Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu mentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks
- Peserta didik mampu menyebutkan bentuk-bentuk keragaman di Indonesia
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah melalu masa pengenalan sekolah. Hari ini, kita akan mulai mempelajari tema 1 subtema 1 pembelajaran 1. ^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
>B. INDONESIA (KD 3.1 dan 4.1)
Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung
Gagasan pokok adalah topik yang dibahas pada suatu teks.
Gagasan pokok ditemukan pada kalimat utama yang terletak di bagian awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.
>IPS (KD 3.2 dan 4.2)
Bentuk-Bentuk Keragaman di Indonesia
A. Keragaman Suku Bangsa
Suku bangsa adalah sekelompok golongan yang hidup bersama di suatu tempat dan memiliki ciri-ciri budaya yang sama.
Perempuan suku Bali memakai kebaya dalam kehidupan sehari-hari. Mereka membuat anyaman sebagai tempat sesajen secara bergotong-royong.
Contoh Suku Bangsa di Indonesia :
B. Keragaman Bahasa
Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh manusia. Bahasa yang digunakan setiap suku bangsa berbeda-beda.
Contoh bahasa daerah:
bahasa Batak (Sumatra Utara);
bahasa Sunda (Jawa Barat);
bahasa Betawi (DKI Jakarta).
C. Keragaman Rumah Adat
Setiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adat yang berbeda.
D. Keragaman Tarian
Tari adalah salah satu bentuk kesenian yang memadukan antara gerakan tubuh dan iringan musik.
E. Keragaman Pakaian Tradisional
Pakaian adat atau pakaian tradisional merupakan pakaian khas suatu daerah yang biasanya dipakai dalam acara adat.
Contoh pakaian adat:
1. bundo kanduang (Sumatra Barat);
2. beskap (Jawa Tengah);
3. payas (Bali).
F. Keragaman Senjata Tradisional
Senjata tradisional digunakan sebagai pelengkap pakaian adat.
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar