KISI-KISI KELAS 4
TEMA 7 : INDAHNYA
KEBERSAMAAN DI NEGERIKU
KELAS 4
SEMESTER 2
TEMA :
7. Indahnya Kebersamaan di Negeriku
SUBTEMA : 1. Keanekaragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
2. Indahnya Keragaman Budaya Negeriku
3. Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku
KD |
Materi |
Indikator |
Indikator soal |
Level Kognitif |
No Soal |
Bentuk soal |
Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.7 Menggali pengetauan baru
yang terdapat pada teks. |
Pengetahuan baru yang terdapat pada teks |
3.7.1 Mengidentifikasi
pengetahuan baru yang terdapat pada teks dengan tepat |
Disajikan cerita pendek,siswa dapat mengetahui arti kata sulit pada teks bacaan |
C 1 |
8 |
PG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan cerita pendek,siswa dapat mengetahui arti kata sulit pada teks bacaan |
C 4 |
9 |
PG |
3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks |
Pengetahuan baru yang terdapat
pada teks |
3.7.1Mengidentifikasi
pengetahuan baru yang terdapat pada teks dengan tepat |
Disajikan cerita pendek,siswa dapat mengidentifikasi gagasan
pokok pada cerita
pendek tersebut |
C1 |
10 |
PG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan dalam bentuk
pernyataan ,siswa dapat dapat
mengetahui arti kata sulit.
Disajikan cerita pendek,siswa dapat mengidentifikasi gagasan
pokok pada cerita
pendek tersebut
Disajikan dalam bentuk pernyataan ,siswa dapat
dapat mengidentifikasi penjelasan mengenai teks nonfiksi
Disajikan dalam bentuk pernyataan ,siswa dapat dapat
mengidentifikasi langah
dalam menetukan pokok pikiran pada teks
Disajikan dalam bentuk pernyataan ,siswa dapat menyebutkan penjelasan yang terkait
mengenai ide pokok paada suatu teks bacaan
Disajikan dalam bentuk pernyataan ,siswa dapat menjelaskan mengenai peta pikiran
Disajikan cerita pendek,siswa dapat menguraikan gagasan
pokok pada cerita
pendek tersebut
|
C2
C1
C1
C1
C1
C2
C4 |
11
12
13
14
3
4
2 |
PG
PG
PG
PG
Isiian
Isiian
Essay |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial ,ekonomi, budaya, etnis dan
agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa |
Keragaman social ekonomi, budaya, etnis dan agama |
3.2.1 Mengetahui dan memahami
keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis,
dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia serta hubunganya dengan karakteristik ruang dengan tepat |
Di sajikan dalam bentuk pernyataan siswa mampu mengidentifikasi
bidang kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh pak dani |
C1
|
22 |
PG |
Indonesia serta hubungannya
dengan karakteristik ruang |
|
|
Di sajikan dalam bentuk pernyataan siswa mampu
mengidentifikasi bidang kegiatan ekonomi yang berupa kegiatan transportasi |
C1 |
23 |
PG |
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial ,ekonomi, budaya, etnis dan
agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta
hubungannya dengan karakteristik ruang
|
Keragaman social ekonomi, budaya,
etnis dan agama |
3.2.1 Mengetahui
dan
memahami keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis,
dan agama di provinsi
setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia serta
hubunganya dengan
karakteristik ruang dengan tepat |
Di sajikan gambar siswa dapat mengetahui
rumah adat suatu daerah.
Di sajikan dalam bentuk pernyataan siswa mampu mengidentifikasi jenis
pakaian adat yang ada di Indonesia
Di sajikan dalam bentuk pernyataan siswa mampu mengidentifikasi
keragaman adat dan budaya dan suku bangsa
Di sajikan dalam bentuk penyataan siswa dapat mengetahui rumah adat suatu
daerah.
Di sajikan dalam bentuk pernyataan siswa mampu mengidentifikasi jenis
pakaian adat yang ada di Indonesia
Di sajikan dalam bentuk pernyataan siswa mampu mengidentifikasi jenis
kitab suci yang ada di Indonesia
Di sajikan dalam bentuk pernyataan siswa mampu menjelaskan nama pakaian
adat beserta asal dan keunikannya yang ada di Indonesia |
C1
C1
C1
C1
C1
C1
C2 |
24
25
26
28
7
8
4 |
PG
PG
PG
PG
Issian
Issian
Essay |
4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa . memahami pentingnya upaya keseimbangan dan
pelestarian sumber daya alam di lingkungan |
|
4.2.1 Mengidentifikasi
dan menyebutkan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di
provinsi setempat sebgai identitas bangsa serta petingnya upaya keseimbangan
dan pelestarian sumber daya alam di lingkungan dengan benar.
