Media Pembelajaran Bagi Siswa/Siswi SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Cari Blog Ini
TEMA 9 SUBTEMA 2 PB 3-4 dan PB 5-6, Kamis/24 Februari 2022
MUATAN TEMATIK VI. C
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.
Good morning everyone, hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Siswa mampu menjelaskan dampak modernisasi terhadap kehidupan masyarakat.
Siswa mampu mengidentifikasi upaya peingkatan persatuan dan kesatuan dalam kaitannya dengan pengamalan sila dalam Pancasila.
MUATAN IPS
Modernisasi adalah proses menuju kehidupan masyarakat yang modern dalam berbagai aspek kehidupan Seiring dengan perkembangan jaman, zaman industri ini telah mengarahkan masyarakat dunia memasuki jaman modern dengan menitikberatkan pada perkembangan teknologi dan informasi.
Selain pada perkembangan teknologi, modernisasi juga mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat , antara lain sebagai berikut :
Aspek Sosial Budaya
Dalam bidang sosbud, modernisasi berpengaruh terhadap pola pikir masyarakat yang menjadi lebih terbuka tethadap hal-hal baru.
Dampak modernisasi dan dampak globalisasi di bidang sosial budaya ini dapat meliputi:
Percampuran ras melalui perkawinan silang antar ras, suku, dan bangsa;
Tingginya tingkat krimainalitas dan kenakalan remaja
Semakin kuatnya konsumersime dan hedonisme;
Menjamurnya budaya populer;
Semakin meningkatnya mobilitas penduduk dan urbanisasi
Munculnya generasi millenial.
Aspek Ekonomi
Dalam bidang ekonomi, modernisasi memberikan perubahan dalam berbagai bentuk kemudahan. Seperti dalam transaksi keuangan yang menggunakan internet banking dan mobile banking hanya dengan menggunakan komputer atau aplikasi di HP.
Semakin banyaknya korporasi dunia berinvestasi ke sejumlah negara sedang berkembang;
Banyaknya arus modal yang keluar dan masuk dari suatu negara;
Saling ketergantungan akan bahan baku antar negara;
Terjadinya pasar bebas dan segala akibatnya;
Persaingan harga antar perusahaan yang semakin sengit;
Pengurangan jumlah tenaga kerja yang digantikan dengan mesin dan teknologi yang lebih modern;
Semakin maraknya penggunaan e-money dan online banking atau pembayaran melalui online
Bidang Pendidikan
Dibidang pendidikan , teknologi internet dapat membantu guru dan siswa dalam mencari informasi seputar pendidikan yang dapat menambah ilmu dan wawasan.
Bacalah bukumu pada halaman 98-99!
Kemudian buka kembali bukumu pada halaman 108!
MUATAN PPKn
Bacalah artikel tentang upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan pada halaman 104!
Musyawarah untuk mufakat adalah suatu proses yang dilakukan untuk memperoleh keputusan yang disetujui oleh semua pihak. Musyawarah merupakan salah satu pengamalan sila ke 4 yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan. Agar proses musyawarah dapat berjalan dengan baik dan lancar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan , antara lain :
Saling menghargai sesama peserta musyawarah
Peserta musyawarah harus mampu mengendalikan emosi
Berbicara dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta harus sopan sehingga tidak menyinggung peserta musyawarah
Tidak boleh mementingkan diri sendiri
Menghargai pendapat orang lain dengan baik
Hal yang tidak boleh dilakikan saat bermusyawarah :
Memotong pembicaraan orang lain saat berpendapat
Mencela/mengejek pendapat orang lain.
Memaksakan kehendak kepada orang lain.
Tidak menghormati pendapat orang lain.
Melarang teman untuk berpendapat
Mengutamakan kepentingan pribadi daripada kepentingan umum.
Usaha Meningkatkan Persatuan Dan Kesatuan Di Sekolah
Sikap bersatu tidak hanya di praktikkan dalam keluarga saja, namun harus kita terapkan di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, serta lingkungan bergaul agar terciptanya sebuah hubungan yang baik didalam menjalani sebuah kehidupan.
Cara menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah :
Saling tolong menolong jika ada teman atau warga sekolah lainnya butuh bantuan
Tolong menolong antar sesama warga sekolah dapat menciptakan rasa empati yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan.
Berteman dengan siapa saja tanpa pandang bulu, tidak membedakan teman berdasarkan agama, ras, suku, dan, budaya.
Rutin mengikuti upacara bendera setiap hari senin
Menjaga nama baik sekolah dengan tidak mengikuti geng sekolah, tawuran, dan perbuatan yang tidak bermanfaat lainnya.
Menjunjung tinggi sikap toleransi dan tenggang rasa terhadap sesama warga sekolah
Menaati peraturan yang berlaku di sekolah
TEMA 9. MENJELAJAHI ANGKASA LUAR
SUB TEMA 2. Benda Angkasa Luar dan Rahasianya
PB 5 – 6
MATA PELAJARAN YANG MUNCUL : PPKN,Bahasa Indonesia IPA dan SBdP
KD PPKN 3.4 dan 4.4
KD IPA 3.7 dan 4.7
KD SBdP 3.3 dan 4.3
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan antara Bulan dan Bumi dengan benar.
