Langsung ke konten utama

KELAS 4B : (MATEMATIKA, PEND. PANCASILA), JUMAT/28 JULI 2023

                                                     

Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : JUMAT, 28 JULI 2023

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> MATEMATIKA                     : BILANGAN
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

> PENDIDIKAN PANCASILA : PANCASILA
Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat membaca bilangan sampai nilai tempat triliun dengan benar,  memanfaatkan kelebihan dari pemisahan 3 digit angka

> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi nilai-nilai pada pancasila.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik membaca bilangan sampai nilai tempat triliun dengan benar,  memanfaatkan kelebihan dari pemisahan 3 digit angka

> PENDIDIKAN PANCASILA :
1. Peserta didik menjelaskan proses perumusan pancasila.
2. Peserta didik mengidentifikasi nilai-nilai pada pancasila.

MATERI :
> MATEMATIKA
Perhatikan penjelasan dibawah ini!
jadi, angka 4 berada di nilai tempat ratusan miliar, sedangkan angka 9 berada di nilai tempat triliunan.
Bilangan diatas dapat dibaca " sembilan triliun empat ratus enam puluh miliar kilometer"

Sekarang, ayo baca jarak dari bumi ke matahari berikut!

>PENDIDIKAN PANCASILA
Gagasan perumusan pancasila yang disampaikan pada sidang BPUPKI diolah oleh panitia sembilan. Berikut ini adalah anggota panitia sembilan :

Rancangan dasar negara tersebut diterima, lalu dimatangkan oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada 18 Agustus 1945. Bunyi rancangan nomor 1 diubah menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa“. Dasar negara tersebut kemudian disebut Pancasila.

Nilai-Nilai pada Pancasila dan Penerapannya
Pancasila 

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


Pembahasan Soal Post Test Matematika :
1. Tuliskan nilai 6 triliun ! (6.000.000.000.000)
2. Tuliskan nilai 27 triliun ! (27.000.000.000.000)
3. 27 triliun ..... kumpulan 100 miliar (27.000.000.000.000/100.000.000.000 = 270)
4. 27 triliun ..... kumpulan 10 juta (27.000.000.000.000/10.000.000 = 2.700.000)
5. Tuliskan nama bilangan 1.080.000.000.000 ! (Satu triliun delapan puluh miliar)
6. Angka 1 pada bilangan di atas memiliki nilai tempat .... (Triliunan)
7. Angka 8 pada bilangan di atas memiliki nilai tempat .... (Puluh miliaran)
8. Tuliskan 20 kumpulan dari 1 triliun ! (20 x 1 triliun = 20.000.000.000)
9. Tuliskan 10 kali 6 miliar ! (10 x 6 miliar = 60.000.000.000)
10. 1/10 dari 100 ribu adalah .... (1/10 x 100.000 = 10.000)

Kesimpulan :
Matematika
Cara membaca bilangan dapat dibantu oleh pemisah setiap 3 digit angka di bawah ini !
1.000 = seribu
1.000.000 = satu juta
1.000.000.000 = satu miliar
1.000.000.000.000 = satu triliun
 Untuk dapat lebih jelasnya dapat dilihat pada catatan ibu guru dibawah ya...


Pendidikan Pancasila
Panitia sembilan membentuk piagam jakarta pada tanggal 22 Juni 1945.
Rumusan Dasar Negara yang terdapat dalam Piagam Jakarta yaitu: 
1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya. 
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab. 
3. Persatuan Indonesia. 
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. 
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^ 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te