
MUATAN TEMATIK IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu mampu menilai cerita dengan detail
- Peserta didik mampu mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi
- Peserta didik mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila kedua Pancasila dengan benar
- Peserta didik mampu mengidentifikasi hal-hal yang diperhatikan saat menggambar dengan terperinci.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah belajar mengenai nilai-nilai yang terkandung pada pancasila. Apakah kamu masih ingat apa sajakah itu?. Hari ini, kita akan mempelajari tema 4 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2. ^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
> Muatan B. INDONESIA (KD 3.5 dan 4.5)
Inti Cerita dalam Buku Sastra
Inti cerita dalam buku sastra dapat diketahui jika kita membacanya dengan cermat. Selain inti cerita, kita juga dapat mengetahui tokoh dan peristiwa-peristiwa yang ada dalam cerita. Dalam sebuha cerita, kita dapat mengetahui tentang : tokoh cerita, peristiwa, dan inti cerita.
Bacalah cerita mengenai Pak Kadir pada buku bupena halaman 25
Dari cerita tersebut, didapatkan bahwa:
Tokoh : Pak Kadir dan para petani lainnya
Peristiwa : Terjadi serangan wabah hama di sawah para petani
Inti cerita : Pak Kadir dan para petani mengalami kerugian karena sawah mereka diserang hama. Namun, berkat kerja keras dan kerja sama mereka, kesulitan tersebut dapat diatasi.
> Muatan IPA (KD 3.8 dan 4.8)
Dampak Pemanfaatan Teknologi Bagi Keseimbangan Alam
Salah satu pekerjaan yang memanfaatkan teknologi adalah nelayan. Saat ini, para nelayan sudah menggunakan kapal bermesin yang dilengkapi dengan GPS untuk melacak keberadaan ikan. Untuk meningkatkan hasil tangkapannya, ada nelayan yang menggunakan bom ikan dan pukat harimau. Saat in, kedua peralatan tersebut dilarang penggunaannya karena meninmbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Misalnya, dapat merusak terumbu karang.
Hal-hal yang perlu diperhatikan supaya keseimbangan alam tetap terjaga :
1. tidak menangkap ikan secara besar-besaran,
2. tidak menggunakan bahan peledak atau racun,
3. tidak menggunakan pukat harimau, dan
4. memperhitungkan daur hidup ikan.
Di Indonesia, ada nelayan yang masih menggunakan peralatan tradisional untuk menangkap ikan. Ada pula yang sudah memanfaatkan teknologi modern.
>Muatan IPS (KD 3.3 dan 4.3)
Jenis Pekerjaan dalam Suatu Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi terdiri atas :
a. Produksi (menghasilkan barang)
b. Distribusi (menyalurkan barang)
c. Konsumsi (menggunakan barang)
>Muatan PPKn (KD 3.1 dan 4.1)
Hubungan Simbol dengan Makna Sila Kedua Pancasila
Hubungan Antara Simbol dengan Makna Sila 2. Berdasarkan makna simbol yang sudah dijelaskan, adapun hubungan simbol dengan makna Pancasila antara lain sebagai berikut: Pengakuan Terhadap Persamaan Derajat; Berdasarkan simbol rantai yang berbentuk persegi dan bulat, sila kedua memiliki makna adanya persamaan derajat terhadap sesama manusia.
Arti simbol:
Rantai tersusun dari mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkait.
Bunyi sila kedua:
“Kemanusiaan yang adil dan beradab”
Artinya, sila ini mengajak masyarakat untuk dapat memperlakukan setiap orang sebagai sesama manusia yang memiliki martabat dan adab.
>Muatan SBdP (KD 3.1 dan 4.1)
Ilustrasi
Ilustrasi adalah gambar berupa foto atau lukisan untuk memperjelas isi buku, karangan, dan sebagainya.
Langkah-langkah membuat ilustrasi :
1. Menentukan tema
2. membayangkan kegiatan
3. menggambar sketsa
4. menyempurnakan gambar
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. Selanjutnya ibu guru akan memberikan soal, agar ananda lebih memahami materi yang sudah ibu guru jelaskan sebelumnya.
Latihan : kerjakan soal pada buku modul halaman 80-82 (Bagian I) dan kerjakan tugas pada buku bupena halaman 31
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^
Komentar
Posting Komentar