|
Di sajikan dalam bentuk pernyataan siswa mampu menyebutkan jenis hewan
langka yang ada di Indonesia |
C1 |
27 |
PG |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya antara lain
gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gtavitasi dan gaya gesek. |
Macam-macam magnet dan gaya |
3.3.1 Mengetahui dan memahami macam-macam gaya
antara lain gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gtavitasi dan gaya
gesek dengan tepat |
Dalam sajian gambar
siswa dapat menyebutkan
macam-macam jenis magnet
Dalam sajian dalam bentuk penyataan siswa
dapat menyebutkan macam-macam benda yang dapatr ditarik oleh magnet
Dalam sajian dalam bentuk penyataan siswa dapat menyebutkan gaya listrik
Dalam sajian dalam bentuk penyataan siswa
dapat memilih macam-macam contoh gaya listrik
Dalam sajian dalam bentuk penyataan siswa dapat menyebutkan arus listrik
Dalam sajian dalam bentuk penyataan siswa dapat memilih penyataan yang tepat
sesuai dengan issian
Dalam sajian dalam bentuk penyataan siswa dapat menyebutkan contoh adanya gaya
pada pernyataan tersebut
Dalam sajian dalam bentuk penyataan siswa dapat menyebutkan adanya gaya pada
pada suatu benda
Dalam sajian dalam bentuk penyataan siswa dapat menyebutkan muatan listrik
Dalam sajian dalam bentuk penyataan siswa dapat menjelaskan aktivitas gaya
otot |
C1
C1
C1
C3
C1
C3
C1
C1
C1
C2 |
15
16
17
18
19
20
21
5
6
3 |
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG |
SBDP |
|
|
|
|
|
|
3.3 Mengetahui gerakan tari kreasi
daerah
3.4 Mengetahui karya seni rupa
teknik tempel
3.2 Mengetahui tanda tempo dan
tinggi rendah nada |
Gerak tari kreasi daerah
Karya seni rupa berupa kolase,
montase, mozaik, dan aplikasi
Tanda termpo dan tinggi rendah nada |
3.3.1 Memahami gerak tari kreasi daerah
3.4.1 Menyebutkan karya seni rupa
teknik tempel dengan benar
3.2.1 Mengetahu tanda tempo dan
tinggi renda nada dengan tepat |
Dalam sajian dalam bentuk
penyataan siswa dapat
menyebutkan jenis pola lantai pada
tari kreasi daerah
Dalam sajian dalam bentuk
gambar siswa dapat
menyebutkan jenis pola lantai pada
tari kreasi daerah
Dalam sajian dalam bentuk
penyataan siswa dapat
menyebutkan jenis karya seni dengan
tepat
Dalam sajian dalam bentuk
gambar siswa dapat
menyebutkan jenis karya seni dengan
tepat
Dalam sajian dalam bentuk
penyataan siswa dapat
menyebutkan jenis karya seni dengan
tepat
Dalam sajian dalam bentuk
penyataan siswa dapat
menyebutkan jenis karya seni dengan
tepat
Dalam sajian dalam bentuk
penyataan siswa dapat
menyebutkan jenis karya seni dengan
tepat
Dalam sajian dalam bentuk
penyataan siswa dapat
membedakan jenis karya seni dengan
tepat
Dalam sajian dalam bentuk
penyataan siswa dapat
menyebutkan lagu daerah dengan tepat
Dalam sajian dalam bentuk
penyataan siswa dapat
menyebutkan lagu daerah dengan tepat
|
C1
C1
C1
C1
C1
C1
C1
C2
C1
C1 |
29
30
31
32
33
34
9
5
35
10 |
PG
PG
PG
PG
PG
PG
Issian
Essay
PG
Issian
|
PPKN |
|
|
|
|
|
|
1.4 Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan
dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa |
Keragaman suku bangsa, agama, sosial dan budaya |
1.4.1 Bersikap toleransi atas
berbagai bentuk keragaman suku bangasa, sosial, agaman, dan budaya di
Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa . |
Disajikan bentuk gambar,siswa dapat
mengetahui sikap toleransi
dak kerukunan dalam lingkungan
Disajikan bentuk pernyatan siswa dapat mengidentifikasi sikap atau dampak dalam keragaman
Disajikan bentuk pernyatan siswa dapat mengidentifikasi sikap dalam toleransi dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan bentuk pernyatan siswa dapat menentukani sikap dalam toleransi dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan bentuk pernyatan siswa dapat mengartikan semboyan Indonesia
Disajikan bentuk pernyatan siswa dapat mengidentifikasi keragaman budaya Indonesia
Disajikan bentuk pernyatan siswa dapat mengidentifikasi perbedaan dalam setiap agama serta budaya di
Indonesia
Disajikan bentuk pernyatan siswa dapat menyebutkan sikap meliondungi lingkungan di Indonesia
Disajikan bentuk pernyatan siswa dapat menyebutkan cara kita melestarikan budaya daerah
Disajikan bentuk pernyatan siswa dapat menjelaskan cara menjaga kerukuna dalam kergamaan budaya di
Indonesia |
C 1
C 1
C 1
C 3
C 2
C 1
C 1
C 1
C 1
C 2 |
1
2
3
4
5
6
7
1
2
1 |
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
ISSIAN
ISSIAN
ESSAY |
Semangat belajar menghadapi PTS dan tingkatkan ibadah solat lima waktunya soleh solehah. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar