Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu menjelaskan karakter tokoh pada teks fiksi
- Peserta didik mampu menjelaskan jenis-jenis pekerjaan terkait kegiatan ekonomi
- Peserta didik mampu menjelaskan keragaman individu di sekolah
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 8 subtema 2 pembelajaran 4.^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
>B. INDONESIA (KD 3.9 dan 4.9)
Menjelaskan Karakter Tokoh padaTeks Fiksi
1. Cara untuk memahami sebuah cerita, dapat dilakukan dengan membagi cerita menjadi bagian awal, bagian tengah, dan bagian akhir secara cepat.
2. Lalu, kita harus mencari kalimat atau kata kunci dari cerita tersebut.
3. Apabila sudah menemukan kalimat atau kata kunci, maka kita akan lebih mudah menyimpulkan isi cerita.
>IPS (KD 3.3 dan 4.3)
Menjelaskan Jenis-Jenis Pekerjaan terkait Kegiatan Ekonomi
Ingatlah kembali tentang macam-macam kegiatan ekonomi!
Berikut adalah macam-macam kegiatan ekonomi:
1. Produksi, kegiatan mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. Pelaku dalam kegiatan produksi disebut produsen.
2. Distribusi, kegiatan menyalurkan atau mengantarkan barang dan jasa dari tempat produksi kepada konsumen. Pelaku dalam kegiatan distribusi disebut distributor.
3. Konsumsi, kegiatan menggunakan atau memanfaatkan nilai guna barang atau jasa. Pelaku dalam kegiatan konsumsi disebut konsumen.
Jelaskan kegiatan ekonomi pada gambar berikut!
>PPKn (KD 3.3 dan 4.3)
Menjelaskan Keragaman Individu di Sekolah
1. Setiap orang memiliki karakteristik individu yang berbeda.
2. Keragaman karakteristik individu ini meliputi keragaman fisik, sifat, agama, dan juga asal daerah.
3. Keragaman karakteristik individu memiliki manfaat, yaitu mempererat rasa tolong-menolong antarteman serta menambah pengetahuan akan kebudayaan daerah lain. Oleh karena itu, kita harus menghormati keragaman karakteristik tersebut.
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar