Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu mengidentifikasi tempo pada lagu daerah.
- Peserta didik mampu menjelaskan jenis-jenis teks fiksi dan amanat dalam teks fiksi..
- Peserta didik mampu menjelaskan pengaruh derak daya otot tehadap gerak benda.
- Peserta didik mampu menjelaskan jenis pekerjaan penduduk berdasarkan tempat tinggal.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 8 subtema 1 pembelajaran 2 dan 3.^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
>SBdP (KD 3.2 dan 4.2)
Mengidentifikasi Tempo pada Lagu Daerah
>B. INDONESIA (KD 3.9 dan 4.9)
Menjelaskan Jenis-Jenis Teks Fiksi
Menjelaskan Amanat dalam Teks Fiksi
Amanat merupakan pesan yang terkandung dalam suatu cerita. Amanat ini dapat dipahami setelah kita membaca keseluruhan teks. Dalam teks terdapat tokoh-tokoh yang berperan di dalamnya. Tokoh-tokoh tersebut memiliki watak yang berbeda-beda. Ada tokoh yang berwatak positif, ada juga tokoh yang berwatak negatif.
Contoh watak positif, di antaranya penyayang, rendah hati, suka menolong, dan jujur.
Sementara itu, contoh watak negatif, yaitu sombong, kikir, dan pembohong.
>IPA (KD 3.4 dan 4.4)
Menjelaskan Jenis Pekerjaan Penduduk Berdasarkan Tempat Tinggal
1. Jenis pekerjaan di perkotaan
Perkotaan memiliki jumlah penduduk yang padat sehingga banyak memunculkan jenis pekerjaan. Hal ini mengakibatkan banyak dibangunnya kawasan perkantoran. Jenis pekerjaan yang terdapat di kawasan perkantoran, antara lain pegawai kantor dan petugas keamanan.
2. Jenis pekerjaan di pedesaan
Pedesaan umumnya memiliki sumber daya alam yang masih melimpah dan memiliki lingkungan yang asri. Banyak penduduk desa yang bekerja dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia. Misalnya, penduduk pedesaan yang tinggal di dataran tinggi umumnya bekerja sebagai petani.
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar