Langsung ke konten utama

KELAS 4B: TEMA 2 SUBTEMA 2 PB 6, SENIN/29 AGUSTUS 2022

                     

MUATAN TEMATIK IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik mampu mengidentifikasi perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari
- Peserta didik mampu membuat teks petunjuk dengan benar

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah mempelajari tema 2 subtema 2 pembelajaran 4 dan 5Hari ini, kita akan mempelajari tema 2 subtema 2 pembelajaran 6. ^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)

>IPA (KD 3.5 dan 4.5)

Perubahan Bentuk Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Alat elektronik yang kita gunakan sehari-hari memanfaatkan perubahan bentuk energi. Berikut contohnya:
1. Energi listrik > energi panas.
    Contoh: setrika, rice cooker, dan oven.
2. Energi listrik > energi gerak.
    Contoh: kipas angin dan blender.
3. Energi listrik > energi cahaya.
    Contoh: lampu pijar dan neon.
4. Energi listrik > energi bunyi.
    Contoh: radio, pengeras suara (speaker), dan gitar listrik.
5. Energi gerak > energi listrik.
      Contoh: air terjun menggerakan generator pembangkit listrik. 
6. Energi kimia > energi listrik.
      Contoh: baterai dan aki digunakan untuk menyalakan peralatan listrik.
7. Energi kimia > energi gerak.
      Contoh: makanan yang dimakan sebagai sumber energi untuk tubuh.

>B. INDONESIA  (KD 3.4 dan 4.4)

Teks Petunjuk

> Isi: arahan untuk melakukan sesuatu.
> Tujuan: menjelaskan penggunaan atau pembuatan sesuatu. 
> Kalimat yang digunakan: kalimat perintah.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat teks petunjuk.
1. Cara atau petunjuk disajikan berurutan.
2. Bahasa yang digunakan jelas dan mudah dipahami

>IPS  (KD 3.1 dan 4.1)

Pemanfaatan Hewan dan Tumbuhan oleh Manusia 

Hewan dan tumbuhan dimanfaatkan sebagai bahan makanan, pakaian, obat-obatan, dan kerajinan.
Contoh pemanfaatan hewan oleh manusia.




C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...