Langsung ke konten utama

KELAS 4B : MATEMATIKA (KPK), KAMIS/6 OKTOBER 2022

      

MUATAN MATEMATIKA IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik memahami Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, pada pembelajaran sebelumnya ibu guru telah menjelaskan mengenai FPB. Hari ini, kita akan mempelajari KPK ^^.

B. Kegiatan Inti (50 menit)

Dalam matematika, KPK adalah singkatan dari kelipatan persekutuan terkecil. Jadi KPK merupakan angka kelipatan yang sama yang dimiliki oleh 2 bilangan atau lebih. 

1. Mencari KPK dengan Kelipatan Persekutuan

Contoh :

KPK dari 15 dan 25 adalah

Maka bisa kita jabarkan dulu masing-masing kelipatan dari 15 dan 25

Kelipatan 15 adalah 15, 30, 45, 60, 75, 90, …

Kelipatan 25 adalah 25, 50, 75, 100, … 

Nah, dari kelipatan 2 bilangan diatas, 75 merupakan bilangan terkecil yang sama-sama ada kan? Berarti, KPK dari 15 dan 25 adalah 75. 

2. Mencari KPK dengan Pohon Faktor

Contoh :

KPK dan FPB dari 48 dan 66

Pertama buat pohon faktor dari masing-masing 48 dan 66 seperti ini

Dari pohon faktor tersebut maka didapatkan: 

Faktor prima dari 48 adalah 2 x 2 x 2 x 2 x 3 atau 24 x 3

Faktor prima dari 66 adalah 2 x 3 x 11

Untuk menentukan KPK, kita dapat mengambil semua faktor bilangan dan mengambil angka dengan pangkat terbesar. 

Dalam soal diatas, pada 48, angka 2 memiliki pangkat terbesar dan pada 66 bilangan terbesar yaitu 11. 

Maka cara menentukannya yaitu 24 x 3 x 11 = 2 x 2 x 2 x 2 x 3 x 11 = 528.

Maka KPK dari 48 dan 66 adalah 528.

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah soal mengenai Bilangan Prima. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya ^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...