Langsung ke konten utama

KELAS 4B : (B.INDONESIA, MATEMATIKA), SENIN/31 JULI 2023

                                                      

Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
HARI/TANGGAL : SENIN, 31 JULI 2023

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> B. INDONESIA : MEMBACA DAN MEMIRSA
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau  elektronik. Peserta didik mampu membaca kata- kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah  dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

> MATEMATIKA  : BILANGAN
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.

> MATEMATIKA :
1. Peserta didik dapat memahami mekanisme bilangan besar dengan mempertimbangkan  ukuran relatif bilangan.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> B. INDONESIA :
1. Peserta didik membaca dan mengucapkan kata-kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.

MATEMATIKA :
1. Peserta didik mengetahui bahwa bilangan bulat dapat diwakili oleh 10 angka dari 0 sampai 9.
2. Peserta didik melihat komposisi bilangan besar.
3. Peserta didik memahami mekanisme bilangan besar dengan mempertimbangkan  ukuran relatif bilangan.


MATERI :
> B. INDONESIA
Ayo berlatihlah membaca dengan membaca cerita di bawah ini!
Dengan membaca cerita di atas ibu guru harap kalian dapat berlatih mengucapkan kata-kata panjang ^^

> MATEMATIKA
Perhatikan penjelasan di bawah ini !
Perhatikan bilangan dibawah ini !
30.980.000.000.000
Kalian dapat menentukan nilai tempat bilangan dengan menggunakan tabel seperti dibawah ini untuk memudahkan membacanya.
Pembahasan Post Test :
1. 2juta + 500ribu = 2.000.000 + 500.000 = 2.500.000
2. 3.850.000 adalah .... kumpulan 10.000, .... kumpulan 100.000, .... kumpulan 1.000.000.
50.000/10.000 = 5, jadi 5 kumpulan 10.000
800.000/100.000 = 8, jadi 8 kumpulan 100.000
3.000.000/1.000.000 = 3, jadi 3 kumpulan 1.000.000

PR matematika : Buku Cetak Warna Putih Hal. 15 (nomor 2 dan 3)
Dikumpulkan Selasa, 1 Agustus 2023


Kesimpulan Pembelajaran Hari ini:
Untuk setiap nilai tempat dalam suatu bilangan bulat, nilai yang berada di sebelah kiri adalah 10 kali lebih besar dari nilai yang berada di sebelah kanan. Setiap angka 0 sampai 9 dapat digunakan di setiap tempat.


Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^ 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...

MATEMATIKA (VOLUME KERUCUT) & TEMA 7 SUB TEMA 3 PB 5-6, Senin/31 Januari 2022

      MUATAN MATEMATIKA & TEMATIK VI. C GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ ABSENSI HARIAN     MUATAN MATEMATIKA Tujuan pembelajaran hari ini adalah :  1. Menghitung volume bangun kerucut Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas menganai Luas Permukaan Kerucut.  Dalam pertemuan ini, kita akan melanjutkan materi tersebut, yakni mengenai Volume Kerucut. Masih ingatkah kalian, apakah itu VOLUME?  (tentunya kalian pasti tau ya Nak 😊) Silakan simak materi berikut ini terkait Volume Kerucut 👇🏻😊  VOLUME KERUCUT Simaklah video berikut terkait volume kerucut! Dari video penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa: Contoh Soal 1: Suatu kerucut memiliki jari-jari sepanjang 1...