Langsung ke konten utama

MATEMATIKA (LUAS BANGUN RUANG GABUNGAN) & TEMA 8 SUBTEMA 1 PB 5-6, Senin/7 Februari 2022

     

MUATAN MATEMATIKA & TEMATIK VI. C
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^


Muatan Matematika

Tujuan pembelajaran hari ini adalah : 

  1. Siswa dapat memahami dan menggambar bangun ruang gabungan
  2. Siswa dapat menentukan luas permukaan bangun ruang gabungan
  3. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan luas permukaan bangun ruang gabungan.

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas menganai Luas Permukaan Bangun Ruang Prisma, Limas, Tabung, Kerucut, dan Bola.

Dalam pertemuan ini, kita akan melanjutkan materi tersebut, yakni mengenai Luas Permukaan Bangun Ruang Gabungan

Masih ingatkah kalian, rumus mencari luas permukaan prisma dan limas?

(tentunya kalian pasti tau ya Nak 😊)

Silakan simak materi berikut ini terkait Luas Permukaan bangun ruang Gabungan 👇🏻😊 


LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG GABUNGAN

Luas permukaan bangun gabungan merupakan gabungan dari dua atau lebih pada suatu bangun ruang. Dimana, bangun gabungan ini adalah hasil campuran dari bangun ruang seperti balok, kubus, limas, maupun prisma.

Dalam menghitung luas permukaan bangun ruang harus memahami jaring-jaring bangun ruang, sehingga lebih mudah untuk memahaminya. Bangun gabungan sendiri dapat dihitung dengan cara menjumlahkan luas sisi terluar, atau bisa dikatakan menghitung luas permukaan bangun ruang gabungan yaitu jumlahkan sisi tegak (selimut) kedua bangun dengan alas gabungan bangun yang terlihat. Jadi, bagian yang tidak terlihat atau yang berhimpitan tidak dihitung.

Sebelum kalian mencoba menghitung luas permukaan bangun gabungan dengan rumus-rumus yang ada, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa langkah yang perlu dilakukan saat akan menghitung luas permukaan bangun ruang, antara lain sebagai berikut:
  1. Kenali bangun ruang apa saja yang membangun gabungan bangun tersebut, apakah berupa balok, kubus, limas, maupun prisma.
  2. Tentukan ukuran-ukuran dari unsur-unsur bangun gabungan tersebut.
  3. Pada bagian berimpit yang tidak terlihat biasanya tidak dihitung.
  4. Hitunglah luas permukaan menggunakan rumus masing-masing permukaan bangun gabungan. Kita bisa menghitung luas untuk masing-masing bangun ruang penyusunnya dan menjumlahkannya.
  5. Untuk memudahkan dalam menghitung luas permukaan bangun ruang, berikut ini merupakan tabel rumus luas permukaan beberapa bangun ruang.




TUGAS MATEMATIKA!

1. Tentukan luas permukaan bangun ruang dibawah ini!

2. Tentukan luas permukaan bangun ruang dibawah ini!

NOTE: untuk tugas matematika ibu guru tunggu sampai jam 10.00 WIB ya Nak!

Muatan Tematik

TEMA 8. BUMIKU

SUBEMA 1. PERBEDAAN WAKTU DAN PENGARUHNYA

PB 5-6

 

MUATAN MATERI :

IPA KD 3.8 & 4.8

SBDP KD 3.2 & 4.2

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan melakukan percobaan tentang revolusi bumi, siswa mampu menjelaskan tentang peristiwa revolusi bumi dan dampaknya pada perubahan musim di bumi.

2. Dengan membuat laporan pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang pergerakan bumi mengelilingi matahari dan dampaknya

3. Dengan menyanyikan lagu “Desaku yang Kucinta”, siswa mampu memahami interval nada dan meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil di depan kelas.

IPA

MATERI

Pengertian Revolusi Bumi

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Bumi mengelilingi matahari selama 365¼ hari. Waktu 365¼ atau satu tahun disebut sebagai kala revolusi bumi.


Gambar Bumi Mengelilingi Matahari

Dampak Rotasi Bumi


1. Terjadinya Siang dan Malam

Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Hal ini terjadi karena ada dua bagian bumi yang sebagian menghadap matahari dan sebagian lagi membelakangi matahari. Bagian yang menghadap matahari mengalami waktu siang; bagian yang membelakangi matahari mengalami waktu malam.


2. Gerak Semu Harian Matahari

Nah, pasti kalian berpikiran kalau matahari itu bergerak mengelilingi bumi, kan? Sebenarnya, bumi mengelilingi matahari. Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi oleh planet-planet di dalam orbitnya, termasuk bumi. Peristiwa itu disebut gerak semu harian matahari.

Pergerakan semu harian matahari disebabkan oleh rotasi bumi yang membuat matahari seolah-olah mengelilingi bumi. Matahari merupakan bintang yang menghasilkan energi atau cahaya sendiri. Nah, matahari itu juga berkeliling, loh. Matahari bergerak mengelilingi sebuah lubang hitam yang berada di pusat galaksi Bima Sakti.


Dampak Revolusi Bumi

1. Perbedaan Lama Waktu Siang dan Malam

Sadarkah kamu bahwa, gejala alam di semesta ini selalu sama setiap tahunnya? Revolusi dan kemiringan sumbu bumi menyebabkan gejala alam yang terjadi selalu berulang setiap tahunnya. Peristiwa alam tersebut sangat terlihat di kutub Utara dan Kutub Selatan. Pada setiap tanggal tertentu, bumi mengalami kondisi sebagai berikut:

a. Antara 21 Maret – 21 September

Kutub Utara berada di dekat matahari, sedangkan Kutub Selatan jauh dari matahari.

Belahan bumi utara terpapar sinar matahari lebih lama dibandingkan dengan belahan bumi selatan. Matahari bergeser ke arah utara bumi. Jarak terdekat Kutub Utara dan matahari terjadi pada tanggal 21 Juni. Di tanggal tersebut, pengamat di khatulistiwa melihat matahari bergeser 23,5° ke arah utara.

Beberapa daerah dekat Kutub Utara mengalami siang selama 24 jam. Sementara itu, beberapa daerah dekat Kutub Selatan mengalami malam selama 24 jam.

b. Antara 23 September – 21 Maret

Kutub Utara berada di dekat matahari, sedangkan Kutub Selatan jauh dari matahari. Belahan bumi selatan mendapatkan sinar matahari lebih lama dibandingkan dengan belahan bumi utara. Belahan bumi selatan mengalami siang yang lebih lama dibandingkan dengan belahan bumi utara. Matahari bergeser ke arah selatan bumi. Beberapa daerah dekat Kutub Utara mengalami waktu malam 24 jam, sementara beberapa daerah dekat Kutub Selatan mengalami siang selama 24 jam. Pada tanggal 22 September, kutub selatan berada di posisi paling dekat dengan matahari. Pada tanggal tersebut, pengamat di khatulistiwa melihat matahari bergeser 23,5° ke arah selatan.

 

Ayo,Anak anak kita dengarkan dulu video pembelajaran di bawah ini..jangan lupa di catat materi/rangkum yg ada agar kalian lebih paham..silakan mendengarkan.




SBdP




TUGAS TEMATIK!

Lakukan percobaan interval nada pada hal 47, kirimkan video percobaan kalian ke WA ibu guru ya nak!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : P5 (INOVASI OLAHAN PISANG), SENIN/21 AGUSTUS 2023

                                                                                                  Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. HARI/TANGGAL : SENIN, 21  AGUSTUS 2023 PENGUATAN  PROYEK   PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA P5 :  KEWIRAUSAHAAN TUJUAN P5 : Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan t...

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perh...

KELAS 4B : MATEMATIKA (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SUDUT), KAMIS/30 MARET 2023

                                                                             MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Tujuan pembelajaran :  - Peserta didik  mampu menjelaskan pengertian dan jenis-jenis sudut Langkah-langkah pembelajaran :  A. Apersepsi (10 menit) Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu penhertian dan jenis-jenis sudut. ^^ B. Kegiatan Inti (50 menit) SUDUT ...