Langsung ke konten utama

KELAS 4B : TEMA 4 SUBTEMA 1 PB 4 & 5, KAMIS/29 SEPTEMBER 2022

       

MUATAN TEMATIK IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik mampu memberikan pendapat mengenai sifat tokoh
- Peserta didik mampu memahami teknik menggambar 3 dimensi
- Peserta didik mampu menyebutkan kegiatan ekonomi dan perkerjaan di perkotaan dan pedesaan

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah belajar mengenai penokohan di dalam cerita. Ada 2 jenis tokoh di dalam cerita yaitu tokoh utama dan tokoh pembantu. Apakah kamu ingat siapa tokoh utama dan tokoh pembantu di dalam cerita malin kundang?. Hari ini, kita akan mempelajari tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 dan 5. Sebelum belajar, mari kerjakan soal pretest dahulu ya ^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)

Muatan B. INDONESIA (KD 3.5 dan 4.5)

Memberikan Pendapat terhadap Perilaku Tokoh dari Cerita yang Dibaca

Lakukan cara berikut untuk memberikan pendapat terhadap perilaku tokoh:
1. Membaca saksama jalan cerita
2. Memperhatikan perkataan dan perbuatan tokoh
3. Memperhatikan gambaran lingkungan kehidupan tokoh

Simak video berikut :

> Muatan PPKn (KD 3.1 dan 4.1)

Bersikap Jujur untuk Pengalaman Sila Pertama Pancasila

Menurut Mohamad Mustari (2011: 13-15), pengertian jujur adalah suatu perilaku manusia yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap dirinya maupun pihak lain.

Contoh Perilaku Jujur :

Ada banyak contoh perilaku jujur ​​yang terjadi dalam kehidupan anda sehari-hari, baik dalam family maupun dalam masyarakat yang lebih luas. Berikut ini sejumlah contoh perilaku jujur ​​antara lain:

1. Dalam Lingkungan Keluarga
a. Bersikap terus terang untuk orang tua saat kita mengerjakan kesalahan.
b. Kembalikan keunggulan uang melakukan pembelian barang ke orang tua.
c. Membayar SPP cocok amanat orang tua.
d. Jelaskan untuk orang tua hasil sebetulnya dari ujian sekolah.

2. Dalam Lingkungan Sekolah
a. Mengikuti ujian sesuai keterampilan tanpa mesti menyontek atau curang.
b. Mengembalikan kitab yang dipinjam dari perpustakaan cocok dengan ketentuan.
c. Katakan yang jujur dan sebenarnya untuk guru dan rekan sekolah.

3. Dalam Masyarakat
a. Patuhi rambu kemudian lintas ketika berkendara.
b. Jangan mengupayakan menyuap petugas polisi ketika mendapatkan surat tilang.
c. Memberikan informasi yang benar untuk orang beda di dalam komunitas masyarakat.

>Muatan SBdP (KD 3.1 dan 4.1)

Teknik Menggambar Tiga Dimensi

3D atau 3 Dimensi adalah sebuah objek / ruang yang memiliki panjang, lebar dan tinggi yang memiliki bentuk. 3D tidak hanya digunakan dalam matematika dan fisika saja melainkan dibidang grafis, seni, animasi, komputer dan lain-lain.

Gambar tiga dimensi menggunakan satu titik hilang dibuat dengan cara menarik seluruh titik sudut ke satu titik tertentu. 


contoh gambar 3 dimensi :
 

Simak video berikut :


>Muatan IPS (KD 3.3 dan 4.3)

Kegiatan Ekonomi dan Pekerjaan yang Terkait

> Perkotaan

Banyak terdapat perkantoran, mal, dan pertokoan.
Jenis pekerjaan :
1. karyawan kantor
2. satpam
3. penjaga toko
4. pemilik toko

>Pedesaan
Banyak terdapat pertanian, perkebunan, dan peternakan.
Jenis pekerjaan :
1. petani
2. pemilik lahan
3. distributor pertanian
4. peternakan
5. penjual pakan ternak

C. Kegiatan Penutup (10 menit)
 
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya ^^. selanjutnya ibu guru akan memberikan soal, agar ananda lebih memahami materi yang sudah ibu guru jelaskan sebelumnya.

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te