Langsung ke konten utama

KELAS 4B : (B.INDONESIA, MATEMATIKA), SENIN/31 JULI 2023

                                                      

Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SENIN, 31 JULI 2023

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> B. INDONESIA : MEMBACA DAN MEMIRSA
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau  elektronik. Peserta didik mampu membaca kata- kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah  dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

> MATEMATIKA  : BILANGAN
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.

> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat memahami mekanisme bilangan besar dengan mempertimbangkan  ukuran relatif bilangan.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> B. INDONESIA :
1. Peserta didik membaca dan mengucapkan kata-kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.

MATEMATIKA :
1. Peserta didik mengetahui bahwa bilangan bulat dapat diwakili oleh 10 angka dari 0 sampai 9.
2. Peserta didik melihat komposisi bilangan besar.
3. Peserta didik memahami mekanisme bilangan besar dengan mempertimbangkan  ukuran relatif bilangan.


MATERI :
> B. INDONESIA
Ayo berlatihlah membaca dengan membaca cerita di bawah ini!
Dengan membaca cerita di atas ibu guru harap kalian dapat berlatih mengucapkan kata-kata panjang ^^

> MATEMATIKA
Perhatikan penjelasan di bawah ini !
Perhatikan bilangan dibawah ini !
30.980.000.000.000
Kalian dapat menentukan nilai tempat bilangan dengan menggunakan tabel seperti dibawah ini untuk memudahkan membacanya.
Pembahasan Post Test :
1. 2juta + 500ribu = 2.000.000 + 500.000 = 2.500.000
2. 3.850.000 adalah .... kumpulan 10.000, .... kumpulan 100.000, .... kumpulan 1.000.000.
50.000/10.000 = 5, jadi 5 kumpulan 10.000
800.000/100.000 = 8, jadi 8 kumpulan 100.000
3.000.000/1.000.000 = 3, jadi 3 kumpulan 1.000.000

PR matematika : Buku Cetak Warna Putih Hal. 15 (nomor 2 dan 3)
Dikumpulkan Selasa, 1 Agustus 2023


Kesimpulan Pembelajaran Hari ini:
Untuk setiap nilai tempat dalam suatu bilangan bulat, nilai yang berada di sebelah kiri adalah 10 kali lebih besar dari nilai yang berada di sebelah kanan. Setiap angka 0 sampai 9 dapat digunakan di setiap tempat.


Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^ 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se