Langsung ke konten utama

KELAS 4B: TEMA 1 SUBTEMA 1 PB 1, SENIN/25 JULI 2022

                   

MUATAN TEMATIK IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik mampu mentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks
- Peserta didik mampu menyebutkan bentuk-bentuk keragaman di Indonesia

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah melalu masa pengenalan sekolahHari ini, kita akan mulai mempelajari tema 1 subtema 1 pembelajaran 1. ^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)

>B. INDONESIA (KD 3.1 dan 4.1)

Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Gagasan pokok adalah topik yang dibahas pada suatu teks.
Gagasan pokok ditemukan pada kalimat utama yang terletak di bagian awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.

Gagasan pendukung adalah uraian atau informasi tambahan pada suatu bacaan.

Cara Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung :
1. Bacalah teks dengan cermat!
2. Cermati kalimat pertama hingga kalimat terakhir pada setiap paragraf!
3. Temukan kalimat utama dan kalimat penjelas dalam suatu paragraf!




>IPS  (KD 3.2 dan 4.2)

Bentuk-Bentuk Keragaman di Indonesia

A. Keragaman Suku Bangsa
Suku bangsa adalah sekelompok golongan yang hidup bersama di suatu tempat dan memiliki ciri-ciri budaya yang sama.

Perempuan suku Bali memakai kebaya dalam kehidupan sehari-hari. Mereka membuat anyaman sebagai tempat sesajen secara bergotong-royong.

Contoh Suku Bangsa di Indonesia :
B. Keragaman Bahasa

Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh manusia. Bahasa yang digunakan setiap suku bangsa berbeda-beda.

Contoh bahasa daerah:
bahasa Batak (Sumatra Utara);
bahasa Sunda (Jawa Barat);
bahasa Betawi (DKI Jakarta). 

C. Keragaman Rumah Adat
Setiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adat yang berbeda. 


D. Keragaman Tarian
Tari adalah salah satu bentuk kesenian yang memadukan antara gerakan tubuh dan iringan musik.


E. Keragaman Pakaian Tradisional
Pakaian adat atau pakaian tradisional merupakan pakaian khas suatu daerah yang biasanya dipakai dalam acara adat.

Contoh pakaian adat:
1. bundo kanduang (Sumatra Barat); 
2. beskap (Jawa Tengah);
3. payas (Bali).


F. Keragaman Senjata Tradisional
Senjata tradisional digunakan sebagai pelengkap pakaian adat.


G. Keragaman Alat Musik Tradisional


Setiap provinsi memiliki alat musik tradisional. Cara memainkan alat musik tradisional pun beragam. 

Contoh alat musik tradisional:
1. tambo (Aceh) 
2. angklung (Jawa Barat);
3. tifa (Papua).

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se