Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu menilai cerita dengan detail.
- Peserta didik mampu menyebutkan jenis pekerjaan terkait sosial budaya di wilayahnya.
- Peserta didik mampu menyebutkan dampak dari pemanfaatan SDA yang berlebihan.
- Peserta didik mampu menjelaskan hubungan simbol dan makna sila ketiga pancasila.
- Peserta didik mampu menggambar bertema nelayan dengan kreatif.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah belajar mengenai cara menghemat penggunaan sumber daya alam. Apakah kalian masih ingat, apa saja kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar kalian?. Kegiatan ekonomi tersebut antara lain produksi, distribusi, dan konsumsi. Hari ini, kita akan mempelajari tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 dan 2. ^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
>Muatan B. Indonesia (KD 3.5 dan 4.5)
Pendapat Pribadi tentang Cerita dalam Dongeng
Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi.
Unsur-unsur di dalam dongeng terdiri dari :
1. tokoh
2. alur (jalan cerita)
3. pesan moral
Sebelum memberikan pendapat pada sebuah cerita dongeng, kita harus membaca cerita dongeng tersebut dengan cermat.
Simaklah cerita dongeng Kelinci dan Kura kura dibawah ini
>Muatan IPS (KD 3.3 dan 4.3)
Kegiatan Ekonomi Pembuatan Kertas
Contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan salah satu SDA hutan adalah pembuatan kertas. Kertas merupakan hasil daru kayu yang diolah. Berikut ini skema proses pembuatan kertas :
>Muatan IPA (KD 3.8 dan 4.8)
Dampak Eksploitasi Hutan yang Berlebihan
Eksploitasi merupakan pemanfaatan SDA untuk memenuhi kebutuhan manusia. Salah satu SDA yang sering dieksploitasi adalah hutan.
Beberapa contoh akibat eksploitasi hutan yang berlebihan yaitu :
1. Berkurangnya ketersediaan oksigen.
2. Suhu bumi semakin meningkat (global warming).
3. Rawan terjadi bencana alam, misalnya banjir.
Kita wajib menjaga kelestarian hutan, antara lain melakukan reboisasi (menanam kembali hutan yang gundul) dan menerapkan sistem tebang pilih tanaman.
>Muatan PPKn (KD 3.1 dan 4.1)
Hubungan Simbol dengan Makna Sila Ketiga Pancasila
Sila ketiga pancasila berbunyi "Persatuan Indonesia" memiliki simbol pohon beringin. Pohon beringin merupakan pohon berkayu yang rindang.
Pohon rindang: Indonesia adalah pemersatu bangsa.
Akar gantung: Indonesia terdiri atas berbagai macam ras, etnis, suku, dan budaya.
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. Selanjutnya ibu guru akan memberikan soal, agar ananda lebih memahami materi yang sudah ibu guru jelaskan sebelumnya.
Latihan :
Kerjakan soal-soal berikut !
1. Mengapa sila keita pada pancasila dilambangkan dengan pohon beringin? jelaskan!
2. Tuliskan makna sila ketiga pancasila bagi rakyat Indonesia
3. Tuliskan tiga kegiatan sehati-hari yang mencerminkan pengamalan sila ketiga pancasila!
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar