Langsung ke konten utama

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/28 AGUSTUS 2023

                                                                  


Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SENIN, 28 AGUSTUS 2023

PENGUATAN PROYEK  PROFIL PELAJAR PANCASILA


TEMA P5 : KEWIRAUSAHAAN

TUJUAN P5 :
Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan  mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.

TARGET P5 :
Proyek ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Bernalar Kritis dan Gotong Royong.

DIMENSI P5 :
1. Bernalar Kritis
2. Gotong Royong

SOSIALISASI PROYEK :

Pisang merupakan buah unggulan provinsi Lampung, bahkan tidak jarang masyarakat Lampung menjuluki sebagai icon kelurahan tersebut. Tetapi sangat disayangkan Keripik Pisang hanya banyak dinikmati dalam bentuk buah saja. Sebenarnya sudah ada beberapa home industry di provinsi Lampung yang mengolah Pisang menjadi beberapa olahan makanan. Diantaranya ada bolu pisang, sale pisang, keripik pisang, dan masih banyak lagi.

Selain itu produk olahan Pisang dapat kita temui di sekitar jalan Pagar Alam, Kedaton ataupun pusat oleh-oleh. Kita sebagai warga yang tinggal di daerah yang memiliki potensi ini  seyogyanya membantu mengenalkan produk olahan Keripik Pisang ke masyarakat luas. Dengan praktik membuat produk olahan Keripik Pisang secara tidak langsung mengenalkan kepada peserta didik bahwa kita dapat menciptakan peluang usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar kita. 

SIMAK VIDEO KEGIATAN PETANI PISANG DI BAWAH INI!


Jawablah pertanyaan dibawah ini:
1. Berikan 1 pendapat kalian, terkait dengan video yang sudah kalian lihat?
2. Apakah kegiatan tersebut banyak kalian lihat di daerah sekitar sekolah dan tempat tinggal kalian?
3. Jika iya, silahkan kalian gambarkan ilustrasi yang menarik berdasarkan tempat tersebut!

Kesimpulan :
Cara agar dapat mengetahui potensi yang bisa dikembangkan dari lingkungan sekitar yaitu salah satunya dapat berkeliling di sekitar tempat tinggal. Mensurvei dan mencatat semua usaha yang sudah ada dan berapa banyak orang yang sudah menjalankan usaha tersebut. Setelah itu, akan diketahuilah usaha apa yang sekiranya banyak diminati dan yang kurang mendapat respon masyarakat sekitar.

Di provinsi Lampung memiliki sederet kuliner khas yang menggugah selera. Satu contohnya, kuliner terbuat dari bahan utama yang sama tapi cita rasa berbeda adalah pisang. Berlimpahnya buah ini di provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwai Jurai ini membuatnya menjadi ikon Lampung dan sudah diolah menjadi berbagai macam kuliner. Berikut lima olahan pisang dengan masing-masing rasa khas, yang bisa menjadi oleh oleh khas Lampung yaitu pie pisang, kripik pisang, banana pillow, bolu pisang, dan gaduguh.

Dokumentasi :


Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te