Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SENIN, 7 AGUSTUS 2023
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
>B.INDONESIA : Menulis
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
> MATEMATIKA : Bilangan
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
> B.INDONESIA :
1. Melalui kegiatan menulis surat, peserta didik dapat menggunakan tanda baca, kosakata baru, dan kalimat transitif dan intransitif dengan tepat
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat mengetahui istilah dan arti dari "jumlah", "selisih", "hasil kali", dan "hasil bagi".
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
>B.INDONESIA :
1. Peserta didik menuliskan kalimat dengan struktur SPOK menggunakan tanda baca yang tepat dan kosakata yang sesuai.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik memikirkan tentang cara menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan besar dalam satuan jutaan, miliar, dan triliun.
2. Peserta didik mengetahui istilah dan arti dari "jumlah", "selisih", "hasil kali", dan "hasil bagi"
MATERI :
>B.INDONESIA :
Kesukaan orang berbeda-beda. Ada yang suka bermain kelereng, ada yang suka memelihara kucing. Ada yang suka sekali makan durian, ada yang sama sekali tidak mau mencicipi durian. Bagaimana dengan sepupu atau teman kalian, apakah kesukaan atau ketidaksukaan mereka? Untuk mengetahuinya, tanyakanlah lewat surat. Tentu saja kalian ceritakan dahulu sesuatu yang kalian sukai dan sesuatu yang kalian tidak sukai. Kalian juga boleh menceritakan tentang apa yang membuat kalian takut. Tuliskan surat tersebut di buku kalian.
> MATEMATIKA :
Dokumentasi Kegiatan :
Pembahasan Post Test :
Ayo, hitung jumlah dan selisih pada soal berikut ini.
1. Jumlah 1700 juta dan 2900 juta
1.700.000.000 + 2.900.000.000 = 4.600.000.000
2. 2 juta dan 350 ribu + 5 juta dan 150 ribu
2.350.000 + 5.150.000 = 7.500.000
3. Selisih dari 23 triliun dan 8 triliun
23.000.000.000.000 - 8.000.000.000.000 = 15.000.000.000.000
4. 80 miliar dan 700 juta − 69 miliar dan 200 juta
80.700.000.000 - 69.200.000.000 = 11.500.000.000
Kesimpulan :
Matematika :
Hasil untuk penjumlahan disebut jumlah, dan hasil untuk pengurangan disebut selisih.
Jumlah : menjumlahkan atau menggabungkan/menyatukan
Selisih : pengurangan.
Unsur-unsur dalam surat adalah:
1. Tempat dan tanggal surat
2. Alamat yang dituju
3. Salam pembuka
4. Isi surat
5. Salam penutup
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar