Langsung ke konten utama

KELAS 4B : (PEND. PANCASILA, IPAS, B.INDONESIA, MATEMATIKA, SENI TARI), SELASA/8 AGUSTUS 2023

                                                           

Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SELASA, 8 AGUSTUS 2023

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> PENDIDIKAN PANCASILA : Pancasila
Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

>B.INDONESIA : Menyimak
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio

> MATEMATIKA  : Bilangan
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

> SENI TARI : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> PEND. PANCASILA :
1. Peserta didik dapat memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.

> IPAS :
1. Peserta didik dapat mengaitkan proses fotosintesis dengan makhluk hidup lain.

> B.INDONESIA :
1. Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.

> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat menggunakan pemahaman bilangan cacah besar untuk memecahkan masalah.

>SENI TARI :
1. Peserta didik dapat mengembangkan ide melalui unsur pendukung tari yaitu musik, properti, kostum, tata panggung, tata rias, tata busana

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> PEND. PANCASILA :
1. Peserta didik memahami materi tentang sikap dan perilaku sesuai dengan sila-sila Pancasila.

> IPAS :
1. Peserta didik mengaitkan proses fotosintesis dengan manuisa dan tumbuhan.

>B.INDONESIA :
1. Peserta didik menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan.

> MATEMATIKA :
1. Peserta didik mengkonfirmasi apa yang telah dipelajari.
2. Peserta didik menggunakan pemahaman bilangan cacah besar untuk memecahkan masalah.

> SENI TARI :
1. Peserta didik mengembangkan ide melalui unsur pendukung tari yaitu musik, properti, kostum, tata panggung, tata rias, tata busana.

MATERI :
> PEND. PANCASILA :

Setelah mempelajari proses perumusan Pancasila dan Sikap yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila. Sekarang, coba jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Sebutkan teks Pancasila dengan benar dan berurutan!
2. Sebutkan lembaga-lembaga yang berperan penting dalam pembuatan rumusan 
dasar Negara Indonesia!
3. dr.Radjiman Wedyodiningrat sebagai ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha 
Persiapan Kemerdekaan (BPUPK), dari mulai sidang mengajukan suatu 
masalah sebagai agenda utamanya. Masalah tersebut merupakan hal penting 
dan mendasar dalam suatu negara yang baru terbentuk. Dalam sidang BPUPK 
tersebut, proses perumusan dasar negara Indonesia dimulai. Pada pembicaraan 
rumusan calon dasar negara tersebut tampil dalam sidang antara lain yaitu Mr. 
Muhammad Yamin, Prof. Dr. Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno untuk memaparkan 
gagasannya. Gagasan tersebut kemudian dimusyawarahkan dan disepakati 
hingga akhirnya bernama Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia 
merdeka. 
Berkaitan dengan cerita singkat tersebut, silakan jawab pertanyaan berikut:
a. Apa masalah yang terjadi pada masa persiapan kemerdekaan Indonesia?
b. Menurut kalian, bagaimana penyelesaian masalah tersebut?

> IPAS :
HUBUNGAN FOTOSINTESIS DENGAN MAKHLUK HIDUP LAIN
Semua makhluk hidup di bumi seperti tumbuhan, manusia, dan hewan saling berhubungan satu sama lain. Apa hubungan antara tumbuhan, manusia, dan hewan pada proses fotosintesis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah hubungan antara tumbuhan, manusia, dan hewan pada proses fotosintesis: 
1. Tumbuhan mendapatkan karbon dioksida dari manusia dan hewan 
Hubungan antara tumbuhan, manusia, dan hewan pada fotosintesis terbentuk karena daur ulang nutrisi yang terjadi secara alami di bumi. Salah satu bahan baku proses fotosintesis tumbuhan adalah karbon dioksida. Adapun, salah satu sumber karbon dioksida alami di bumi adalah hembusan napas manusia dan hewan. Manusia dan hewan melakukan respirasi sel untuk mempertahankan fungsi tubuhnya. Dalam respirasi sel, oksigen yang dihirup diubah menjadi karbon dioksida dan akan dilepaskan dari dalam tubuh ke lingkungan.

2. Glukosa hasil fotosintesis digunakan manusia dan tumbuhan 
Fotosintesis menghasilkan produk utama makanan tumbuhan yang disebut sebagai glukosa. Glukosa tidak hanya makanan bagi tumbuhan, melainkan juga bagi manusia dan hewan. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, glukosa yang dihasilkan tumbuhan dari fotosintess menjadi bahan bakar yang menggerakkan semua jenis makhluk hidup.

3. Oksigen hasil fotosintesis digunakan manusia dan tumbuhan
Fotosintesis tumbuhan tidak hanya menghasilkan glukosa, tetapi juga oksigen. Oksigen hasil fotosintesis tumbuhan dikeluarkan melalui stomata ke lingkungan. Oksigen tersebut kemudian dihirup oleh manusia dan hewan. Inilah mengapa kita merasa lebih segar ketika berada dekat dengan banyak tumbuhan karena banyak oksigen di sana.

>B.INDONESIA :

Dengan membaca kata-kata di atas, kalian berlatih membaca kata 
yang menjelaskan letak. 

> MATEMATIKA :

Setelah mempelajari bilangan bulat besar, coba kerjakan latihan di bawah ini untuk menambah pemahaman kalian!

> SENI TARI :
UNSUR-UNSUR PENDUKUNG TARI
Secara garis besar, unsur-unsur tari dapat dikelompokkan menjadi lima aspek, yaitu iringan tari, properti tari, tata rias, dan busana tari, tempat pentas, serta tata lampu dan tata suara.
1.    Iringan (Musik)
Keberadaan musik di dalam tari memiliki tiga aspek dasar yang kaitannya dengan tubuh dan kepribadian manusia yaitu melodi, ritme, dan dramatik. Ketiga aspek tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut: 1). Sumber melodi dapat kita ketahui rangkaian nada-nada, 2). Ritme adalah degupan dari musik yang sering ditandai dengan aksen/tekanan yang diulang-ulang secara teratur, dan 3). Dramatik yaitu suara-suara yang dapat memberikan suasana tertentu.

2.    Properti Tari
Properti merupakan semua peralatan yang digunakan untuk pementasan tari. Properti Tari yang digunakan antara lain selendang, tongkat, keris, payung, piring, panah, pohon-pohonan, dan sebagainya.

3.    Tata Rias dan Busana Tari Kreasi
Busana dan tata rias pada seni tari adalah sarana pembantu yang berperan mendukung pertunjukkan tari. Sementara itu, aksesori adalah bagian dari busana.
Tata busana atau pakaian adalah segala sesuatu yang dikenakan atau melekat dengan seorang penari.

4.    Tempat Pentas
Di Indonesia, kita dapat mengenal bentuk-bentuk tempat pertunjukkan (pentas),seperti lapangan terbuka atau arena terbuka, di pendapa dan bentuk panggung proscenium.

5.    Tata lampu dan Tata Suara
Sarana dan prasarana yang ideal bagi sebuah pertunjukkan tari adalah jika gedung pertunjukkan telah dilengkapi dengan peralatan yang menunjang penyelenggaraan pertunjukkan, khususnya tata lampu (lighting) dan tata suara (sound system). Tata lampu dan tata suara sebagai unsur pelengkap sajian tari yang berfungsi untuk kesuksesan pergelaran.

Kesimpulan :
IPAS :
Hubungan antara tumbuhan, manusia, dan hewan pada proses fotosintesis: 
1. Tumbuhan mendapatkan karbon dioksida dari manusia dan hewan 
2. Glukosa hasil fotosintesis digunakan manusia dan tumbuhan 
3. Oksigen hasil fotosintesis digunakan manusia dan tumbuhan

Pendidikan Pancasila :
lembaga-lembaga yang berperan penting dalam pembuatan rumusan dasar Negara Indonesia adalah BPUPKI, panitia sembilan, dan PPKI. 

Seni Tari :
Unsur-unsur tari dapat dikelompokkan menjadi lima aspek, yaitu iringan tari, properti tari, tata rias, dan busana tari, tempat pentas, serta tata lampu dan tata suara.

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^ 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...