Langsung ke konten utama

KELAS 4B : TEMA 5 SUBTEMA 1 PB 1 dan 2, SELASA/ 18 OKTOBER 2022

             

MUATAN TEMATIK IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik manyebutkan tokoh dan peninggalan kerajaan hindu, budha, dan islam
- Peserta didik dapat menyebutkan sifat-sifat cahaya
- Peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan simbol dengan makna sila keempat pancasila
- Peserta didik dapat mengetahui tinggi rendah nada

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah belajar mengenai cara menghemat penggunaan sumber daya alam. Apakah kalian masih ingat contoh sikap baik ? iya benar, merapikan mainan setelah digunakan. Hari ini, kita akan mempelajari tema 5 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2. ^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)

>B. INDONESIA  (KD 3.7 dan 4.7)

Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Bacaan



Jawaban tersurat atau tersirat di dalam teks.
Jawaban tersurat berarti jawaban tertulis jelas pada kalimat-kalimat dalam teks.
Jawaban tersirat berarti jawaban harus disimpulkan dulu berdasarkan informasi dalam teks.

>Muatan B. Indonesia  (KD 3.5 dan 4.5)

Tokoh dan Peninggalan pada Masa Kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam

1. Raja Mulawarman  (Kerajaan Kutai)
Raja pemeluk agama Hindu yang terkenal baik budi. 
Raja Mulawarman menyedekahkan 20.000 ekor sapi kepada kaum Brahmana.
Sikap kepahlawan:
1. Adil dan bijaksana.
2. Taat menjalankan ajaran agama serta mencintai rakyatnya.
3. Dermawan.

                            yupa

2. Raja Kertanegara  (Kerajaan Singasari)
Raja pemeluk agama Hindu yang berhasil menaklukkan seluruh wilayah Nusantara.
Sikap kepahlawanan:
1. Pantang menyerah dalam menyatukan Nusantara.
2. Berani dan tegas menolak untuk tunduk kepada Bangsa Mongol.
                    candi singasari

3. Raja Balaputradewa (Kerajaan Sriwijaya) 
Raja pemeluk agama Buddha yang berhasil membuat kerajaannya sebagai pusat perdagangan, pelayaran, pendidikan, dan penyebaran agama Buddha di Nusantara.
Sikap kepahlawanan:
1. Jujur dan disiplin dalam memimpin rakyatnya.
2. Adil dan bijaksana dalam menegakkan hukum.
                        prasasti kedukan bukit

4. Sultan Iskandar Muda (Kerajaan Aceh)
Raja pemeluk agama Islam yang berhasil membuat Kerajaan Aceh mencapai puncak kejayaannya.
Sikap kepahlawanan:
1. Adil dalam menegakkan hukum.
2. Selalu mengutamakan kesejahteraan rakyatnya.
                masjid raya baiturrahman

5. Raden Patah (Kerajaan Demak)  
Raja pemeluk agama Islam yang menjadi penguasa pertama Kerajaan Demak.
Sikap kepahlawanan:
1. Menghormati kebebasan beragama.
2. Berani melawan penjajah.

                        masjid agung demak

>IPA  (KD 3.7 dan 4.7)

Penerapan Sifat-Sifat Cahaya

1. Merambat lurus

Contoh-contoh cahaya merambat lurus :

2. Menembus benda-benda bening
Saat senter diarahkan ke papan melalui gelas bening, cahaya dari senter akan menembus gelas dan menyinari papan tersebut.

Contoh-contoh cahaya menembus benda bening :

3. Dapat dipantulkan
Cahaya dapat memantul ketika terkena permukaan benda. Terjadi pemantulan teratur jika cahaya mengenai benda yang memiliki permukaan rata seperti cermin.
Contoh-contoh cahaya dapat dipantulkan :

4. Dapat dibiaskan atau dibelokkan
Contoh: 
pensil yang dicelupkan ke dalam air, pensil akan terlihat patah dan lebih besar.

>PPKn  (KD 3.1 dan 4.1)

Hubungan Simbol dengan Makna Sila Keempat Pancasila

Sila keempat berbunyi, “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan”.

Banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul, sehingga sila ini mengibaratkan masyarakat Indonesia yang senang berkumpul untuk bermusyawarah dalam mendiskusikan sesuatu.

Contoh sikap sehari-hari yang mencerminkan pengamalan sila keempat Pancasila:
1. Mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah.
2. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
3. Menghormati dan menghargai pendapat teman atau anggota keluarga lain.
4. Menghargai setiap hasil keputusan musyawarah dan melaksanakannya dengan baik.

>PPKn  (KD 3.1 dan 4.1)

NADA



Nada diartikan sebagai bunyi yang teratur.
Nada memiliki tingkatan bunyi rendah maupun tinggi dan dapat ditulis dalam notasi balok.

Tinggi rendahnya suatu nada dalam notasi balok sesuai dengan letak bulatan hitam tersebut di garis paranada. Semakin tinggi letak bulatan hitam, maka semakin tinggi pula suatu nada dan sebaliknya.

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...