Langsung ke konten utama

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), RABU/30 AGUSTUS 2023

                                                                    


Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : RABU, 30 AGUSTUS 2023

PENGUATAN PROYEK  PROFIL PELAJAR PANCASILA


TEMA P5 : KEWIRAUSAHAAN

TUJUAN P5 :
Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan  mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.

TARGET P5 :
Proyek ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Bernalar Kritis dan Gotong Royong.

DIMENSI P5 :
1. Bernalar Kritis
2. Gotong Royong

MENGGALI INFORMASI AWAL TENTANG KERIPIK PISANG :

Simak video olahan pisang berikut!

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna berukuran besar dengan daun memanjang dan besar yang tumbuh langsung dari bagian tangkai. Batang pisang bersifat lunak karena terbentuk dari lapisan pelepah yang lunak dan panjang. Batang yang agak keras berada di bagian permukaan tanah. Pisang memiliki daun bertangkai yang berpencar dengan bagian batang yang meruncing. Ukuran daun pada tiap spesies pisang juga berbeda-beda. Tangkai pisang menghasilkan bunga dalam jumlah yang banyak. Bagian bunga pada pisang akan membentuk buah yang disebut sisir. Buah pisang berkelompok dalam satu bunga majemuk dengan ukuran yang makin ke bawah makin mengecil.

Dalam taksonomi, pisang termasuk dalam genus Musa dan famili Musaceae. Beragam spesies pisang tersebar di kawasan Malesia. Spesies pisang yang paling banyak dibudidayakan di dunia adalah pisang hutan. Jenis pisang hutan dapat tumbuh di hutan, bukit maupun di dataran rendah. Selain itu, pisang juga dapat ditanam bersama dengan tanaman lain seperti jagung dan ketela pohon.

Pisang dapat dipanen kapan saja, karena pertumbuhannya yang sesuai dengan segala jenis musim. Kematian pohon pisang hanya terjadi ketika berbuah hanya sekali semasa hidupnya. Buah pisang dapat langsung dimakan atau dimasak terlebih dahulu. Nutrisi di dalam pisang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan dapat pula dibuat sebagai obat tradisional.

Pada awalnya, pisang merupakan tumbuhan asli yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, kemudian menyebar ke seluruh wilayah dunia. Dari arah barat, pisang menyebar mulai dari Samudra Atlantik menuju ke Pulau Madagaskar lalu ke Benua Afrika dan menuju ke Amerika Latin dan Amerika Tengah. Sementara itu, pisang yang menyebar dari arah timur melalui Samudra Pasifik menuju ke Hawaii.

Di berbagai daerah dan mancanegara, pisang memiliki nama-nama khas tersendiri, beberapa diantaranya: gadang atau gedhang (Jawa), biyu (Bali), puntiq (Sasak), cau atau cawu (Sunda), punti (Lampung), unti (Makassar), koyo (Ternate), kula (Banda), uri (Ambon), tema (Seram), dan ounche (Madagaskar).

PERTANYAAN :
KELOMPOK 1
Jelaskan sejarah dan cara membudidaya pohon pisang!

KELOMPOK 2
Jelaskan siklus hidup pohon pisang dan bagian-bagian pohon pisang serta manfaat setiap bagian pohon pisang!

KELOMPOK 3
Sebutkan macam-macaam manfaat buah pisang dan khasiat buah pisang!

KELOMPOK 4
Sebutkan macam-macam olahan pisang dan asal daerah olahan pisang tersebut!

Kesimpulan :
Alhamdulillah peserta didik dapat saling bekerja sama dalam kelompok untuk membuat mading (majalah dinding). Peserta didik juga saling bertukar informasi dengan kelompok lain dalam pembuatan mading.

Dokumentasi :

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te