Langsung ke konten utama

KELAS 4B : MATEMATIKA (BILANGAN PRIMA), SENIN/26 SEPTEMBER 2022

     

MUATAN MATEMATIKA IV. B
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik memahami bilangan prima, faktor prima, dan faktorisasi prima

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, pada pembelajaran sebelumnya kita telah belajar mengenai faktor dan kelipatan. Hari ini, kita akan mempelajari bilangan prima. Sebelum belajar, mari kerjakan soal pretest dahulu ya ^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)

Bilangan prima adalah bilangan bulat yang hanya bisa dibagi dengan bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Contoh bilangan prima 1-100 adalah 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37, 41, 43, 47, 53, 59, 61, 67, 71, 73, 79, 83, 89, 97.

Faktor Prima

Faktor prima adalah bilangan prima yang dapat membagi habis bilangan tersebut. Bilangan prima adalah bilangan yang habis dibagi dengan bilangan itu sendiri dan bilangan 1.

Contoh:

1. Faktor dari 12 adalah ….

Sehingga faktor prima dari 12 adalah 2 dan 3.

2. Faktor dari 72 adalah ....

Sehingga faktor prima dari 72 adalah 2 dan 3.

Faktorisasi prima

Faktorisasi prima adalah perkalian bilangan-bilangan prima dari suatu bilangan.

Contoh :

1. Faktorisasi prima dari 30 adalah

Sehingga faktor prima dari 30 adalah 2 x 3 x 5.

2. Faktorisasi prima dari 36 adalah

Sehingga faktor prima dari 36 adalah 2 x 2 x 3 x 3 = 2^2 x 3^2.

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi tentang Bilangan Prima. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya ^^. selanjutnya ibu guru akan memberikan soal, agar ananda lebih memahami materi yang sudah ibu guru jelaskan sebelumnya.

Latihan soal :
1. Tentukan faktor prima dari bilangan-bilangan berikut :
a. 48
b. 56

2. Tentukan faktorisasi prima dari bilangan-bilangan berikut :
a. 45
b. 90

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

MATEMATIKA (VOLUME KERUCUT) & TEMA 7 SUB TEMA 3 PB 5-6, Senin/31 Januari 2022

      MUATAN MATEMATIKA & TEMATIK VI. C GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ ABSENSI HARIAN     MUATAN MATEMATIKA Tujuan pembelajaran hari ini adalah :  1. Menghitung volume bangun kerucut Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas menganai Luas Permukaan Kerucut.  Dalam pertemuan ini, kita akan melanjutkan materi tersebut, yakni mengenai Volume Kerucut. Masih ingatkah kalian, apakah itu VOLUME?  (tentunya kalian pasti tau ya Nak 😊) Silakan simak materi berikut ini terkait Volume Kerucut 👇🏻😊  VOLUME KERUCUT Simaklah video berikut terkait volume kerucut! Dari video penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa: Contoh Soal 1: Suatu kerucut memiliki jari-jari sepanjang 1...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...