Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu menyebutkan sikap yang sesuai dengan sila keempat pancasila
- Peserta didik mampu mengetahui perjuangan tokoh kerajaan hindu budha
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah belajar mengenai cara menghemat penggunaan sumber daya alam. Apakah kalian masih ingat, apakah yang dimaksud dengan penguraian cahaya?. Hari ini, kita akan mempelajari tema 5 subtema 1 pembelajaran 4 dan 5. ^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
>B. INDONESIA (KD 3.7 dan 4.7)
Menjelaskan informasi dari teks yang dibaca
Langkah-langkah untuk mengidentifikasi informasi dari suatu teks:
1. Perhatikan judul teks!
2. Bacalah teks dengan saksama!
3. Temukan semua kata kunci dalam tiap paragraf!
4. Pahamilah kalimat utama yang mengandung kata kunci tersebut!
5. Semua kalimat utama yang kita temukan merupakan informasi penting dari teks tersebut.
>Muatan PPKn (KD 3.1 dan 4.1)
Sikap yang Sesuai dengan Makna Sila Keempat Pancasila
>IPS (KD 3.4 dan 4.4)
Perjuangan Tokoh Kerajaan Hindu dan Buddha
Tokoh-tokoh masa kerajaan Hindu dan Buddha beserta pencapaian yang telah dilakukannya:
1. Raja Mulawarman ( Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur)
• Seorang raja yang baik budi.
• Rakyat hidup sejahtera dan makmur pada masa pemerintahannya.
• Menyedekahkan 20.000 ekor sapi kepada kaum Brahmana saat upacara keagamaan.
• Membagikan emas dan tanah kepada rakyatnya.
2. Raja Purnawarman (Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat)
• Membuat saluran air untuk mengairi lahan pertanian.
• Memanfaatkan sungai untuk mencegah banjir.
• Seorang raja yang bijaksana.
3. Raja Hayam Wuruk (Kerajaan Majapahit di Jawa Timur)
• Membawa Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya.
• Menyejahterakan rakyat dengan membuka lahan pertanian dan pembuatan bendungan serta saluran pengairan.
• Rakyat hidup damai dan makmur, karena pertahanannya yang kuat dari serangan musuh.
4. Mahapatih Gajah Mada (Kerajaan Majapahit di Jawa Timur)
• Seorang mahapatih yang gagah berani menaklukkan wilayah lain untuk mempersatukan nusantara.
• Menjaga keamanan Kerajaan Majapahit dari serangan musuh.
• Bersumpah akan mempersatukan Nusantara, yang dikenal dengan “Sumpah Palapa”.
5. Raja Balaputradewa (Kerajaan Sriwijaya di Sumatera Selatan)
• Berhasil membawa Kerajaan Sriwijaya mencapai kejayaannya.
• Membuat Kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai kerajaan maritim yang kuat dan menjadi pusat perdagangan di Asia Tenggara.
• Membuat Kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai pusat pendidikan dan penyebaran agama Buddha.
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar