Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : RABU, 9 AGUSTUS 2023
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
> MATEMATIKA : Bilangan
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
>B.INDONESIA : Menyimak
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio
TUJUAN PEMBELAJARAN :
> IPAS :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan fungsinya.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat menemukan aturan pembagian dari cara pembagian yang "bilangan yang dibagi"-nya sama besar dan "bilangan pembagi"-nya sama besar.
> B.INDONESIA :
1. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat menyampaikan pendapat dengan aktif.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> IPAS :
1. Peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan fungsinya
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik menemukan aturan pembagian dari cara pembagian yang "bilangan yang dibagi"-nya sama besar.
2. Peserta didik menentukan aturan pembagian dari cara pembagian yang "bilangan pembagi"-nya sama besar.
>B.INDONESIA :
1. Peserta didik berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan menanggapi pernyataan teman diskusi dan menyampaikan pendapat menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik bahasan diskusi.
MATERI :
> IPAS :
Perkembangbiakan Tumbuhan
Perkembangbiakan adalah kemampuan makhluk hidup memperbanyak diri dengan menghasilkan keturunan baru.
Makhluk hidup berkembang biak untuk mempertahankan kelestariannya.
Perkembangbiakan generatif melibatkan induk jantan dan induk betina.
Perkembangbiakan vegetatif tanpa melibatkan induk jantan dan induk betina.
1. Perkembangbiakan Secara Generatif
a. Bunga lengkap
Memiliki semua bagian bunga.
Contoh: bunga kembang sepatu.
Tidak memiliki salah satu bagian bunga.
Contoh: bunga burung surga tidak memiliki kelopak.
>B.INDONESIA :
Kata-kata Baru
Baca kembali cerita “Kepala Suku Len”. Kata-kata yang disorot kuning mungkin baru.
• Pasangkan kata dengan arti yang sesuai dan tepat. Buatlah garis lurus untuk menghubungkannya. Mulailah dengan kata yang paling mudah.
• Tambahkan kata-kata baru tersebut ke dalam Kartu Kamus kalian.
2. Kata Bermakna Ganda
Coba perhatikan dua kalimat berikut ini.
1. Kalau tidak memakai kacamata, semua tampak kabur bagi Ruli.
2. Begitu Tigor menyalakan keran, Molen segera kabur masuk rumah.
Samakah arti kata /kabur/ pada kedua kalimat di atas?
Perhatikan bagan berikut ini, lalu baca kembali kedua kalimat di atas.
Mana arti yang lebih cocok untuk kalimat pertama dan mana arti yang lebih cocok untuk kalimat kedua?
Pembahasan PH 1 B. Indonesia :
1. D 6. A
2. B 7. A
3. A 8. C
4. C 9. C
5. B 10. B
Isian.
1. Kegemaran/kesenangan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang.
2. KBBI
3. Kamus
4. 1-3-2-5-4-6
5. Paragraf isi
6. Semarang, 23 Agustus 2020
7. Salam pembuka/paragraf pembuka
8. Paragraf penutup
9. Muhammad Taufik
10. Nomor 1
Dokumentasi Kegiatan PH 1 Bahasa Indonesia :
Kesimpulan :
IPAS:
Perkembangbiakan tumbuhan dibagi 2 yaitu perkembang biakan generatif dan vegetatif.
Perkembangbiakan generatif melibatkan induk jantan dan induk betina.
Perkembangbiakan vegetatif tanpa melibatkan induk jantan dan induk betina.
Matematika :
Dalam pembagian, jawabannya (hasil bagi) akan sama jika bilangan yang dibagi dan pembaginya dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama.
B.Indonesia :
Homonim adalah kata yang sama lafal dan ejaannya tetapi berbeda maknanya.
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar