Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu membuat puisi dengan pilihan kata yang baik
- Peserta didik mampu membandingkan siklus hidup makhluk hidup melalui pengamatan
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 6 subtema 2 pembelajaran 1.^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
>B. INDONESIA (KD 3.6 dan 4.6)
Menjelaskan Cara Membuat Puisi
Agar lebih mudah membuat puisi, perhatikan hal berikut:
Agar dapat membuat puisi dengan mudah, perhatikan persiapan membuat puisi berikut.
Berikut hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih kata saat membuat puisi.
1. Gunakan kata yang bermakna positif.
2. Gunakan kata atau ungkapan pujian untuk sesuatu yang indah.
3. Gunakan kata-kata yang santun.
4. Hindari penggunaan kata yang bersifat menjelekkan, mengejek, atau menghina.
5. Gunakan kata-kata yang memiliki kemiripan bunyi agar puisi terdengar lebih indah saat dibaca, misalnya keluh kesah, canda tawa.
6. Gunakan perumpamaan tentang objek yang ingin kamu ceritakan.
>IPA (KD 3.2 dan 4.2)
Membandingkan Siklus Hidup Makhluk Hidup Melalui Pengamatan
Ada hewan yang mengalami metamorfosis (perubahan bentuk tubuh), ada juga hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk tubuh.
Manakah hewan yang mengalami metamorfosis dan yang tidak mengalami metamorfosis?
Metamorfosis dibedakan menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.
Metamorfosis sempurna
Terdapat perbedaan bentuk tubuh hewan saat lahir dengan bentuk dewasanya.
Terdapat fase pupa (kepompong) dalam siklus hidupnya.
Contoh: kupu-kupu.
Metamorfosis tidak sempurna
Pertumbuhan dan perkembangan hewan dengan bentuk tubuh saat lahir sama seperti bentuk dewasa
Tidak melalui tahap kepompong.
Contoh: belalang
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar