Langsung ke konten utama

KELAS 4B : TEMA 7 SUBTEMA 1 PB 2 DAN 3, KAMIS/ 26 JANUARI 2023

                             

MUATAN TEMATIK IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik mampu menyanyi sesuai tinggi rendah nada
- Peserta didik mampu mengetahui kegunaan gaya otot dalam kehidupan sehari hari
- Peserta didik mampu menemukan informasi dalam teks
- Peserta didik mampu menyebutkan faktor yang mempengaruhi keragaman di Indonesia
- Peserta didik mampu menjelaskan keragaman suku di Indonesia

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 7 subtema 1 pembelajaran 2 dan 3.^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)

>SBdP  (KD 3.2 dan 4.2)

Menyanyi Sesuai Tinggi Rendah Nada

Saat menyanyikan sebuah lagu, kamu harus mengerti tinggi rendah nada. Nada adalah 
bunyi yang teratur. Nada memiliki bunyi rendah dan tinggi. Nada dapat ditulis dalam notasi angka. 
>IPA  (KD 3.3 dan 4.3)

Gaya Otot dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari  

Gaya Otot dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari :

Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh otot manusia atau hewan dalam melakukan kegiatan, seperti mengangkat, menarik, menahan, atau mendorong suatu benda. 


Contoh penerapan gaya otot adalah:
1. Ayah mendorong atau menarik meja.
2. Made menendang bola ke arah gawang.
3. Sapi menarik gerobak.
4. Ibu membawa barang belanjaan.

Otot disebut alat gerak aktif karena memiliki kemampuan menggerakkan  tulang. Jika otot digunakan terus-menerus untuk melakukan kegiatan yang berat, otot akan mengalami keletihan.

>B. INDONESIA (KD 3.7 dan 4.7)

Menemukan Informasi dalam Teks 

>PPKn  (KD 3.4 dan 4.4)

Mengidentifikasi Faktor yang Mempengaruhi Keragaman di Indonesia

Keragaman agama terjadi karena letak Indonesia yang cukup strategis. Dari segi suku bangsa, Indonesia merupakan negara kepulauan yang menyebabkan munculnya beragam suku di Indonesia. Dari bidang pekerjaan, keragaman muncul karena dipengaruhi kondisi  alam dan kebutuhan manusia. 
Sikap persatuan dan kesatuan dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :
1. Mau berteman tanpa membeda-bedakan agama dan suku bangsa.
2. Menghormati teman yang sedang beribadah, seperti tidak mengobrol di   
    dekat teman yang sedang beribadah.
3. Tidak mengganggu teman karena memiliki logat bahasa yang berbeda.
4. Menghormati setiap pekerjaan yang kita temui, seperti menghormati 
    petugas kebersihan di sekolah.

>IPS  (KD 3.2 dan 4.2)

Menjelaskan Keragaman Suku di Indonesia

Berikut contoh persebaran beberapa suku bangsa di Indonesia :

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se