Langsung ke konten utama

KELAS 4B : TEMA 5 SUBTEMA 3 PB 1 DAN 2, SELASA/ 1 NOVEMBER 2022

                

MUATAN TEMATIK IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik mampu menuliskan informasi berdasarkan gambar pada tabel
- Peserta didik mampu menyebutkan macam-macam cermin
- Peserta didik mampu menyebutkan sikap-sikap pengamalan sika pancasila
- Peserta didik mampu menyanyika lagu Hari Merdeka dengan tinggi nada yang sesuai

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah belajar mengenai contoh sikap kepahlawanan yang sesuai dengan sila kelima pancasila. Apakah kalian masih ingat, contoh sikap kepahlawanan tersebut? ya, contohnya yaitu adil, dan menjaga antara hak dan kewajiban. Hari ini, kita akan mempelajari tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 dan 2. ^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)

>B.INDONESIA (KD 3.8 dan 4.8)

Menuliskan Informasi Bedasarkan Gambar pada Tabel


Sikap Kepahlawanan Pangeran Diponegoro:

>IPA  (KD 3.7 dan 4.7)

Cermin


Sifat-sifat bayangan dari setiap jenis cermin:
1. Cermin Datar
a. Ukuran (besar dan tinggi) bayangan sama dengan ukuran benda.
b. Kenampakan bayangan berlawanan dengan benda. Misalnya, tangan kananmu akan menjadi tangan kiri bayanganmu.
c. Bayangan bersifat semu atau maya. Artinya, bayangan dapat dilihat di dalam cermin, tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar.

Contoh:
Benda yang menggunakan cermin datar, yaitu cermin rias.

2. Cermin Cekung
a. Jika benda berada dekat dengan cermin cekung, bayangan benda bersifat tegak, diperbesar, dan semu (maya).
b. Jika benda berada jauh dengan cermin cekung, bayangan benda bersifat nyata (sejati), terbalik, dan diperkecil.

Contoh: 
Bagian cekung sendok makan, lampu senter, dan lampu mobil.

3. Cermin Cembung
Kenampakan bayangan pada cermin cembung, yaitu semu (maya), tegak, dan diperkecil dari ukuran benda yang sebenarnya.

Contoh:
Cermin cembung, yaitu bagian cembung sendok makan dan kaca spion.

>PPKn  (KD 3.2 dan 4.2)

Sikap-Sikap yang Sesuai dengan Pengamalan Sila Pancasila


>SBdP  (KD 3.2 dan 4.2)

Menyanyikan Lagu “Hari Merdeka” dengan Tinggi Nada yang Sesuai

“Hari Merdeka” merupakan salah satu lagu kebangsaan untuk memperingati lahirnya negara Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. 

Lagu tersebut diciptakan oleh H. Mutahar.



C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te