Langsung ke konten utama

KELAS 4B : TEMA 4 SUBTEMA 3 PB 3, SELASA/ 11 OKTOBER 2022

            

MUATAN TEMATIK IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik mampu mengidentifikasi cara mengelola sampah dan barang bekas.
- Peserta didik mampu menilai komentar tehdapat suatu dongeng.

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah belajar mengenai cara menghemat penggunaan sumber daya alam. Apakah kalian masih ingat, hubungan simbol dengan makna sila ketiga pancasila?. Hari ini, kita akan mempelajari tema 4 subtema 3 pembelajaran 3. ^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)

>IPA  (KD 3.8 dan 4.8)

Pengelolaan Sampah dan Barang Bekas

Sampah sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita. Tidak bisa dipungkiri, kita pasti memproduksi sampah setiap hari. Mulai dari sampah bekas makanan, plastik pembungkus, hingga elektronik.   

Sampah atau limbah yang kita hasilkan dari aktivitas sehari-hari juga perlu dikelola dengan baik. Jika hal ini diabaikan maka akan membahayakan kesehatan manusia dan ekosistem lingkungan.

Jenis sampah secara umum dibagi menjadi dua, yakni:
1. Sampah organik yakni sampah yang dapat membusuk dan terurai, seperti kulit sayur dan buah, cangkang telur, tulang ikan, tulang ayam, dan sebagainya
2. Sampah anorganik yakni sampah yang sulit membusuk dan tidak dapat terurai, seperti plastik, kardus, kertas, hingga barang elektronik.

Barang-barang bekas dan sampah dapat diolah dengan cara 4R:
1. Reuse

Menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama atau fungsi yang berbeda. Contoh: Menggunakan kaleng bekas cat untuk dijadikan tempat sampah atau pot tanaman.
2. Reduce
Mengurangi potensi benda yang telah digunakan menjadi sampah. Sampah yang dibuang ke lingkungan harus sedikit mungkin. Contoh: Membawa air minum dalam botol sendiri daripada membeli air minum dalam kemasan.
3. Recycle
Mengolah kembali sampah menjadi barang atau produk baru. Contoh: Mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos.
4. Replace
Mengganti benda yang biasa digunakan dengan benda yang ramah lingkungan. Contoh: Memilih menggunakan saputangan daripada tisu.

>Muatan B. Indonesia  (KD 3.5 dan 4.5)

Menilai Komentar terhadap Kejadian Suatu Dongeng


Dongeng diartikan sebagai cerita yang tidak benar-benar terjadi. Dalam suatu dongeng tidak hanya memuat sebuah cerita saja tetapi juga ada nilai-nilai moral yang ada di dalamnya. Nilai-nilai moral dalam sebuah dongeng biasanya meliputi nilai kepatuhan, tawakal, keberanian, rela berkorban, jujur, adil, bijaksana, menghormati sesama, bekerja keras, kasih sayang, kerukunan, kepedulian, dan lain-lain.

Sebelum berkomentar terhadap suatu cerita, kita perlu mengetahui kejadian dari cerita tersebut terlebih dahulu. Selain itu, kita juga bisa mengemukakan komentar teman apakah sesuai dengan cerita. 

Simaklah video pembelajaran dibawah ini!

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te