Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu mengidentifikasi beragam tarian daerah di Indonesia
- Peserta didik mampu menjelaskan pengaruh gaya pegas terhadap gerak benda
- Peserta didik mampu menjelaskan jenis pekerjaan berdasarkan daerah tempat tinggal
- Peserta didik mampu mengemukakan pendapat tentang keragaman karakteristik individu
- Peserta didik mampu menuliskan tokoh dan sifatnya pada teks fiksi
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 8 subtema 2 pembelajaran 2 dan 3.^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
>SBdP (KD 3.3 dan 4.3)
Mengidentifikasi Beragam Tarian Daerah di Indonesia
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah tersebut memiliki jenis-jenis tarian yang berbeda dan memiliki keunikan sendiri. Misalnya, tari Saman yang berasal dari Aceh dilakukan dengan gerakan yang semangat dan cepat, sedangkan tari Serimpi yang berasal dari Jawa Tengah dilakukan dengan gerakan yang gemulai dan lambat.
>IPA (KD 3.4 dan 4.4)
Menjelaskan Pengaruh Gaya Pegas terhadap Gerak Benda
Gaya pegas merupakan gaya yang ditimbulkan oleh benda-benda pegas.
Benda pegas, yaitu benda yang dapat diregangkan dan dapat dipantulkan.
Contoh benda pegas, yaitu karet, bola basket, bola sepak, ban mobil, dan tali ketapel.
>IPS (KD 3.3 dan 4.3)
Menjelaskan Jenis Pekerjaan Berdasarkan Daerah Tempat Tinggal
Kegiatan ekonomi terdiri atas tiga tahapan, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.
> Produksi merupakan kegiatan menghasilkan barang menggunakan bahan baku yang sudah tersedia.
> Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang dari tempat produksi ke tempat tujuan.
> Konsumsi merupakan kegiatan menggunakan barang.
Daerah tempat tinggal kita dihuni oleh masyarakat yang terdiri atas berbagai macam suku dan agama. Selain itu, masyarakat sekitar juga memiliki karakteristik fisik, kegemaran, dan kebiasaan yang berbeda-beda. Keragaman tersebut perlu kita syukuri dengan cara menghormati dan saling menjaga sikap saat bergaul dengan masyarakat.
>B. INDONESIA (KD 3.9 dan 4.9)
Menuliskan Tokoh dan Sifatnya pada Teks Fiksi
Masih ingatkah kamu dengan tokoh protagonis dan antagonis di dalam suatu cerita fiksi? Untuk mengetahuinya, kamu perlu membaca cerita fiksi tersebut secara berulang-ulang dan memahami jalan ceritanya. Selain itu, kamu dapat mengetahuinya dengan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan watak tokoh tersebut.
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar