Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu menjelaskan peran tokoh dalam teks fiksi
- Peserta didik mampu menjelaskan corak kegiatan ekonomi lingkungan sekitar
- Peserta didik mampu menjelaskan sikap toleransi keberagaman
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 8 subtema 3 pembelajaran 4.^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
>B. INDONESIA (KD 3.9 dan 4.9)
Menjelaskan Peran Tokoh dalam Teks Fiksi
Ayo, ingat kembali peran tokoh dalam suatu teks fiksi. Ada tokoh yang berperan sebagai tokoh protagonis, tokoh antagonis, ataupun tokoh tambahan. Ketiganya dapat dibedakan dari kemunculannya pada alur dan konflik dalam cerita.
Perhatikan cuplikan cerita teks fiksi berikut!
>IPS (KD 3.3 dan 4.3)
Menjelaskan Corak Kegiatan Ekonomi Lingkungan Sekitar
Manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.
Setiap kegiatan ekonomi memunculkan beragam mata pencaharian. Mata pencaharian disesuaikan dengan corak kehidupan masyarakat sekitarnya.
Masyarakat di sekitar tempat wisata memiliki corak kegiatan ekonomi produksi dan distribusi.
.
>PPKn (KD 3.3 dan 4.3)
Menjelaskan Sikap Toleransi dalam Keragaman
Toleransi merupakan sikap saling menghargai antarsesama. Dengan toleransi, kerukunan dapat terwujud. Toleransi dapat diwujudkan melalui tindakan-tindakan sebagai berikut.
1. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
2. Menghargai dan menghormati pekerjaan orang lain.
3. Saling membantu antarsesama.
4. Senantiasa membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan.
5. Bekerja sama dengan orang lain tanpa membedakan ras, agama, dan budaya.
6. Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Assalamualaikum,Bu
BalasHapusFa'iq arkan addzaky..
Terimakasih untuk materi hari ini,Bu 🙏
Assalamualaikum
BalasHapusZhavira Aska Shaliha
Zhivara Aska Shaliha
Terimakasih materi hari ini Bu guru🙏