Media Pembelajaran Bagi Siswa/Siswi SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Cari Blog Ini
KELAS 4B: TEMA 3 SUBTEMA 3 PB 4 DAN 5, KAMIS/22 SEPTEMBER 2022
MUATAN TEMATIK IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
Good morning everyone, hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Anak-anak ibu guru, kemarin kita telah belajar mengenai jenis-jenis tanaman obat, seperti : jahe, kunyit, temulawak, daun jeruk, jeruk nipis dll. Selain itu kita juga telah membahas bagaimana cara menanam tanaman obat dan merawatnya. Kemarin juga kita telah mempraktikkan bagaimana cara membuat montase menggunakan koran ataupun majalah. Hari ini, kita akan mempelajari tema 3 subtema 3 pembelajaran 4 dan 5. Mari simak, pembelajaran berikut!
Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema 3: Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran ke : 4
Muatan Terpadu: PPKn, B. Indonesia
Tujuan pembelajaran:
1.Setelah mengamati gambar, peserta didik mampu menjelaskan dampak dari melalaikan kewajiban menjaga lingkungan dengan terperinci.
2.Setelah melakukan pengamatan, peserta didik mampu menyajikan laporan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan di tempat tinggalnya dengan runtut.
3.Setelah menulis laporan, peserta didik mampu memberikan pendapat terhadap laporan yang ditulis oleh teman dengan terperinci.
4. Setelah berdiskusi, peserta didik mampu memperbaiki tulisan pada laporannya menggunakan kalimat efektif dengan sistematis.
> Muatan PPKn (KD 3.2 dan 4.2)
Dampak Tidak Menjaga Lingkungan
Jika kita tidak menjaga lingkungan, akan muncul dampak yang dapat merugikan diri sendiri dan masyarakat. Dampak tersebut, antara lain kebanjiran atau lingkungan menjadi gersang.
Membuang sampah sembarangan mengakibatkan selokan atau sungai tersumbat. Dampaknya ketika hujan datang akan terjadi banjir. Dampak banjir bagi lingkungan adalah lingkungan menjadi kotor, banyak lumpur, dan sampah berserakan saat banjir surut. Selain itu, banjir juga dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti diare dan kekurangan ketersediaan air bersih.
Dampak membuang sampah sembarangan
Untuk menanggulangi banjir, janganlah membuang sampah sembarangan terutama di selokan dan di sungai.
Hutan yang gundul karena penebangan hutan secara liar akan menyebabkan banjir dan tanah longsor. Tanah longsor biasanya terjadi di daerah tebing yang sudah tidak ada pepohonannya.Untuk mencegah banjir, hilangnya tempat hidup hewan, dan tanah longsor, kita tidak boleh menebang pohon secara berlebihan.
Dampak membuang menebang pohon secara berlebihan
> Muatan B. Indonesia (KD 3.3 dan 4.3)
Kesimpulan Hasil Wawancara
Kesimpulan hasil wawancara merupakan keseluruhan isi wawancara yang telah kamu lakukan.Kesimpulan ditulis dalam bentuk paragraf secara singkat dan jelas.
Langkah-langkah menulis kesimpulan hasil wawancara yaitu :
1. Tulis jawaban secara jelas dan rinci sesuai pertanyaan.
2. Baca dan pahami kembali jawaban narasumber.
3. Lakukan pengelompokan jawaban yang mengandung inti topik wawancara.
4. Tentukan ide pokok yang mengandung topik wawancara.
5. Tentukan kalimat utama yang menjadi inti pembahasan wawancara.
6. Tentukan kalimat penjelas yang mendukung inti topik berdasarkan jawaban narasumber.
7. Gunakan kalimat efektif agar kesimpulan tidak terlalu panjang dan bertele-tele.
8. Gunakan bahasa baku sesuai kaidah agar mudah dipahami.
Hasil wawancara sebaiknya dipastikan kebenarannya dengan cara meminta tanggapan atau saran dari orang lain.
Hal yang dilakukan sebelum memberikan tanggapan:
1. Membaca hasil wawancara secara utuh.
2. Perhatikan hal-hal penting yang ada dalam wawancara:
a. Ketentuan pertanyaan yang baik.
b. Kelengkapan jawaban.
c. Kesesuaian jawaban dengan topik.
3. Gunakan bahasa yang santun saat memberi tanggapan agar tidak menyinggung orang yang meminta tanggapan.
Contoh :
“Menurut saya, pertanyaan tentang jumlah anggota komunitas peternak kambing etawa tidak perlu ditanyakan karena tidak sesuai topik wawancara, yaitu budidaya kambing etawa”.
Simak video berikut :
Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema 3: Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran ke : 5
Muatan Terpadu: IPS, SBdP
Tujuan pembelajaran:
1. Dengan mengamati gambar, membaca teks dan berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan informasi pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan runtut.
2.Dengan mengamati gambar, membaca teks dan berdiskusi, peserta didik mampu menyajikan informasi tentang pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan sistematis.
3.Setelah mendengarkan penjelasan dari pendidik dan diberikan panduan pertanyaan, peserta didik mampu menjelaskan cara mengapresiasi karya seni montase dengan runtut.
> Muatan IPS (KD 3.1 dan 4.1)
PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM
Tuhan menciptakan sumber daya alam agar dapat dimanfaatkan oleh manusia. Manusia harus menjaga keseimbangan dan kelestariaan sumber daya alam tersebut. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam.
Contoh-contoh tindakan menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam:
Membuang sampah di tempat sampah.
Menyiram dan merawat tanaman
Menanam tumbuhan
Merawat hewan peliharaan dengan baik
Manfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan
> Muatan SBdP (KD 3.4 DAN 4.4)
APRESIASI TERHADAP KARYA MONTASE
Apresiasi seni merupakan penilaian terhadap suatu karya seni.
Penilaian yang dilakukan dapat berupa:
•Pendapat
•Kritik
•dan saran
Apresiasi juga dapat berupa penghargaan atau pameran seni. Berikut contoh apresiasi terhadap hasil karya seni :
"Menurut saya, karya montase ini sudah baik. namun, saran saya lebih baik gambar matahari diganti dengan gambar yang asli dan ditambah satu atau dua hewan lagi"
Simaklah video berikut :
Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya^^
MUATAN TEMATIK IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan
MUATAN MATEMATIKA IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se
MUATAN MATEMATIKA IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3. Nama sudut di bawah ini adalah…. 4. Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te
Komentar
Posting Komentar