Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SENIN, 31 JULI 2023
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> B. INDONESIA : MEMBACA DAN MEMIRSA
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata- kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
> MATEMATIKA : BILANGAN
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.
> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat memahami mekanisme bilangan besar dengan mempertimbangkan ukuran relatif bilangan.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> B. INDONESIA :
1. Peserta didik membaca dan mengucapkan kata-kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.
MATEMATIKA :
1. Peserta didik mengetahui bahwa bilangan bulat dapat diwakili oleh 10 angka dari 0 sampai 9.
2. Peserta didik melihat komposisi bilangan besar.
3. Peserta didik memahami mekanisme bilangan besar dengan mempertimbangkan ukuran relatif bilangan.
MATERI :
> B. INDONESIA
Ayo berlatihlah membaca dengan membaca cerita di bawah ini!
Kalian dapat menentukan nilai tempat bilangan dengan menggunakan tabel seperti dibawah ini untuk memudahkan membacanya.
Pembahasan Post Test :
1. 2juta + 500ribu = 2.000.000 + 500.000 = 2.500.000
2. 3.850.000 adalah .... kumpulan 10.000, .... kumpulan 100.000, .... kumpulan 1.000.000.
50.000/10.000 = 5, jadi 5 kumpulan 10.000
800.000/100.000 = 8, jadi 8 kumpulan 100.000
3.000.000/1.000.000 = 3, jadi 3 kumpulan 1.000.000
PR matematika : Buku Cetak Warna Putih Hal. 15 (nomor 2 dan 3)
Dikumpulkan Selasa, 1 Agustus 2023
Kesimpulan Pembelajaran Hari ini:
Untuk setiap nilai tempat dalam suatu bilangan bulat, nilai yang berada di sebelah kiri adalah 10 kali lebih besar dari nilai yang berada di sebelah kanan. Setiap angka 0 sampai 9 dapat digunakan di setiap tempat.
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar