesimpulan :
Norma adalah sebuah aturan yang harus kita patuhi dalam menjalankan kehidupan. Bentuk norma yang berlaku di masyarakat ada empat, yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum.

Dokumentasi :


Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se