Langsung ke konten utama

KELAS 4B : TEMA 9 SUBTEMA 1 PB 1, RABU/8 MARET 2023

                                          

MUATAN TEMATIK IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik mampu menjelaskan pembangkit listrik tenaga air
- Peserta didik mampu menjelaskan fungsi SDA bagi lingkungan sekitar
- Peserta didik mampu menggali informasi melalui wawancara

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 9 subtema 1 pembelajaran 1.^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)

>IPA (KD 3.5 dan 4.5)

Menjelaskan Pembangkit Listrik Tenaga Air


Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Energi tidak dapat diciptakan atau tidak dapat dimusnahkan. 
Energi berasal dari sumber energi.. 
Bahan bakar semakin menipis sehingga dibutuhkan sumber energi alternatif. 

Perhatikan skema pemanfaatan energi air berikut!

>IPS (KD 3.1 dan 4.1)

Menjelaskan Fungsi Sumber Daya Alam bagi Lingkungan Sekitar

Sumber daya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. 
SDA dikelompokkan menjadi dua, yaitu berdasarkan lokasi sumbernya dan sifatnya. 
> Menurut lokasinya, SDA dikelompokkan menjadi dua, yaitu SDA darat dan SDA perairan. 
> Menurut sifatnya, SDA dikelompokkan menjadi SDA yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui.

>B. INDONESIA (KD 3.3 dan 4.3)

Menggali Informasi melalui Wawancara


Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara penanya dan pemberi informasi (narasumber). 
Ada beberapa langkah dalam melakukan wawancara:
1. fokus kepada hal yang ingin ditanyakan,
2. membuat daftar pertanyaan,
3. menentukan narasumber,
4. melakukan wawancara,
5. mencatat hal-hal penting seputar jawaban, dan
6. membuat kesimpulan hasil wawancara.

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...

MATEMATIKA (VOLUME KERUCUT) & TEMA 7 SUB TEMA 3 PB 5-6, Senin/31 Januari 2022

      MUATAN MATEMATIKA & TEMATIK VI. C GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ ABSENSI HARIAN     MUATAN MATEMATIKA Tujuan pembelajaran hari ini adalah :  1. Menghitung volume bangun kerucut Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas menganai Luas Permukaan Kerucut.  Dalam pertemuan ini, kita akan melanjutkan materi tersebut, yakni mengenai Volume Kerucut. Masih ingatkah kalian, apakah itu VOLUME?  (tentunya kalian pasti tau ya Nak 😊) Silakan simak materi berikut ini terkait Volume Kerucut 👇🏻😊  VOLUME KERUCUT Simaklah video berikut terkait volume kerucut! Dari video penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa: Contoh Soal 1: Suatu kerucut memiliki jari-jari sepanjang 1...