2. Dengan melengkapi tabel, peserta didik mampu memahami karakteristik tari kreasi daerah dengan percaya diri.
3. Dengan melakukan wawancara, peserta didik mampu mengidentifikasi usaha yang dilakukan untuk mempertahankan serta meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam di lingkungan sekolah dengan percaya diri.
MUATAN IPA (Bulan Sebagai Satelit Alami Bumi)
Bukalah bukumu halamam 120
Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan merupakan satelit terbesar kelima dalam Tata Surya. Bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbitnya, dengan diameter 27%, kepadatan 60%, dan massa 1⁄81 (1.23%) dari Bumi. Bulan merupakan satelit alami Bumi. Di mana bulan mengelilingi Bumi pada bidang edar yang memiliki jarak rata-rata 384.403 kilometer. Arah revolusi bulan sama dengan arah revolusi Bumi terhadap matahari. Revolusi bulan adalah 27,3 hari. Saat bulan beredar mengelilingi Bumi akan tampak perubahan bagian bulan yang terkena sinar matahari. Dampaknya bentuk bulan akan berubah-ubah saat dilihat dan itu disebut perubahan fase. Perubahan fase membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari periodenya yakni 29,5 hari. Gerakan dan posisi Bulan memungkinkan prediksi pasang dan menyebabkan perkembangan kalender. Peredaran bulan Bulan adalah benda berbatu bulat dengan inti logam kecil yang berputar mengelilingi Bumi dalam orbit pada jarak 384.000 kilometer. Jari-jari khatulistiwa adalah 1.738 kilometer dan bentuknya sedikit diratakan sedemikian rupa. Sehingga sedikit membesar ke arah Bumi. Bulan tidak memiliki medan magnet global seperti Bumi, tetapi beberapa batuan permukaannya memiliki magnet remanen, yang menunjukkan satu atau lebih periode aktivitas magnetik di masa lalu.
Untuk lebih memahami peran bulan sebagai satelit alami bumi yuuk simak video berikut ini !!
MUATAN SBDP
Tari Kreasi Daerah di Indonesia
Dengan adanya keanekaragaman budaya dan tarian daerah, maka tari-tarian daerah pun mengalami perkembangan dan berbagai macam variasi. Hal ini dibuktikan dengan adanya tari kreasi yang mana tarian kreasi adalah tarian daerah yang diinovasi atau dikembangkan mengikuti jaman yang sedang terjadi. Tari kreasi di setiap daerah pun beragam-ragam hingga diklasifikasikan berdasarkan klasifikasinya. Tari kreasi ini pun dibedakan dari tari kreasi baru, tari kreasi tunggal, dan tari kreasi berpasangan.
Tari kreasi disebut juga tari modern.Tidak seperti tari tari tradisional yang memiliki pakem dan aturan tertentu yang harus diikuti, tari kreasi lebih bebas.Akan tetapi,tari kreasi masih sering menggunakan sebagian dari gerakan gerakan dasar yang diambil dari tari tradisonal.Hal ini disebabkan karena pengaruh tradisi di Indonesia yang masih kuat.
Perbedaan tari kreasi dan tari daerah :
1. Tari derah merupakan tari yang berkembang di suatu daerah secara turun temurun. Sedangkan, Tari kreasi merupakan Tari yang dilakukan di waktu dan di tempat tertentu untuk mengekspresikan dan mengungkapkan ide ide atau pikiran.
2. Tari daerah lebih bersifat kedaerahan. Sedangkan Tari kreasi bisa diartikan sebagai perpaduan antar gerak tari, seperti perpaduan antara tari tradisional, modern,dll.
3. Tari daerah diiringi dengan musik tradisional. Tari daerah biasanya menggunakan pakaian/baju adat sesua daerahnya masing masing. Gerakan pada tari dearah memiliki arti dan makna tertentu.
4. Tari tradisional biasanya bertumpu pada nilai nilai budaya yang ada pada suatu daerah tertentu. Selain gerakan tariannya, busana, irama, maupun tata rias tari kreasi merupakan hasil modifikasi tari tradisional.
5. Tari kreasi merupakan karya atau kreativitas dari suatu kelompok maupun individu.
Untuk memahami materi tari kreasi buka kembali bukumu halaman 127 - 129 bacalah materi tersebut ya nak.!
Berikut beberapa contoh tari kreasi yang ada di Indonesia.
Silahkan kirimkan voicenote di grup WA berupa rangkuman singkat materi mengenai tari kreasi daerah di Indonesia di atas!
TUGASMU!
Kerjakan soal no 1-15 di buku cerdasmu pada halaman 89-90 (bagian II)!
Note : Jawaban ibu guru tunggu sampai pukul 11.15 ya Nak!
MUATAN TEMATIK IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan
MUATAN MATEMATIKA IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se
MUATAN MATEMATIKA IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3. Nama sudut di bawah ini adalah…. 4. Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te
Komentar
Posting Komentar