Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu mengidentifikasi cara mengelola sampah dan barang bekas.
- Peserta didik mampu menilai komentar tehdapat suatu dongeng.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah belajar mengenai cara menghemat penggunaan sumber daya alam. Apakah kalian masih ingat, hubungan simbol dengan makna sila ketiga pancasila?. Hari ini, kita akan mempelajari tema 4 subtema 3 pembelajaran 3. ^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
>IPA (KD 3.8 dan 4.8)
Pengelolaan Sampah dan Barang Bekas
Sampah sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita. Tidak bisa dipungkiri, kita pasti memproduksi sampah setiap hari. Mulai dari sampah bekas makanan, plastik pembungkus, hingga elektronik.
Sampah atau limbah yang kita hasilkan dari aktivitas sehari-hari juga perlu dikelola dengan baik. Jika hal ini diabaikan maka akan membahayakan kesehatan manusia dan ekosistem lingkungan.
Jenis sampah secara umum dibagi menjadi dua, yakni:
1. Sampah organik yakni sampah yang dapat membusuk dan terurai, seperti kulit sayur dan buah, cangkang telur, tulang ikan, tulang ayam, dan sebagainya
2. Sampah anorganik yakni sampah yang sulit membusuk dan tidak dapat terurai, seperti plastik, kardus, kertas, hingga barang elektronik.
Barang-barang bekas dan sampah dapat diolah dengan cara 4R:
1. Reuse
Menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama atau fungsi yang berbeda. Contoh: Menggunakan kaleng bekas cat untuk dijadikan tempat sampah atau pot tanaman.
2. Reduce
Mengurangi potensi benda yang telah digunakan menjadi sampah. Sampah yang dibuang ke lingkungan harus sedikit mungkin. Contoh: Membawa air minum dalam botol sendiri daripada membeli air minum dalam kemasan.
3. Recycle
Mengolah kembali sampah menjadi barang atau produk baru. Contoh: Mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos.
4. Replace
Mengganti benda yang biasa digunakan dengan benda yang ramah lingkungan. Contoh: Memilih menggunakan saputangan daripada tisu.
>Muatan B. Indonesia (KD 3.5 dan 4.5)
Menilai Komentar terhadap Kejadian Suatu Dongeng
Dongeng diartikan sebagai cerita yang tidak benar-benar terjadi. Dalam suatu dongeng tidak hanya memuat sebuah cerita saja tetapi juga ada nilai-nilai moral yang ada di dalamnya. Nilai-nilai moral dalam sebuah dongeng biasanya meliputi nilai kepatuhan, tawakal, keberanian, rela berkorban, jujur, adil, bijaksana, menghormati sesama, bekerja keras, kasih sayang, kerukunan, kepedulian, dan lain-lain.
Sebelum berkomentar terhadap suatu cerita, kita perlu mengetahui kejadian dari cerita tersebut terlebih dahulu. Selain itu, kita juga bisa mengemukakan komentar teman apakah sesuai dengan cerita.
Simaklah video pembelajaran dibawah ini!
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^.
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar